Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.479 views

Asosiasi Islam Swedia Tolak Cap Teroris oleh Uni Emirat Arab

STOCKHOLM, SWEDIA (voa-islam.com) - Asosiasi Islam Swedia mengatakan "keterkejutanya" karena dimasukkan dalam daftar kelompok yang dicap sebagai organisasi teroris oleh Uni Emirat Arab (UEA) selama akhir pekan.

Organisasi-organisasi Islam di Swedia, Norwegia dan Denmark telah dimasukkan dalam daftar 83 kelompok-kelompok teror bersanding dengan kelompok jihad seperti Islamic State (IS) dan Al-Qaidah.
 
Ketua Asosiasi Islam Swedia Omar Mustafa mengatakan "menakutkan bahwa rezim kecil (UEA-Red) yang dikenal untuk pelanggaran hak asasi manusia mendefinisikan organisasi masyarakat sipil Eropa sebagai kelompok teror".
 
Berbicara kepada kantor berita TT, ia menggambarkan keputusan itu sebagai "konyol".
 
Daftar UEA merupakan bagian dari tindakan keras negara itu pada kegiatan teroris, sejalan dengan undang-undang anti-teror yang dikeluarkan oleh Presiden UEA Sheikh Khalifa Bin Zayed Al Nahyan pada bulan Agustus.
 
Pada hari Senin, pakar terorisme Nordic Magnus Ranstorp mengatakan kepada The Local daftar tersebut adalah "perubahan permainan", karena "menempatkan kelompok teror yang diakui oleh Uni Eropa dan PBB bersama kategori kedua dari kelompok Muslim yang jelas bukan organisasi teroris".
 
Dia sedih bahwa UEA telah mengkhususkan asosiasi Islam di Skandinavia terkait dengan Ikhwanul Muslimin, salah satu organisasi Islam tertua dan terbesar di dunia.
 
Kelompok IM baru-baru ini berkuasa di Mesir di bawah mantan Presiden Muhammad Mursi, namun digulingkan pada 2013 oleh militer pimpinan presiden Mesir saat ini Abdel Fattah El-Sisi.
 
"Mungkin UEA memiliki informasi yang tidak mereka bagi, tapi saya pikir itu lebih bahwa organisasi-organisasi ini di Swedia dan Eropa dipandang sebagai bagian dari payung Ikhwanul Muslimin," kata Ranstorp.
 
"Keputusan UEA terkait dengan politik dan perebutan kekuasaan yang terjadi di Mesir," katanya kepada The Local.
 
Namun dia menambahkan bahwa adalah mungkin bahwa "orang-orang cerdik tertentu" dalam organisasi Islam di UAE dapat membantu mendanai kelompok-kelompok Skandinavia terhubung dengan Ikhwanul Muslimin dan mengatakan bahwa UEA ingin ini dihentikan.
 
Asosiasi Islam Swedia telah berulang kali membantah bahwa kelompok itu adalah bagian dari Ikhwanul Muslimin, menyatakan bahwa mereka mengambil "inspirasi" tapi bukan perintah atau komando dari kelompok tersebut.
 
Menurut Magnus Ranstorp, kategorisasi baru asosiasi Islam Skandinavia sebagai "teroris" bisa menyebabkan beberapa Muslim tidak mampu untuk mengunjungi anggota keluarga mereka di UAE.
 
"Tidak jelas bagaimana hukum akan diterapkan oleh UAE tetapi ini dapat menyebabkan gerakan perjalanan dibatasi untuk beberapa orang".

Bukan hanya Asosiasi Muslim Swedia saja yang terkejut dan membantah kelompok mereka terkait dengan terorisme sebagaimana tuduhan UEA, pada hari yang sama organisasi Persatuan Ulama Internasional yang dipimpin oleh Syaikh Yusuf Al-Qaradawi juga  menyatakan "keterkejutannya" ditunjuk sebagai organisasi teroris oleh Uni Emirat Arab (UEA) mengatakan penunjukan itu "tidak didasarkan pada analisis atau investigasi, baik legal, logis atau rasional". Persatuan Ulama Internasional mendesak UEA untuk menghapus organisasi itu dari daftar 83 kelompok yang kabinet negara itu sebut pada hari Sabtu.

UEA mengatakan akan memberikan hukuman keras terhadap siapa saja yang terhubung ke kelompok-kelompok dalam daftar baru tersebut.
 
"Barangsiapa berusaha atau berkomunikasi dengan negara asing, organisasi teroris atau dengan siapa pun yang bekerja untuk kepentingan mereka, untuk melakukan tindakan teroris, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup, sementara hukuman mati akan dijatuhkan jika aksi teroris telah dilakukan, "Gulf News melaporkan.
 
Pada bulan Agustus, UEA memperkuat undang-undang anti-terorisme dalam upaya untuk membasmi pembiayaan teror, penyanderaan, perdagangan manusia, dan pencucian uang. (an/tl)

Ket: Ketua Asosiasi Islam Swedia, Omar Mustafa

uea, uni emirat arab, asosiasi islam swedia, swedia, kelompok teroris, is, islamic state, al-qaidah

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X