Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.289 views

Selama 13 Tahun Menjajah Afghanistan, Akhirnya AS Kalah Melawan Taliban

KABUL (voa-islam.com) - Koalisi pasukan tempur pimpinan AS akan mengakhiri misinya di Afghanistan mulai Januari 2015 nanti. Selanjutnya, misi AS di Afghanistan hanya menjadi pelatih dan memberikan saran kepada pasukan keamanan Afghanistan. Sisa pasukan AS yang berjumlah 13.000 tentara itu bersifat non-combatan. 

Koalisi pasukan pimpinan AS tersebut telah bercokol di Afghanistan lebih dari 13 tahun. Pasukan ini berhasil menggulingkan pemerintahan Taliban yang dianggap bertanggungjawab atas peristiwa runtuhnya Menara Kembar di New York, AS, pada 11 September 2001 silam. 

Sementara itu, sisa pasukan AS yang berjumlah sekitar 13.000 bertugas memberikan pelatihan kepada pasukan keamanan Afghanistan, yang saat ini tengah berjuang menumpas para pejuang Taliban.

"Hari ini menandai akhir dari sebuah era dan awal yang baru," kata Jenderal AS John Campbell, komandan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF), dalam sebuah upacara di markas ISAF, Kabul .

"Kami akan terus berinvestasi di masa depan Afghanistan," kata Campbell. Dalam upacaya tersebut, Jenderal AS ini menggulung bendera koalisi yang menandakan berakhirnya tugas pasukan koalisi tersebut.

Sejak tahun 2001, hampir 3.500 tentara asing tewas dalam perang Afghanistan, termasuk sekitar 2.200 orang Amerika.

"Berkat pengorbanan yang luar biasa dari laki-laki dan perempuan dalam seragam kami, misi tempur di Afghanistan pun berakhir, dan berakhir pula perang terpanjang dalam sejarah Amerika," kata Presiden Barack Obama dalam sebuah pernyataan.

Taliban telah melancarkan serangan yang mematikan pada tahun lalu. Hampir 3.200 warga sipil Afghanistan tewas dalam konflik antara kelompok militan dan tentara pada tahun 2014, dan lebih dari 4.600 tentara dan polisi Afghanistan tewas dalam serangan Taliban.

Karena itu, prioritas Presiden baru Afghanistan, Ashraf Ghani, adalah mengontrol pemerintahan wilayah dan menjaga keamanan nasional Afghanistan. ISAF sendiri merahasiakan rencana penarikan pasukan AS dari Afghanistan, karena takut serangan Taliban.

Meskipun Kabul, Brussels dan Washington memiliki hubungan yang jauh lebih baik setelah penandatanganan Perjanjian Keamanan Bilateral dan Status Agreement, soal NATO dan AS peralatan sisa militer belum diselesaikan.

Pemerintah Afghanistan yang dipimpin Presiden Ashraf Ghani tidak mengungkapkan penarikan pasukan AS secara terbuka, karena ada kekhawatiran atas kemungkinan pengiriman senjata berat ke Ukraina.

Presiden Ghani dijadwalkan mengunjungi Washington bulan depan untuk membicarakan hal ini dan berbagai hal lainnya. Banyak  kekawatiran kekuassaan Ashraf Ghani tidak bertahan lama, dan akan jatuh, serta berkuasanya kembali. Di manapun begitu nasibu boneka. [afgh/wb/may/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X