Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.604 views

5000 Pemberontak Syi'ah Houtsi Tewas Akibat Bentrokan Senjata di Yaman Tahun 2014

YAMAN (voa-islam.com) - Sekitar 5000 pemberontak Syi'ah Houtsi tewas selama setahun terakhir akibat bentrokan senjata di Yaman, sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah LSM Yaman menunjukkan.

LSM tersebut, menamakan diri Pusat Studi dan Penelitian Abaad, melaporkan bahwa jumlah total dari mereka yang tewas akibat bentrokan senjata di Yaman selama setahun terakhir mencapai lebih dari 7.700 orang.

Angka tersebut menunjukkan kenaikan tiga kali lipat dari jumlah korban tewas pada tahun 2011, ketika pemberontakan rakyat melawan diktator yang lama berkuasa di negara itu, Ali Abdullah Saleh, kata studi yang diterbitkan Sabtu (3/1/2014) malam.

Dari angka tersebut dilaporkan bahwa lebih dari 1.200 warga sipil Yaman dan 1.000 pasukan militer juga tewas.

Penelitian ini juga menempatkan jumlah mujahidin yang berafiliasi dengan Al-Qaidah yang gugur pada angka sekitar 500 orang.

Situasi di Yaman semakin kacau dalam beberapa bulan terakhir setelah pemberontak Syi'ah Houtsi, atas "izin" AS dan penghianatan pemerintah pimpinan presiden Abdul Hadi Abdurab Mansour, berhasil merebut ibukota Sana'a pada bulan September 2014.

AS dan pemerintah pimpinan presiden Abdul Hadi Abdurab Mansour lebih memilih Syi'ah Houtsi yang menguasai negeri itu dibandingkan bila Yaman harus jatuh ke tangah cabang Al-Qaidah paling ditakuti Amerika, Al-Qaidah di Semenanjung Arab (AQAP), meski pada akhirnya mereka tidak bisa mengendalikan kelompok pemberontak yang merupakan tangan republik Syi'ah Iran di Yaman.

Minoritas Syi'ah berusaha kuasai Yaman

Pemberontak Syi'ah Houtsi telah menghadapi perlawanan sengit dari pejuang Al-Qaidah dan suku Sunni ketika mereka berusaha untuk memperluas daerah yang mereka kontrol setelah merebut ibukota Sana'a dan kota pelabuhan Laut Merah Hudayda pada akhir September lalu.

Beberapa hari setelah pemberontak Syi'ah Houthi menyapu Sana'a pada 21 September, AQAP menyebarkan pernyataan menggambarkan Syi'ah Houthi sebagai sekte sesat yang mengancam kepentingan Sunni di Yaman, dan meminta semua Muslim Sunni untuk mengangkat senjata melawan pemberontak. AQAP telah berperan sebagai pelindung Sunni Yaman dan telah melancarkan kampanye tanpa henti melawan pemberontak Syi'ah Houtsi dibantu oleh suku Sunni sekutunya.

Setelah menguasia ibukota, pemberontak Syi'ah Houtsi berusaha mendorong maju ke selatan setelahnya, namun hanya mendapatkan sedikit atau tidak sama sekali perlawanan dari pasukan keamanan Yaman yang memang bekerja sama dengan Houtsi.

Tapi ketika gerak maju mereka telah keluar dari dataran tinggi di utara yang mayoritas Syi'ah ke daerah yang didominasi Sunni, mereka telah menemui perlawanan yang semakin sengit dari suku Sunni lokal serta Al-Qaidah.

Perlawanan sengit ini tentunya menyebabkan korban jiwa dari kalangan pemberontak Syi'ah Houtsi.

Dalam sebuah rilisan yang dikeluarkan pada Desember lalu, AQAP mengatakan bahwa mereka telah melancarakan 149 serangan sejak perebutan ibukota Yaman Sana'a oleh pemberontak Syi'ah Houtsi pada akhir September. Kebanyakan dari serangan tersebut menimpa pemberontak Syi'ah Houtsi disamping AQAP tetap menargetkan musuh tradisional mereka, pemerintah dan militer Yaman. Selain keduanya rilisan itu juga menunjukkan serangan mereka yang menargetkan kepentingan asing, AS dan Iran.

Syi'ah Houtsi yang mendominasi wilayah utara, berjumlah 20 persen dari kurang lebih 24 juta jiwa penduduk Yaman yang mayoritas Sunni. (an/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X