Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
14.603 views

Komandan Militer Kurdi Klaim Pukul Mundur Mujahidin IS dari Kota Kobani

SURUC, TURKI (voa-islam.com) - Setelah 120 hari bentrokan melawan mujahidin Daulah Islam (IS/ISIS), pasukan yang mempertahankan kota Kobani di Suriah utara kembali menguasai seluruh kota, sumber militer Kurdi mengklaim pada hari Senin (26/1/2015).

Berbicara kepada ARA News, Ocalan Isso, seorang komandan militer Kurdi di Kobane, sesumbar bahwa pasukan membela - termasuk Unit Perlindungan Kurdi (YPG), Peshmerga dan pemberontak sekuler Suriah dari FSA- mampu memukul mundur mujahidin IS dan mengusir mereka dari seluruh kota.

Isso menunjukkan bahwa bentrokan sekarang benar-benar pindah ke pedesaan, khususnya di desa Halanj dan pertanian Dawood, menambahkan bahwa membebaskan kota Kobani adalah awal dari mendapatkan kembali semua daerah Kurdi dan Arab yang dikendalikan oleh kelompok mujahidin.

"Setelah kehilangan tanah di Kobane, kelompok garis keras akan runtuh cepat atau lambat," sesumbar komandan Kurdi itu kepada ARA News.

Pekan lalu, Unit pasukan gabungan Kobani yang terdiri dari- Unit Perlindungan Rakyat (YPG), brigade Shams al-Shamal, pasukan Peshmerga dan pejuang oposisi Brigade Raqqa - menguasai bagian dari pedesaan barat Kobani, desa Mamed dan bukit strategis Mashta Nour (bukit strategis yang menghadap Kobani).

Dalam perkembangan lain, Saeed Judi, seorang pejuang di YPG, mengklaim kepada ARA News di Kobani bahwa mujahidin IS diusir sepenuhnya dari desa Halanj dan Sherran.

Sementara itu, bentrokan terus terjadi di pinggiran desa Tel Hajib di Kobani timur, menyusul masuknya pejuang YPG ke desa Dihabik dan pertanian Dawood.

Seorang aktivis dari kota itu, Mustafa Ebdi, mengatakan "pertempuran telah berhenti." Pasukan YPG "maju dengan hati-hati di Maqtala karena ancaman ranjau dan bom mobil," tambahnya.

Masih diperdebatkan

Meski para pejabat Kurdi mengklaim kemenangan mereka atas IS di Kobani, AS mengatakan pertempuran itu terus berlanjut. "Kobani masih diperebutkan," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki.

"Kelompok IS telah menempatkan banyak sumber daya ke Kobani," katanya kepada para wartawan. "Mereka jelas tidak berhasil, dan kami mendorong mereka kembali. Tapi saya tidak memiliki konfirmasi sepenuhnya itu menjadi proses yang lengkap. "

Pentagon juga mengatakan tidak bisa mengkonfirmasi laporan dari milisi Kurdi dan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) bahwa pejuang Kurdi memiliki kontrol penuh dari kota itu.

"Saya tidak siap untuk mengatakan pertempuran telah dimenangkan. Pertempuran masih berlanjut, namun pasukan sahabat memiliki momentum, "kata juru bicara Kolonel Steve Warren kepada para wartawan, menyebut refernsi untuk pasukan yang mempertahankan Kobani dari serangan IS.

Beberapa pendukung IS juga berkicau di Twitter mengatakan pertempuran untuk Ain al-Arab, nama lain dari Kobani, masih berkecamuk. (st/ara)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X