Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.074 views

Dokumen Rahasia Ungkap Sejauh Mana Dukungan Iran kepada Pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman

TEHERAN, IRAN (voa-islam.com) - Sebuah salinan dokumen rahasia tingkat tinggi yang diperoleh Asharq Al-Awsat mengungkapkan sejauh mana dukungan Teheran untuk pemberontak Syi'ah Houtsi saat mengendalikan sebagian besar Yaman.

Dokumen tersebut, ditandai "rahasia," adalah sebuah pesan dari Mohammad Ali Shahidi, kepala Yayasan Martir Iran, sebuah organisasi amal yang diawasi oleh Pemimpin Spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei, yang ditujukan kepada anak organisasi tersebut, Yayasan Martir Yaman.

Sumber-sumber informasi mengatakan kepada Asharq Al-Awsat pesan itu adalah balasan untuk permintaan dari Pasukan Quds atas nama Yayasan Martir Yaman.

Pasukan Quds adalah divisi elit Garda Revolusi Syi'ah Iran yang terlibat dalam berbagai operasi di luar Iran, termasuk memerangi Daulah Islam (IS) di Irak.

Sumber itu mengatakan Pasukan Quds meminta Yayasan Martir Iran untuk meningkatkan dukungan keuangan bagi pemberontak Syi'ah Houtsi hingga $ 3.700.000 karena kerugian besar pemberontak Syi'ah Houtsi telah berkelanjutan dalam beberapa bulan terakhir menyusul serangan udara yang dipimpin Arab yang menargetkan kelompok minoritas di Yaman tersebut.

Dalam pesan itu, Shahrati mengatakan Yayasan Martir Iran siap untuk memenuhi permintaan dukungan kepada keluarga pemberontak Syi'ah Houtsi, menyebut mereka sebagai "Ansar Allah (baca: Ansarullat)," sebuah moniker alternatif untuk kelompok tersebut.

"Dalam menanggapi pesan Anda mengenai keadaan yang keras dan sulit yang saudara dari Ansar Allah [Ansarallat/Houtsi] alami saat ini di Yaman, dan sejumlah besar martir kita yang telah hilan, saya ingin memberitahu Anda dengan segala hormat bahwa setelah konsultasi dan diskusi dengan pihak-pihak terkait dalam urusan ini, kami telah mengambil keputusan untuk memenuhi semua permintaan Anda yang terhormat yang berkaitan dengan pengiriman segala bentuk dukungan kepada keluarga semua martir Yaman dan korban yang telah jatuh sebagai akibat dari konflik saat ini," kata pesan.

Surat ini melanjutkan: "Ini adalah tugas saya untuk memberitahu Anda bahwa karyawan [Yayasan Martir Iran], dan semua orang yang bekerja sama dengan itu, tidak akan menunda dalam mendukung semua tuntutan rakyat Yaman dan para martir dan korban, dan kami akan meneruskan semua bentuk dukungan bagi mereka dengan segala hormat dan harga diri. . . "

Yayasan Martir Iran  didirikan oleh Ayatollah Ruhollah Khomeini pada awal tahun 1980 setelah dimulainya Perang Iran-Irak. Yayasan ini bertujuan untuk membantu keluarga tentara yang tewas dalam konflik melalui cara keuangan dan bantuan lain.

Yayasan Martir Yaman didirikan pada tahun 2009 sebagai anak organisasi dari Yayasan Martir Iran, menyusul pertempuran antara pemberontak Syi'ah Houtsi dan pasukan yang setia kepada presiden Ali Abdullah Saleh, kata sumber-sumber.

Mereka menambahkan bahwa daftar pemberontak Syi'ah Houshi yang tewas dalam konflik saat ini telah dikirim dari kepemimpinan Syi'ah Houtsi ke komandan Pasukan Quds Jenderal Qassem Suleimani dua kali sebulan sejak konflik di Yaman mulai.

Setelah Suleimani mengkonfirmasi daftar tersebut, permintaan untuk dukungan dibuat kepada Yayasan Martir Iran, atas nama Yayasan Martir Yaman.

Keluarga dari martir pemberontak Syi'ah Houtsi kemudian akan memperoleh kompensasi yang sama sebagaimana yang diberikan kepada rekan-rekan Iran mereka, termasuk dukungan keuangan, pakaian, dan akses ke pelayanan kesehatan.

Iran telah dituduh oleh pemerintah Yaman yang diakui secara internasional dan Arab Saudi dan sekutunya dari membantu kudeta Syi'ah Houtsi di Yaman.

Pemberontak Syi'ah Houtsi menyerbu ibukota Sana'a dan mengambil alih pemerintahan dan bangunan dan fasilitas militer September lalu. Mereka kemudian meluncurkan kudeta pada bulan Februari, membubakan kabinet dan menempatkan Presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi di bawah tahanan rumah.

Hadi akhirnya melarikan diri ke ibukota Saudi Riyadh di mana ia secara resmi meminta Arab Saudi dan sekutu Arabnya untuk campur tangan di Yaman untuk mengembalikan legitimasi politik. Kampanye udara Saudi yang dipimpin menargetkan pemberontak Syi'ah Houtsi dan sekutunya dari tentara yang setia kepada Ali Abdullah Saleh mulai pada akhir Maret lalu. (st/aa)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X