Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.388 views

Amnesti Internasional: Australia Bayar Penyelundup untuk Kembalikan Pencari Suaka ke Indonesia

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Amnesti Internasional yang menggunakan iklan satu halaman penuh di surat kabar Australia pada hari Kamis (29/10/2015) mengatakan para pejabat perlindungan perbatasan negara itu secara ilegal membayar penyelundup manusia dan membahayakan kehidupan dalam upaya mereka untuk mencegah kapal pencari suaka mencapai Australia.

Kampanye iklan luar biasa kelompok hak asasi manusia yang berbasis di London di kota terbesar di Australia dari Sydney dan Melbourne diikuti rilisan laporan pada Rabu yang mengutuk Operasi Sovereign Borders sangat rahasia pemerintah, sebuah armada yang telah menghentikan semua perahu-perahu pencari suaka.

Amnesty mengatakan bahwa para pejabat Australia "terlibat dalam kejahatan transnasional" pada bulan Mei ketika mereka membayar penyelundup manusia sebesar $ 32.000 (-+Rp.435 juta) untuk membawa kapal yang mengangkut 65 pencari suaka menuju Selandia Baru ke sebuah pelabuhan Indonesia. Amnesty mengatakan ini bisa merupakan pendanaan ilegal perdagangan manusia.

Pemerintah Australia telah menolak laporan itu dan membantah melakukan kesalahan.

"Pejabat Australia kami beroperasi sesuai dengan hukum domestik Australia dan sesuai dengan kewajiban internasional kami," klaim Menteri Luar Negeri Julie Bishop kepada wartawan.

Fairfax Media Australia melaporkan pada bulan Juni bahwa penyelidikan polisi Indonesia telah menyimpulkan para penyelundup telah dibayar lebih dari $ 30.000 untuk membawa sebuah perahu sarat dengan pencari suaka kembali ke Indonesia.

Menteri pemerintah pada saat itu membantah bahwa para pejabat Pasukan Perbatasan dan pertahanan Australia pernah membayar uang kepada orang-orang penyelundup. Tapi penolakan itu tidak meluas ke pejabat intelijen, yang dipahami membayar informan pidana untuk informasi tersebut. Pemerintah mengatakan tidak pernah mengomentari masalah intelijen atau keamanan.

Don Rothwell, seorang ahli Universitas Nasional Australia pada hukum internasional, mengatakan bahwa jika para pejabat Australia telah membayar pedagang, mereka telah melanggar hukum.

Namun, jika uang itu dibayar oleh petugas intelijen, jaksa agung harus mengotorisasi setiap penuntutan berdasarkan hukum Australia, katanya.

"Potensi untuk penuntutan berdasarkan hukum Australia ... akan muncul agak jauh," kata Rothwell.

Amnesty juga menuduh Australia membahayakan 65 pencari suaka dengan memaksa mereka dari perahu yang lengkap ke kapal penuh sesak dengan bahan bakar yang tidak memadai untuk perjalanan mereka kembali ke Indonesia.

Di antara tuduhan lainnya, Amnesty mengatakan bahwa para pejabat Australia memukul para pencari suaka saat memutar perahu mereka kembali ke Indonesia.

Ribuan pencari suaka telah terbang dari Afrika, Timur Tengah, Asia Tengah dan Asia Selatan ke Indonesia dengan naik kapal nelayan reyot untuk perjalanan ke Australia.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X