Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.154 views

Para Penyidik 'Yakin 90 Persen' Bom yang Menyebabkan Jatuhnya Pesawat Rusia di Sinai Mesir

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Para penyidik ​​dari kecelakaan pesawat Rusia di Mesir "yakin 90 persen" suara yang terdengar di detik terakhir sebuah rekaman kokpit adalah ledakan yang disebabkan oleh bom, anggota tim investigasi mengatakan kepada Reuters pada hari Ahad (8/11/2015).

Airbus (AIR.PA) A321 jatuh 23 menit setelah lepas landas dari resor wisata Sharm al-Sheikh delapan hari lalu, menewaskan semua penumpang berjumlah 224 dan awak. Afiliasi Daulah Islam (IS) yang memerangi pasukan keamanan Mesir di Sinai mengatakan mereka menjatuhkannya ke bawah.

"Indikasi dan analisis sejauh ini terhadap suara pada kotak hitam menunjukkan itu adalah sebuah bom," kata anggota tim investigasi Mesir, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitivitas. "Kami 90 persen yakin itu bom."

Komentarnya mencerminkan tingkat yang jauh lebih besar dari kepastian tentang penyebab kecelakaan dibandingkan komite penyelidikan yang sejauh ini telah nyatakan di depan umum.

Pemimpin penelitian Ayman al-Muqaddam mengumumkan pada Sabtu bahwa pesawat tampaknya telah hancur di udara sementara sedang diterbangkan dengan auto-pilot, dan bahwa sebuah suara telah terdengar di detik terakhir dari rekaman kokpit. Tapi dia mengatakan itu terlalu dini untuk menarik kesimpulan tentang mengapa pesawat itu jatuh.

Konfirmasi bahwa jihadis menjatuhkan pesawat bisa memiliki dampak buruk pada industri pariwisata yang menguntungkan Mesir, yang telah menderita akibat bertahun-tahun kekacauan politik dan dihantam pekan lalu ketika Rusia, Turki dan beberapa negara Eropa menghentikan penerbangan ke Sharm al-Sheikh dan tujuan lainnya.

Hal ini juga bisa menandai strategi baru oleh Daulah Islam yang menguasai sebagian besar Suriah dan Irak.

Diminta untuk menjelaskan sisa marjin 10 persen dari keraguannya, penyidik itu ​​enggan menjelaskan, tetapi Muqaddam mengutip kemungkinan lain pada Sabtu termasuk ledakan bahan bakar, kelelahan logam dalam pesawat atau baterai lithium terlalu panas.

Dia mengatakan puing-puing tersebar di area seluas 13km adalah "konsisten dengan hancur selama penerbangan".

"Pengubah permainan"

"Apa yang terjadi di Sharm al-Sheikh pekan lalu, dan pada tingkat lebih rendah dengan pesawat ... (Germanwings), adalah pengubah permainan untuk industri kami," kata Presiden Emirates Airlines Tim Clark, mengacu pada kecelakaan sebuah pesawat Germanwings di Pegunungan Alpen Prancis pada bulan Maret, diyakini dijatuhkan sengaja oleh co-pilot.

"Mereka harus ditangani di tingkat industri karena tidak diragukan lagi negara-negara - Amerika Serikat, Eropa - saya berpikir akan membuat beberapa cukup ketat, tuntutan kejam pada cara kerja penerbangan dengan keamanan," katanya di Dubai Airshow.

Clark mengatakan ia telah memerintahkan peninjauan keamanan tapi tidak menangguhkan penerbangan apapun sebagai akibat dari bencana tersebut. Emirates sendiri tidak mengoperasikan penerbangan reguler ke Sharm al-Sheikh.

Rusia telah memulangkan 11.000 wisatawan mereka dari Mesir dalam 24 jam terakhir, kantor berita RIA mengatakan pada hari Ahad, sebagian kecil dari 80.000 warga Rusia yang terdampar oleh keputusan Kremlin pada hari Jum'at untuk menghentikan semua penerbangan ke Mesir.

Di St Petersburg, di mana penerbangan itu akan menuju pada 31 Oktober, bel dari Katedral St Isaac berdentang sebanyak 224 kali dan layanan diadakan untuk mengenang para korban.

Rusia telah mengirimkan spesialis untuk melakukan audit keselamatan bandara Mesir dan memberikan rekomendasi tentang langkah-langkah tambahan, Arkady Dvorkovich, wakil perdana menteri, mengatakan seperti dikutip oleh lembaga Rusia.

Dvorkovich, kepala kelompok pemerintah yang membuat keputusan untuk menunda penerbangan ke Mesir pada hari Jum'at, menambahkan kelompok kedua akan ke Mesir pada hari Ahad dan ketiga akan dikirim kemudian.

Inggris, yang 3.000 warganya menunggu untuk kembali ke rumah, telah mengirimkan tim terdiri dari 70 orang, termasuk 10 spesialis penerbangan yang bekerja di bandara Sharm al-Sheikh memastikan langkah-langkah keamanan yang sedang diikuti.

Serangan profil tinggi setelah WTC

Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond juga mengatakan insiden itu bisa menyebabkan perubahan dalam keamanan penerbangan.

"Jika ini ternyata sebuah perangkat yang ditanam oleh agen ISIL atau oleh seseorang yang terinspirasi oleh ISIL, maka jelas kita harus melihat kembali pada tingkat keamanan yang kita harapkan untuk saksikan di bandara di daerah di mana ISIL aktif," kata Hammond, menyebut nama lain sebelumnya dari IS, kepada BBC.

Afiliasi IS Mesir yang memerangi pasukan keamanan di Semenanjung Sinai mengatakan mereka menjatuhkan pesawat itu sebagai pembalasan atas serangan udara Rusia terhadap warga sipil di Suriah. Mereka mengatakan mereka pada akhirnya akan memberitahu dunia bagaimana mereka melakukan serangan tersebut.

Jika terkonfirmasi kelompok itu bertanggung jawab, mereka melakukan salah satu pembunuhan profil tertinggi sejak Al-Qaidah menerbangkan pesawat penumpang untuk menghantam World Trade Center (WTC) New York pada September 2001. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 30/04/2024 17:07

Ruh Islam