Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.551 views

Juara Dunia Catur Garry Kasvarov: kebijakan Putin Atas Turki Buruk bagi Rusia

BERLIN, JERMAN (voa-islam.com) - Juara dunia catur terkenal yang juga merupakan tokoh oposisi Rusia Garry Kasparov telah mengkritik tajam kebijakan "provokatif" Presiden Vladimir Putin terhadap Turki.

"Ini sangat berpikiran pendek, sangat bodoh, sangat provokatif dan juga buruk bagi Rusia," kata Kasparov dalam sebuah wawancara dengan Anadolu Agency hari Jum'at (11/12/2015) di Berlin.

"Sayangnya, Putin berpikir ia dapat mengorbankan kepentingan Rusia untuk keuntungan jangka pendek sendiri," tambahnya.

Kasparov memperingatkan bahwa sanksi ekonomi terhadap Turki akan segera menjadi bumerang dan memiliki dampak serius pada ekonomi Rusia.

"Putin tidak memiliki sumber daya tetapi ia memberlakukan sanksi yang menyakiti orang-orang Rusia. Hal ini sangat serius," katanya.

"Putin telah menciptakan krisis besar di Rusia karena Rusia sudah memutuskan hubungan ekonomi dengan negara-negara Eropa. Sekarang, dengan sanksi ini terhadap Turki, industri pariwisata Rusia pada dasarnya mati, sebagian besar," tambahnya.

Setelah penembakan jatuh jet militer Rusia oleh Turki di perbatasan Turki-Suriah bulan lalu, Kremlin mengenakan berbagai sanksi sepihak, termasuk larangan impor makanan, mengakhiri perjalanan bebas visa dan seruan bagi wisatawan Rusia tidak mengunjungi negara itu.

Kasparov, pengkritik keras Kremlin, mengkritik Putin karena mengikuti kebijakan yang berbahaya di wilayah tersebut, mempertaruhkan hubungan dengan pemain kunci, dan menampilkan dirinya sebagai pemimpin dunia yang sukses untuk orang-orang Rusia, menggunakan sejumlah besar saluran propaganda dan media.

"Ini adalah kebijakan yang sama yang ia gunakan terhadap negara-negara Eropa. Strategi bertahan Putin di Rusia didasarkan pada realitas virtual. Dia harus dilihat sebagai pemimpin yang bereaksi? Dia membuat pernyataan besar mengatakan bahwa kita bisa pergi untuk berperang. Tapi tentu saja dia tidak akan melawan negara NATO," katanya.

Penembakan jatuh bomber SU-24 Rusia pada 24 November terjadi setelah awaknya mengabaikan peringatan berulang kali dari militer Turki dan melanggar wilayah udara Turki. Rusia sendiri tidak mau mengakui hal itu.

Kasparov mengatakan bahwa operasi militer Rusia di Suriah terutama tidak ditujukan untuk memerangi Daulah Islam (IS), tetapi terutama melayani untuk tujuan jangka pendek dan kepentingan tertentu dari pemimpin Rusia.

"Putin perlu kekacauan untuk bertahan hidup. Dia tidak peduli kekacauan besar apa yang akan ada, apakah itu [di] Ukraina, Baltik, Azerbaijan, Armenia atau di Suriah," tegasnya.

"Suriah adalah tempat yang ideal karena kekacauan total. Dan juga dia telah menguji tekad negara-negara NATO," kata Kasparov, menambahkan bahwa sebagian besar serangan udara Rusia tidak jatuh pada IS, tapi menghantam warga Turkmen atau kelompok oposisi sekuler.

Kasparov juga mengkritik AS dan negara-negara Eropa karena meninggalkan kawasan Timur Tengah dan meninggalkan kekosongan politik, yang telah menyebabkan situasi saat ini:

"Daulah Islam masih ada karena tidak ada yang siap untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

"Anda harus memiliki prajurit di tanah. Anda perlu beberapa pasukan Amerika, beberapa pasukan Eropa di tanah. Semua orang tahu bahwa berpura-pura bahwa Anda dapat memecahkan masalah dengan serangan udara bukanlah solusi," katanya.

Kasparov juga berpendapat bahwa kebijakan dialog dan kerja sama Barat dengan Putin telah naif dan terbukti tidak berhasil sejauh ini. Dia menyukai sanksi ekonomi ketat melawan Rusia, untuk memaksa Moskow untuk mematuhi aturan hukum internasional dan menghormati hak-hak berdaulat negara tetangganya.

"Anda harus menghentikan diktator ini. Semakin cepat Anda melakukannya peluang yang lebih baik yang Anda miliki. Sekarang dia menggunakan bahasa yang sama dari perang nuklir. Hal ini pemerasan," kata Kasparov.

Kasparov mendesak negara-negara Barat untuk mengembangkan kebijakan luar negeri terpadu, kuat dan konsisten terhadap Rusia, berdasarkan prinsip-prinsip moral.

"Hal ini sangat penting bahwa Barat datang dengan rencana," kata Kasparov, tapi ia juga menambahkan:

"Sayangnya, sejauh ini kami tidak memiliki kepemimpinan." (st/aa)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X