Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.834 views

Militer Syi'ah Irak Masih Butuh Bantuan dari Pasukan Kurdi untuk Rabut Kota Mosul dari IS

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Luasnya kota Mosul serta kuatnya pertahanan yang dibuat Daulah Islam (IS), "memaksa" pemerintah Syi'ah Irak, yang telah dibantu oleh serangan udara koalisi pimpinan AS dan juga milisi Syi'ah dan Sunni bayaran, meminta bantuan pasukan Kurdi Peshmerga untuk merebut kembali kota yang dikuasai oleh IS itu sejak pertengahan 2014 lalu tersebut.

Militer Syi'ah Irak akan membutuhkan bantuan petempur Kurdi untuk merebut kembali Mosul, kota terbesar yang berada di bawah kendali Daulah Islam (IS), Menteri Keuangan Irak Hoshiyar Zebari mengatakan.

Mosul, 400 km utara Baghdad, telah ditunjuk oleh pemerintah Syi'ah di Baghdad sebagai target berikutnya untuk angkatan bersenjata Syi'ah Irak setelah mereka merebut kembali kota barat Ramadi.

"Mosul membutuhkan perencanaan yang baik, persiapan, komitmen dari semua pemain kunci," Zebari, seorang Kurdi, mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Senin (28/12/2015) di Baghdad.

"Peshmerga adalah kekuatan utama; Anda tidak dapat melakukan (penaklukan) Mosul tanpa Peshmerga," katanya kepada Reuters, merujuk pada angkatan bersenjata Kurdistan Irak, sebuah wilayah otonomdi utara dekat ke Mosul.

Kota sebagian besar Sunni itu memiliki populasi dua juta jiwa sebelum jatuh ke tangan IS pada bulan Juni 2014 dalam tahap pertama kemajuan sapuan mereka melalui Irak utara dan barat.

Pertempuran Mosul akan "sangat, sangat menantang", kata Zebari. "Ini tidak akan menjadi operasi yang mudah, untuk beberapa waktu mereka telah memperkuat diri mereka sendiri, tapi itu bisa dilakukan."

Mengingat luasnya wilayah yang harus diamankan sekitar Mosul selama serangan, tentara juga mungkin perlu untuk menarik, dalam peran dukungan, pasukan Sunni lokal dan mungkin pasukan Syiah Mobilisasi Populer, katanya.

Mobilisasi Populer, dikenal dalam bahasa Arab sebagai Hashid Shaabi, adalah koalisi longgar dari milisi Syi'ah yang didanai dan dipersenjatai Iran yang dibentuk untuk melawan mujahidin. Koalisi Syi'ah itu dilarang terlibat selama pertempuran sepekan untuk merebut kembali Ramadi untuk menghindari ketegangan dengan populasi Sunni menyusul kebiadaban mereka terhadap Muslim Sunni saat menaklukan kota-kota Sunni lain sebelumnya.

Perebutan kembali Ramadi oleh tentara Syi'ah Irak menandai keberhasilan besar pertama dari pasukan yang dilatih AS yang awalnya kabur melarikan diri dalam menghadapi kemajuan Daulah Islam 18 bulan yang lalu.

Perdana Menteri Haider al-Abadi sesumbar pada hari Senin bahwa IS akan dikalahkan pada tahun 2016 dengan perencanaan militer untuk bergerak pada Mosul. "Kami datang untuk membebaskan Mosul dan itu akan menjadi pukulan fatal dan terakhir bagi Daesh," sesumbarnya dalam pidato memuji "kemenangan" tentara di Ramadi.

Merebut kembali Mosul efektif akan menandai akhir dari kekhalifahan IS di daerah Sunni yang berdekatan Irak dan Suriah, menurut klaim Zebari.

"Ini ada di mana Abu Bakr al-Baghdadi menyatakan khalifah-Nya," katanya, merujuk pada pemimpin kelompok itu. "Secara harfiah ibukota mereka." (st/ARA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X