Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.320 views

9 Milisi Syi'ah Tewas Lusinan Lainnya Terluka Akibat Keliru Dibombardir Pesawat Militer Irak

BAGHDAD, IRAK (voa-islam.com) - Sembilan petempur dari milisi Syi'ah yang memerangi Daulah Islam (IS) tewas di Irak utara ketika sebuah pesawat militer Syi'ah Irak salah membombardir mereka, sumber-sumber keamanan dan milisi mengatakan pada hari Ahad (10/1/2015), kantor berita Reuters melaporkan.

Para petempur Syi'ah itu tengah merespon serangan hebat dari Daulah Islam di Camp Speicher, bekas pangkalan AS di luar kota Tikrit, kata Ahmed al-Assadi, juru bicara Hashid Shaabi, koalisi milisi sebagian besar Syi'ah yang memerangi mujahidin bersama militer Irak.

Lebih dari selusin milisi Syi'ah lainnya terluka, katanya.

Kolonel Mohammed al-Assadi, juru bicara bersama polisi dan komando operasi militer di provinsi Salahuddin, mengatakan bahwa pada pukul 10:30 malam pada hari Sabtu, sebuah pesawat terbang tak berawak militer Syi'ah Irak melepaskan tembakan karena koordinat keliru.

Assadi mengatakan pesawat tak berawak itu ditembaki dari tanah dan "menembaki gerak maju pasukan Jund al-Imam, menewaskan sembilan orang dan melukai sekitar 15," tambahnya, mengacu pada milisi Syi'ah tersebut.

Juru bicara kementerian pertahanan dan komando operasi bersama Irak tidak segera bersedia untuk komentar.

Asaib Ahl al-Haq, milisi Syi'ah kejam yang didukung Iran yang merupakan bagian dari Hashid Shaabi, mengecam insiden itu dan menyalahkan itu pada koalisi pimpinan AS yang membom sasaran IS di Irak dan tetangga Suriah.

"Koalisi Amerika memperbaharui serangan terhadap faksi perlawanan Hashid Shaabi ketika pesawat tak berawak Amerika membom markas Kataib Jund al-Islam di Camp Speicher," kata juru bicara mereka Naim al-Uboudi dalam sebuah pernyataan.

Namun koalisi mengatakan dalam sebuah pernyataan harian bahwa mereka tidak membom sasaran apapun di daerah itu, dan juru bicaranya  yang berbasis di Baghdad, Kolonel Angkatan Darat AS Steve Warren, membantah pesawat koalisi bertanggung jawab.

"Itu (pesawat) Irak pastinya," katanya melalui telepon.

Memerangi IS sedang menguji pengaturan berduri yang menempatkan kampanye udara yang dipimpin AS pada sisi yang sama dengan para milisi Syi'ah yang didukung Iran yang tengah membantu pasukan Irak di tanah.

Washington mencantumkan beberapa kelompok bersenjata Syi'ah yang tergabung dalam koalisi Hashid Shabi sebagai organisasi "teroris" setelah mereka melawan pasukan AS setelah invasi tahun 2003. Para milisi Syi'ah itu, pada gilirannya, melihat keterlibatan Amerika di Irak melanjutkan rencana untuk membagi negara itu.

Sembilan tentara Syi'ah Irak tewas bulan lalu ketika pesawat tempur koalisi, yang mengandalkan informasi dari pasukan keamanan Irak, secara keliru menyerang pasukan itu di dekat kota Fallujah, 50 kilometer barat Baghdad. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X