Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.119 views

Ahmed Al-Assiri: Operasi Militer Besar Koalisi Pimpinan Saudi di Yaman Mendekati Akhir

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Sebuah operasi militer besar koalisi yang dipimpin Arab Saudi di Yaman mendekati akhir, juru bicaranya mengatakan Rabu (16/3/2016), tetapi negara itu akan membutuhkan dukungan jangka panjang untuk menghindari menjadi "Libya lain".

Dalam sebuah wawancara dengan AFP di kantornya di sebuah pangkalan udara di Riyadh, Brigadir Jenderal Ahmed al-Assiri juga mengatakan pertempuran di sepanjang perbatasan Saudi-Yaman pada dasarnya telah berhenti setelah upaya mediasi pekan lalu.

Arab Saudi dan beberapa sekutunya dari negara Arab Sunni meluncurkan intervensi pada 26 Maret tahun lalu untuk mendukung Presiden Abdu Rabbu Mansour Hadi setelah pemberontak Syi'ah Houtsi kaki tangan Syi'ah Iran yang didukung sekutu mereka dari pasukan yang setia kepada mantan presiden terguling Ali Abdullah Saleh menguasai sebagian besar Yaman termasuk ibukota Sana'a.

Didukung oleh serangan udara dan beberapa pasukan darat koalisi, pasukan anti-pemberontak telah direbut kembali tanah, termasuk banyak dari selatan.

Tapi mereka telah gagal untuk mengusir pemberontak Syi'ah dari Sana'a atau untuk menghapus mereka dari Taiz, kota terbesar ketiga di negara itu di mana pertempuran intens terus berlanjut.

Namun, Assiri mengatakan pertempuran utama mendekati akhir.

"Dalam setiap kampanye militer Anda memiliki fase .... Hari ini kita berada di fase akhir pertempuran besar," katanya, menambahkan bahwa tahap berikutnya akan melibatkan menciptakan situasi keamanan yang stabil dan kemudian rekonstruksi.

Tapi dia bersikeras koalisi tidak akan meninggalkan Yaman, mengatakan mereka telah belajar dari Amerika Serikat yang menarik pasukan tempur dari Irak dan Afghanistan sebelum negara tersebut stabil.

Juga tidak ingin mengikuti contoh dari Libya, di mana pasukan Barat membantu menggulingkan Muammar Khadafi pada tahun 2011 dan kemudian meninggalkan negara itu untuk meluncur ke dalam kekacauan, kata Assiri.

"Kami tidak ingin bahwa Yaman menjadi Libya lain, jadi kita harus mendukung pemerintah, pergi dengan mereka selangkah demi selangkah sampai mereka membawa perdamaian dan keamanan dan stabilitas bagi rakyat," kata Assiri.

Ditanya apakah koalisi mungkin harus tinggal selama bertahun-tahun di Yaman, Assiri tidak akan memberikan kerangka waktu.

"Dengar, tidak ada solusi ajaib ... Yaman telah dibongkar selama 30 tahun. Anda tidak dapat memperbaiki ini dalam 30 hari."

Pemberontak Syi'ah Houtsi melancarkan serangan lintas perbatasan terhadap Arab Saudi sebagai pembalasan atas intervensi, dengan lebih dari 90 orang - baik militer maupun sipil - tewas di sisi Saudi dari perbatasan dengan tembakan serampangan dan dalam pertempuran.

Badan Pertahanan Sipil mengatakan Rabu bahwa penduduk di zona perbatasan telah terluka dalam penembakan dari Yaman, laporan yang pertama dalam beberapa hari.

Assiri mengatakan perbatasan pada dasarnya tenang sejak upaya mediasi para pemimpin suku pekan lalu yang mengizinkan bantuan untuk mulai bergerak ke Yaman di persimpangan Alb di Dhahran al-Janoub, timur laut kota Jazan.

pembicaraan pekan lalu bukan "kesepakatan dengan milisi" tapi koalisi mendukung upaya dalam kepentingan stabilitas Yaman, katanya.

Upaya ini mengizinkan bantuan yang akan dikirimkan ke desa-desa di seberang perbatasan dan membantu untuk memastikan bahwa konvoi kemanusiaan aman, termasuk dengan pembersihan ranjau darat yang diletakkan oleh pemberontak Syi'ah Houtsi di sekitar Alb.

Makanan dan pasokan medis telah sejak dikirim ke Saada, yang merupakan kubu Syi'ah Hoursi', katanya.

"Dari waktu ke waktu" roket masih ditembakkan ke selatan Arab Saudi, dan koalisi berhak untuk membalas, tapi jumlah serangan lintas-perbatasan telah menurun dan mediasi suku telah berjalan dengan baik, kata Assiri.

Assiri menolak mengatakan berapa banyak tentara Saudi telah tewas dalam perang atau berapa banyak biaya yang mereka keluarkan sejauh ini.

Uang "tidak memiliki arti" ketika datang untuk keamanan nasional, katanya.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan konflik telah menewaskan lebih dari 6.200 orang di Yaman selama setahun terakhir. (st/AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X