Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.743 views

Militer AS Tingkatkan Serangan Udara Terhadap Al-Qaidah di Yaman

YAMAN (voa-islam.com) - Militer AS meningkatkan serangan udara terhadap cabang resmi Al-Qaidah di Yaman selama bulan Maret. AS meluncurkan sedikitnya enam serangan udara terhadap Al-Qaidah di Semenanjung Arab di daerah di Yaman selatan bulan ini, menyamai total dari lima bulan sebelumnya, menurut data yang dikumpulkan oleh The Long War Journal.

AS telah melakukan empat serangan udara di provinsi Abyan, Shabwa, dan Hadramaut antara 26-28 Maret, menurut laporan pers dari Yaman seperti dikutip The Long War Journal hari Selasa (29/3/2016).

Serangan terakhir terjadi pada tanggal 28 Maret, ketika pesawat-pesawat tempur AS menghantam pejuang AQAP yang ditempatkan di "markas Brigade 27 dekat bandara kota, sebuah kamp pertahanan udara dan rumah komandan Daerah Militer kedua" di kota Mukalla, ibukota provinsi Hadramout, Reuters melaporkan. Jumlah korban belum diungkapkan.

AS melakukan tiga serangan udara pada 26 Maret, termasuk dua di desa al-Hudhn dan Naqeel al-Hayala di provinsi Abyan, dan satu lagi di markas intelijen di Zinjibar - ibukota provinsi Shabwa - menurut Reuters.

Empat belas pejuang AQAP dilaporkan telah gugur dalam tiga serangan tersebut.

Pada tanggal 22 Maret, AS menewaskan sedikitnya 50 pejuang AQAP ketika pesawat tempur mereka menghantam sebuah kamp pelatihan AQAP di Mukallah.

Para pejuang AQAP dilaporkan tengah antre untuk makan ketika kamp itu diserang.

Dan pada tanggal 4 Maret, AS menewaskan empat pejuang AQAP setelah drone meghantam sebuah kendaraan ketika bepergian di provinsi Shabwa.

Enam serangan di bulan Maret sama dengan enam serangan oleh AS di Yaman antara Oktober 2015 dan Februari 2015. AS meluncurkan nol serangan pada bulan Oktober dan November 2015, satu pada bulan Desember 2015, dua pada bulan Januari tahun ini, dan tiga pada bulan Februari.

Peningkatan dalam serangan ini bertepatan dengan ekspansi cepat AQAP dalam mengontrol di daerah di Yaman selatan sejak musim semi tahun 2015. kota Zinjibar dan Mukallah saat ini dikendalikan oleh AQAP, termasuk Houta, ibukota provinsi provinsi Lahj. AQAP mengelola daerah yang luas di Yaman selatan di provinsi Abyan, Hadramout, Lahj, dan Shabwa.

AS telah secara aktif menargetkan para pemimpin AQAP, agen operasi, dan para pejuang mereka dalam beberapa serangan udara sejak 2009, tetapi telah gagal untuk menghentikan kemajuan AQAP di selatan. Meskipun AQAP telah kehilangan beberapa pemimpin kunci dalam serangan pesawat tak berawak Amerika sejak awal 2015, ini belum menghambat perang gerilya Al-Qaidah.

Di antara mereka yang gugur dalam serangan udara AS adalah amir AQAP, Nasir al Wuhayshi, yang juga menjabat sebagai pejabat di organisasi global Al-Qaidah. AQAP tidak hanya terus mendapatkan tanah, mereka juga dengan cepat diperkenalkan pemimpin baru untuk bertugas sebagai wajah publik bagi organisasi tersebut.

Serangan udara AS juga tidak menghalangi fokus AQAP terhadap Barat; AQAP mendalangi beberapa serangan terhadap Amerika Serikat dan Barat. Baru-baru ini, pada bulan Januari 2015, dua pejuang AQAP menyerbu markas besar majalah penghina Islam Prancis Charlie Hebdo di jantung kota Paris, dan menewaskan 12 orang. AQAP juga telah memberikan dukungan teknis kunci untuk cabang lain Al-Qaidah, termasuk Al-Shabaab di Somalia dan Jabhat Al-Nusrah depan di Suriah. (st/tlwj)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X