Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.044 views

Belgia Peringatkan ada Lebih Banyak Militan Terkait Islamic State (IS) Telah Dikirim ke Eropa

BRUSSELS, BELGIA (voa-islam.com) - Para pejabat Belgia mengatakan ada tanda-tanda bahwa lebih banyak militan terkait Islamic State (IS) telah dikirim ke Eropa setelah pemboman yang menewaskan 32 orang di Brussels bulan lalu.

Pada hari Selasa (19/4/2016), para pejabat Belgia memutuskan untuk mempertahankan status ancaman pada tingkat tertinggi kedua setelah otoritas analisis ancaman negara, Paul Van Tigchelt, mengatakan IS telah mengirim para pejuang ke Eropa untuk serangan baru.

"Ada indikasi bahwa Islamic State telah mengirimkan pejuang ke Eropa dan Belgia, tingkat ancaman yang saat ini di level ke tiga tidak akan turun," katanya.

IS, yang terutama aktif di Suriah dan Irak, menyatakan bertanggung jawab atas serangan Brussels, yang terjadi pada 22 Maret.

Empat pembom terlibat dalam serangan Belgia, tiga di antaranya meledakkan diri mereka. Yang keempat, yang bomnya tidak meledak, telah melarikan diri dan pada menghlang sampai baru-baru ini. Dia diidentifikasi pada penangkapan sebagai Mohamed Abrini.

Perhubungan di balik serangan juga telah dikaitkan dengan serangan November 2015 di Paris, yang menewaskan sekitar 130 orang dan juga diklaim oleh IS.

Penyelidikan serangan Paris mengungkapkan bahwa pelaku sebagian besar berbasis di Belgia. Pada tanggal 18 Maret, tersangka utama dalam serangan, Salah Abdeslam, ditangkap di Brussels.

Pihak berwenang juga telah mengumumkan bahwa sidik jari dan DNA Abrini ditemukan di dua rumah aman di Brussels dan dalam kendaraan terkait dengan serangan Paris.

Perdana Menteri Prancis Manuel Valls juga mengatakan Rabu ini pemerintahnya akan meminta parlemen untuk memperpanjang keadaan darurat yang diumumkan setelah serangan mematikan Paris.

Langkah tersebut, yang memberikan negara meningkatkan kekuatan keamanan, diterapkan setelah serangan 13 November yang menewaskan 130 orang dan melukai ratusan lainnya di ibukota Perancis.

Langkah itu sudah diperpanjang selama tiga bulan pada bulan Februari sampai 26 Mei tapi Valls mengatakan, pemerintah berharap untuk memperpanjang itu untuk melindungi turnamen Euro 2016 yang akan diselenggarakan di Prancis dari 10 Juni sampai 10 Juli.

Ia mengatakan Menteri Dalam Negeri Bernard Cazeneuve akan membuat proposal ke kabinet hari Rabu dan teks akan dikirim ke parlemen, yang akan melakukan pemilihan pada masalah ini.

"Kami akan mengusulkan untuk memperpanjang(keadaan darurat) untuk jangka waktu tambahan dua bulan dari akhir Mei dalam pandangan ancaman," katanya.

Langkah yang luar biasa memungkinkan pihak berwenang untuk menempatkan sebagai tahanan rumah setiap orang yang dianggap "ancaman bagi keamanan dan ketertiban umum" dan untuk memerintahkan pencarian dari rumah ke rumah setiap jam tanpa melibatkan pengadilan.

Sejak itu diberlakukan pada bulan November, lebih dari 3.500 pencarian telah dilakukan, menghasilkan 400 penangkapan, Cazeneuve mengatakan hari Jum'at.

Pada bulan Februari, badan intelijen kriminal Uni Eropa, Europol mengatakan hingga 5.000 anggota terlatih dari IS berada di Eropa. (st/AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X