Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.472 views

Laporan: Kelompok Abu Sayyaf Bebaskan 10 Warga Indonesia yang Mereka Sandera

JOLO, FILIPINA (voa-islam.com) - Kelompok pejuang Abu Sayyaf di Filipina selatan membebaskan 10 sandera warga Indonesia pada hari Ahad (1/5/2016), mengakhiri krisis penyanderaan selama sebulan dimana seorang warga Kanada yang ditawan oleh kelompok yang sama dipenggal setelah batas waktu tebusan berlalu.

Seperti dilansir kantor berita Reuters, kepala polisi di pulau Jolo mengatakan para sandera, awak dari kapal tunda milik Taiwan yang dicegat oleh pejuang Abu Sayyaf, dikirimkan ke rumah gubernur setempat di sekitar pukul 01:00 dini hari  kemudian dibawa ke sebuah pangkalan militer.

"Mereka tampak lelah tetapi dalam semangat yang tinggi," kata Inspektur Polisi Junpikar Sitin.

Polisi dan pejabat militer mengatakan tidak jelas apakah ada atau tidak uang tebusan yang dibayarkan untuk para pria tersebut. Filipina jarang mempublikasikan pembayaran tersebut, tetapi secara luas diyakini tidak ada tawanan dilepaskan tanpa uang tebusan.

Nasib empat sandera Indonesia lainnya yang ditawan oleh sebuah faksi Abu Sayyaf yang berbeda tidak diketahui. Kementerian luar negeri Indonesia tidak memiliki komentar segera tentang pembebasan 10 tahanan tersebut, Reuters menambahkan.

Abu Sayyaf, sebuah kelompok pejuang tangguh dan "brutal" dikenal untuk mengumpulkan puluhan juta dolar dari bisnis tebusan, sekarang menyandera 13 orang, di antaranya empat pelaut warga Malaysia dan Jepang, Belanda, Kanada, Norwegia dan Filipina.

John Ridsdel, 68, seorang mantan eksekutif pertambangan, dieksekusi pada hari Senin oleh Abu Sayyaf, yang menculiknya bersama tiga orang lainnya dari sebuah resor tahun lalu. kepalanya ditemukan dalam sebuah tas beberapa jam setelah batas waktu berlalu dan mayatnya ditemukan dua hari setelahnya.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyebutnya sebagai "tindakan pembunuhan berdarah dingin" dan mendesak negara-negara untuk tidak membayar uang tebusan. Harga untuk nyawanya sebesar 300 juta peso ($ 6.410.000).

Presiden Filipina Benigno Aquino telah berjanji untuk mencurahkan seluruh energinya untuk menghilangkan grup sebelum ia mundur dalam dua bulan.

Tapi jaringan kelompok itu tertanam dan upaya untuk menghilangkan para pejuangnya telah terbukti menjadi tantangan besar bagi 2.500 tentara Filipina yang memerangi mereka.

Bisnis yang menguntungkan telah memungkinkan Abu Sayyaf, untuk berinvestasi dalam perahu bertenaga tinggi, senjata dan peralatan komunikasi modern.

Para menteri luar negeri dari Filipina, Indonesia dan Malaysia akan bertemu di Jakarta pekan ini untuk membahas cara-cara untuk bekerja sama untuk mengamankan rute pengiriman kunci di perairan antara tiga negara. (st/Reuters)

Ket: Personel militer Malaysia tengah membawa seorang awak kapal warga Indonesia yang tertembak saat terjadinya penyanderaan. Foto (EPA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X