Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.156 views

Aljazair Bangun Masjid Terbesar dan dengan Menara Tertinggi di Dunia

ALGIERS, ALJAZAIR (voa-islam.com) - Aljazair sedang membangun salah satu masjid terbesar di dunia yang menurut para pejabat akan berfungsi sebagai penyangga terhadap Islam radikal dan mahkota warisan Presiden Abdelaziz Bouteflika.

Masjid Djamaa El Djazair sedang dibangun menghadap teluk Algiers sebagai bagian dari kompleks yang akan mencakup perpustakaan satu-juta buku, sebuah sekolah Al-Quran dan sebuah museum seni dan sejarah Islam.

Masjid ini juga akan memiliki menara setinggi 265 m, tertinggi di dunia, serta ruang shalat 20.000 meter persegi yang mampu menampung hingga 120.000 jamaah.

Kompleks ini akan terletak di antara hotspot wisatawan masa depan dan distrik kelas pekerja yang dulunya merupakan benteng untuk para mujahidin.

Negara Afrika Utara itu babak belur oleh perang saudara pada 1990-an antara pemerintah dan mujahidin yang menewaskan sekitar 200.000 orang.

Lebih dari dua dekade kemudian, kelompok bersenjata tetap aktif di bagian Aljazair dan negara itu telah dilanda beberapa serangan dahsyat yang diklaim oleh Al-Qaidah dalam beberapa tahun terakhir.

"Beberapa telah menuduh kami membangun sebuah kuil untuk para ekstrimis (baca;mujahidin)," kata Ahmed Madani, seorang penasihat menteri perumahan yang bertanggung jawab untuk pembangunan, yang sedang dilakukan oleh sebuah perusahaan Cina.

"Sebaliknya, itu akan menjadi pukulan berat bagi ekstremis. Mereka adalah orang-orang yang memusuhi proyek ini," klaim Madani.

Masjid baru tersebut- akan selesai pada tahun 2017 - akan menjadi "lambang Islam moderat di Aljazair dan perisai melawan segala bentuk ekstremisme," kata Madani, yang berharap akan menarik umat Islam jauh dari rumah ibadah yang dikelola kelompok Islamis.

Menurut Madani, pejabat Aljazair telah mempertimbangkan gagasan untuk membangun sebuah mega-masjid sejak tahun 1962, tahun Aljazair merdeka dari Prancis.

"Mimpi itu mulai menjadi kenyataan" setelah pemilihan Bouteflika, seorang pria yang dikenal karena kesalehan dan pengabdian kepada seni dan budaya Muslim, klaim Madani.

Presiden berusia 79 tahun itu telah berkuasa sejak tahun 1999. Ia dihormati oleh banyak pihak untuk perannya dalam mengakhiri perang saudara tetapi lawan-lawannya dan kelompok hak asasi menuduh dia seorang otoriter beruntun.

Masjid baru itu "tidak hanya akan berfungsi sebagai rumah ibadah. Ini akan menjadi tempat di mana hubungan antara iman dan budaya akan diperkuat berkat perpustakaan ultra-modern dan sekolah Al-Quran yang akan terbuka untuk 300 siswa, "kata Madani.

Aljazair yang kaya minyak-sudah menjadi tempat bagi lebih dari 30.000 masjid.

Pembangunan Djamaa El Djazair - dijuluki "Masjid Bouteflika" oleh beberapa pihak - diluncurkan pada tahun 2012, ketika harga minyak tinggi, kata Menteri Perumahan Abdeladjid Tebboune.

Empat tahun kemudian, Aljazair menghadapi kekurangan pendapatan karena harga minyak yang lebih lemah dan cadangan devisa telah jatuh.

Kompleks masjid baru itu memiliki banderol harga  1.4 miliar USD (-+RP.18 trilyun), dengan kritikus secara online mengatakan biaya tersebut "membingungkan" dan bahwa uang tersebut seharusnya digunakan untuk membangun rumah sakit dan meningkatkan kesehatan.

Para ahli yang ditanya AFP telah meratapi apa yang banyak orang telah digambarkan sebagai proyek "tidak sehat", dan memperingatkan bahwa biaya konstruksi raksasa ini lebih lanjut bisa meningkat jika tenggat waktu tidak terpenuhi.

"Sebagian besar pekerjaan masih jauh dari selesai dan akan mengambil banyak waktu untuk menyelesaikan semuanya," kata seorang arsitek, mengacu pada instalasi teknis serta dekorasi mural termasuk kaligrafi yang masih belum selesai.

Masjid ini akan dilengkapi dengan panel surya dan sistem canggih untuk menahan air hujan yang kemudian akan didaur ulang untuk keperluan lain.

Para ahli juga memperingatkan terhadap risiko masjid yang hancur dalam sebuah gempa bumi.

Aljazair duduk mengangkangi dua patahan besar dan secara teratur terkena gempa, terutama di sepanjang pantai Mediterania.

Sebuah gempa bumi tahun 2003 yang melanda kota pesisir Boumerdes di sebelah timur Algiers menewaskan hampir 3.000 orang dan melukai 10.000 lainnya.

Ahli gempa Abdelakrim Chelghoum telah mengatakan kepada pihak berwenang bahwa studi seismik yang dilakukan oleh sebuah perusahaan Jerman meremehkan risiko gempa bumi merusak masjid.

Tapi Madani telah menolak kekhawatiran tersebut.

Dia mengatakan sebuah mekanisme yang mampu menyerap gerakan bumi telah dimasukkan ke dalam tempat itu dan bisa mengurangi efek gempa. (st/guardian)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X