Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.587 views

Laporan: Turki Mulai Operasi Militer di Suriah untuk Dirikan Zona Penyangga

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki dilaporkan telah melancarkan operasi militer di sisi perbatasan Suriah sebagai bagian dari rencana untuk mendirikan zona penyangga di negara yang dilanda perang tersebut.

Menurut laporan hari Selasa (10/5/2016) oleh surat kabar Yeni Safak Turki, operasi tersebut diduga bertujuan untuk mendorong mundur Islamic State (IS) dari sebuah daerah 18 kilometer panjang dan 8 kilometer dalam di wilayah Jarablus Suriah.

Berdasarkan program tersebut, militer Turki akan menggunakan peluru artileri, rudal dan mortir untuk menargetkan para pejuang IS yang telah berulang kali menembakkan roket ke kota perbatasan selatan Turki,  Kilis.

Surat kabar itu mengatakan operasi tersebut akan didukung oleh koalisi internasional, terutama Amerika Serikat dan Jerman.

Sebelumnya pada bulan April, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan Ankara akan mengerahkan sistem peluncur roket buatan AS di perbatasan dengan Suriah untuk memerangi Islamic State.

Cavusoglu mengatakan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) AS akan "dikerahkan di perbatasan Turki di bulan Mei sebagai bagian dari kesepakatan" dengan Washington.

HIMARS akan memungkinkan Turki untuk menghantam posisi IS dalam kisaran 90-kilometer, sedangkan artileri Turki memiliki rentang yang terbatas hanya 40 kilometer, sang menteri menyatakan.

Ankara berusaha untuk mendirikan zona aman di 98 kilometer yang membentang antara Manbij di Provinsi Aleppo, Suriah utara, dan perbatasan untuk pengungsi Suriah berlindung, kata menteri luar negeri Turki.

Mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya, Wall Street Journal melaporkan pada Selasa bahwa pasukan khusus militer Turki melakukan operasi akhir pekan tidak biasa terhadap IS di Suriah.

Sekelompok kecil tentara elit Turki memasuki Suriah pada hari Sabtu untuk membantu lebih efektif menargetkan IS yang telah meluncurkan serangan roket ke Turki selama berminggu-minggu, para pejabat AS mengklaim.

Menurut pejabat AS, operasi itu bagian dari kampanye mendalam oleh tentara Turki untuk mendorong jauh IS dari bentang penting 60 mil dari perbatasan Turki-Suriah yang berfungsi sebagai garis hidup utama mereka.

Selama beberapa pekan terakhir, Kilis telah berada di bawah serangan roket sering oleh pejuang IS, mendorong tentara Turki untuk merespon dengan tembakan howitzer.

Kilis adalah sebuah kota yang terletak di sebelah utara perbatasan Suriah, sekitar 10 kilometer dari kota Suriah Azaz. Menurut pejabat Turki, itu adalah satu-satunya kota di Turki dengan mayoritas warga Suriah.

Pada akhir Juli 2015, laporan mengatakan bahwa Washington dan Ankara telah sepakat untuk membentuk sebuah zona penyangga di sepanjang perbatasan Turki-Suriah dalam upaya untuk mendorong IS keluar dari daerah yang dibatasi dan memfasilitasi kembalinya para pengungsi Suriah ke tanah air mereka. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 14/05/2024 09:10

Runtuhkan Zionis, Rebut Baitul Maqdis!