Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.621 views

Bangladesh Sudah Tangkap 8.200 Orang dalam 3 Hari Operasi Anti-Militan

DHAKA, BANGLADESH (voa-islam.com) - Polisi di Bangladesh telah menangkap sekitar 8.200 tersangka dalam tindakan keras besar-besaran pada kelompok mujahidin dan tersangka lainnya menyusul serentetan pembunuhan intelektual liberal dan anggota minoritas agama.

Pada hari Senin (13/6/2016), juru bicara polisi Kamrul Ahsan mengatakan 3.245 orang telah ditangkap dalam 24 jam terakhir, sehingga jumlah tersangka yang ditangkap sejak awal tindakan keras pada Juma't menjadi 8192.

Wakil inspektur jenderal AKM Shahidur Rahman mengatakan hanya 34 dari mereka yang ditangkap pada hari ketiga kampanye merupakan jihadis dan yang lain adalah tersangka pidana biasa.

"Sebagian besar dari mereka yang telah ditahan memiliki surat penangkapan terhadap mereka atau mereka didakwa dengan narkotika, senjata dan tindak pidana lainnya," katanya.

Polisi mengatakan anggota kelompok terlarang Jamayetul Mujahideen Bangladesh (JMB) berada di antara tahanan dalam sapuan keamanan terbaru.

Seorang kepala polisi setempat mengatakan Omar Faruq, seorang pejabat atas kelompok Hizbut Tahrir, juga di antara mereka yang ditahan.

"Kami menyita leaflet anti-pemerintah, pistol dan mesiu dari tangannya," klaim Bashir Ahmed.

"Faruq sebelumnya ditangkap pada tahun 2012 dan keluar dengan jaminan. Lalu ia mulai mencoba untuk mengatur kembali kegiatan organisasi terlarang," katanya.

Pemerintah Bangladesh menyalahkan JMB untuk serentetan pembunuhan mengerikan dalam beberapa bulan terakhir. Pemerintah menolak klaim tanggung jawab oleh Islamic State (IS) cabang lokal, mengatakan IS yang terutama ada di Irak dan Suriah tidak memiliki kehadiran di Bangladesh.

Bangladesh telah berada di bawah tekanan internasional untuk mengakhiri serangan yang sedang berlangsung, yang telah menewaskan 50 orang, termasuk anggota kelompok minoritas agama dan aktivis liberal, selama tiga tahun terakhir.

Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina telah berjanji bahwa pemerintahannya akan memastikan bahwa "setiap pembunuh" ditangkap.

Hasina memimpin pemerintahan sekuler di negara di mana sekitar 90 persen dari populasi 160 juta adalah Muslim.

Hasina menuduh oposisi utama Partai Nasionalis Bangladesh dan sekutunya Jamaat-e-Islami sebagai ujung tombak serangan untuk mengacaukan negara.

Partai-partai oposisi menuduh pemerintah menggunakan tindakan keras untuk menekan perbedaan pendapat politik, mengatakan bahwa banyak dari mereka yang ditangkap adalah orang-orang biasa dan tidak bersalah.

Senin lalu, Menteri Dalam Negeri Bangladesh Asaduzzaman Khan menuduh Israel ujung tombak "konspirasi internasional" di balik pembunuhan berantai intelektual sekuler dan agama minoritas di negara Asia, yang mendukung Palestina dan tidak memiliki hubungan diplomatik dengan rezim Tel Aviv.

Dia menunjuk ke sebuah pertemuan dugaan antara politisi oposisi dan seorang agen intelijen Israel sebagai bukti keterlibatan Israel dalam pembunuhan tersebut. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X