Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.992 views

Turki Tahan 754 Personil Militer yang Terlibat Kudeta Termasuk 5 Jenderal dan 29 Kolonel

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Setidaknya 754 personel tentara ditahan di Turki pada hari Sabtu (17/7/2016), menurut Kementerian Dalam Negeri negara itu.

Para personil militer negara paralel tersebut termasuk 5 jenderal, 29 kolonel, juga telah diskors oleh Menteri Dalam Negeri.

Tokoh dari upaya kudeta gagal, Laksamana Nejat Atilla Demirhan ditangkap Sabtu pagi oleh polisi di provinsi Mersin selatan Turki.

Juru bicara Parlemen Turki Ismail Kahraman pada Sabtu pagi mengatakan bahwa 1.374 tokoh pro-kudeta telah ditahan di Turki selama pertemuan darurat di parlemen.

Sebuah kelompok dalam militer Turki berusaha menggulingkan pemerintah, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan.

Pada saat setelah kudeta dimulai, Erdogan mendesak warga Turki untuk "pergi ke alun-alun, mari kita beri mereka jawaban terbaik." Dia menyampaikan pesan dalam video dari ponsel yang disiarkan di televisi nasional dari apa yang tampaknya merupakan kediaman pribadi.

Tiba di Istanbul beberapa jam kemudian, Presiden Turki mengatakan ia tidak akan meninggalkan Bandara Internasional Ataturk sampai situasi di negara itu kembali normal.

"Turkish Airlines mulai beroperasi. Ada tekanan kecil di Ankara, "kata Erdogan pada kerumunan besar yang berkumpul di bandara.

"Tidak ada yang pergi di sini sampai situasi ini kembali normal. Aku juga tidak akan pergi," katanya.

Erdogan mengecam pengkhotbah berbasis AS Fetullah Gulen, yang dituduh memimpin sebuah organisasi teroris dan mencoba untuk menyusup dan menggulingkan pemerintahan yang terpilih secara demokratis di Turki.

"Sudah cukup pengkhianatan yang telah Anda lakukan untuk bangsa ini," kata Erdogan, meskipun tidak menyebutkan nama Gulen, dan memanggilnya untuk kembali ke Turki untuk menghadapi pengadilan.

Setidaknya 42 orang tewas selama upaya kudeta militer negara paralel yang diatur Gulen di distrik Golbasi Ankara, pihak berwenang mengatakan Sabtu.

Kantor kejaksaan distrik membuka penyelidikan rinci terhadap departemen operasi khusus,direktorat  departemen keamanan penerbangan, akademi polisi dan kampus badan satelit Turksat ke dalam upaya kudeta.

Kantor itu mengatakan upaya penggulingan telah digagalkan dan bahwa situasi sekarang di bawah kendali.

Sementara itu, 20 anggota negara paralel lain yang berusaha untuk menduduki saluran TV negara TRT telah ditahan oleh pasukan keamanan Turki. (st/aa)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X