Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.165 views

Terungkap, Pesan Whatsapp Pasukan Pro-Kudeta Turki Berisi Perintah Tembaki Orang-orang

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Pesan-pesan telepon seluler antara para perwira pro-kudeta yang muncul mengungkapkan mereka diperintahkan untuk menembak orang-orang yang menolak upaya kudeta gagal 15 Juli, kantor berita Anadolu Agency melaporkan hari Selasa (19/7/2016).

Sebagai bagian dari penyelidikan atas upaya kudeta yang digagalkan, Kejaksaan Istanbul telah menyusun serangkaian pesan WhatsApp antara para petugas pro-kudeta, tampaknya dikirim pada malam 15 Juli.

Dokumen yang dilihat oleh Anadolu Agency muncul untuk menunjukkan bahwa para perwira militer di Istanbul diberitahu - dan diperintahkan- menembak kerumunan yang menolak kudeta. Pesan itu kemudian tampaknya menerjemahkan sebuah rasa panik setelah menjadi jelas bahwa kudeta telah gagal.

Dalam satu contoh, Letnan Kolonel Muzaffer Duzenli muncul untuk memerintahkan bawahannya untuk menembaki orang banyak yang berkumpul.

"Ulangi. Sebarkan. Lepaskan tembakan untuk membubarkan kerumunan," kata Duzenli di salah satu pesan WhatsApp yang ditunjukkan kepada Anadolu Agency.

Dari pesan-pesan itu, tidak jelas di mana tepatnya para petugas itu ditempatkan di Istanbul.

Dalam balasan untuk Duzenil, Kolonel Muslum Kaya mengatakan sekelompok pemrotes mencoba untuk mendekati pusat koordinasi bencana di Istanbul. "Kawan-kawan melepaskan tembakan," tulisnya.

Dalam jawabannya, Kolonel Uzay Sahin mendorong Kaya menembaki kelompok tersebut. "Jangan biarkan mereka mendekat. Lepaskan Tembakan," katanya.

Mayor Mehmet Karabekir mengatakan ia juga telah menembaki orang banyak: ". Saya melepaskan tembakan pada orang banyak dan menunggu. Gunakan cara ini secara terkendali. 10-15 orang tewas. Jangan kehilangan inisiatif..."

Mayor Muammer Aygar juga membiarkan para perwira lain tahu bahwa telah terjadi pertempuran sengit di Kuleli, sebuah distrik di sisi Asia dari Istanbul, yang menjadi tuan rumah sebuah akademi militer. "Lepaskan tembakan pada grup tersebut," katanya.

Korban terbaru telah diumumkan bahwa setidaknya 208 orang, termasuk anggota pasukan keamanan dan warga sipil, meninggal di Istanbul dan Ankara dan hampir 1.500 lainnya luka-luka ketika mereka memprotes kudeta hari Jum'at.

Dalam baku tembak lain, Letnan Kolonel Ugur Coskun mengatakan para perwira dan tentara telah dikuasai oleh sekelompok demonstran di gedung gubernur Istanbul.

Sebagai balasan, Mayor Karabekir mengatakan: "Hancurkan [mereka]. Tembak [mereka]. Tidak ada kompromi."

Setelah aliran pesan yang tampaknya membuktikan bahwa pemrotes menyerang tentara pro-kudeta, Mayor Murat Yanik mengatakan ia telah menerima perinah dari Ankara:. ". lepaskan tembakan"

Mayor Mehmet Murat Celebioglu mengatakan: "Pak, kami menerima informasi bahwa [ada] orang bersenjata. Jika orang itu berbaris menuju ke arah kami, pertama kali kami akan melepaskan tembakan ke udara kemudian mereka.."

Kolonel Sahin menyarankan Celebioglu untuk menembak jatuh pemimpin demonstran. "Tembak jatuh penghasut," tulis Sahin.

Setelah menjadi jelas bahwa upaya kudeta telah digagalkan, pesan yang tampak menunjukkan rasa putus asa di antara perwira.

"Pak, kami telah mencoba untuk bertahan hidup. Apakah menurut anda sesuai," kata Mayor Mehmet Murat Celebioglu dalam pesan jelas kepada seseorang meminta petunjuk.

"Menyerah atau lari," tambahnya.

Dalam pertukaran pesan lain, Mayor. Muhammer Aygar bertanya kepada salah satu dari teman-temannya apakah upaya kudeta telah dibatalkan. Celebioglu menjawab: "Dibatalkan."

"Apakah kita pergi?" Aygar bertanya lagi. "Ya Pak," jawab Murat.

Kolonel Cemalledin Dogan juga menanyakan apakah ia harus lari.

Aygar mengatakan: "Tetap hidup. Itu adalah pilihan Anda. Kami belum memutuskan. Tapi kami meninggalkan pos kami. Saya menutup [WhatsApp] kelompok. Hapus pesan-pesan jika Anda suka."

Pemerintah Turki mengatakan kudeta militer yang gagal diorganisir oleh para pengikut Fetullah Gulen, seorang  pengkohtobah berbasis AS, yang dituduh mengejar kampanye asimetris yang berlangsung lama melawan pemerintah melalui para pendukungnya dalam instirusi negara Turki, khususnya militer, polisi dan pengadilan, membentuk apa yang umumnya dikenal sebagai negara tandingan.

Imbas dari upaya gagal tersebut pemerintah Turki melakukan aksi "bersih-bersih" dengan menangkap sedikitnya 8.777 orang terdiri dari tentara, polisi dan jaksa yang terkait dengan kudeta. (st/aa)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X