Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.728 views

Turki Keluarkan Surat Perintah Penangkapan bagi 42 Wartawan Terkait Kudeta Gagal

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Pihak berwenang Turki  dilaporkan telah mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi 42 wartawan ketika Ankara terus melakukan pembersihan besar-besaran terhadap siapa pun diyakini telah terkait ke atau bersimpati dengan upaya kudeta baru-baru ini.

Penyiaran swasta NTV mengatakan pihak berwenang mengeluarkan surat perintah penahanan untuk wartawan, termasuk komentator terkenal dan mantan anggota parlemen Nazli Ilicak, Senin (25/7/2016).

Lebih dari 60.000 tentara, polisi, hakim, guru, pegawai negeri dan lain-lain baik telah ditangguhkan dari pekerjaan mereka, ditangkap atau ditempatkan di bawah penyelidikan sejak faksi militer Turki berusaha tetapi gagal untuk menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Menyusul kudeta yang gagal, para pejabat pemerintah mengatakan mereka akan mengembalikan hukuman mati, yang dibatalkan di Turki pada tahun 2004 di bawah reformasi yang bertujuan untuk bergabung dengan Uni Eropa (EU).

Sementara itu, Presiden Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker mengatakan bahwa pembicaraan aksesi dengan Turki akan dihentikan jika Ankara mengembalikan hukuman mati.

"Saya percaya bahwa Turki, dalam kondisi saat ini, tidak dalam posisi untuk menjadi anggota dalam waktu dekat dan bahkan periode yang lebih lama," kata Juncker di televisi Prancis France 2 pada hari Senin.

Turki kecam ancaman Uni Eropa

Juga pada hari Senin, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu tampil membela hak negaranya untuk mengembalikan hukuman mati, mengutuk "ancaman" dan penentangan Uni Eropa untuk potensi langkah tersebut.

"Eropa bukan pemilik Turki dan kami tidak akan menerima ancaman dan sedang dipandang rendah. Jika Uni Eropa memiliki pertanyaan, kami siap untuk mendiskusikannya, "kata Cavusoglu kepada penyiaran swasta Haberturk TV.

Dia juga mengatakan bahwa Ankara akan memanggil dan memberhentikan beberapa duta besar Turki sehubungan dengan upaya kudeta baru-baru ini. "Akan ada PHK, termasuk di tingkat duta besar," katanya.

kudeta dimulai pada 15 Juli malam, ketika tentara pemberontak menyatakan mereka mengendalikan negara dan pemerintahan Ankara tidak lagi bertanggung jawab. Tank, helikopter dan tentara kemudian bentrok dengan polisi dan massa pendukung Erdogan di jalan-jalan ibukota dan Istanbul.

Kudeta tersebut secara bertahap berhasil digagalkan oleh kekuatan militer dan orang-orang yang setia kepada Erdogan. Lebih dari 300 orang tewas dari kedua belah pihak, banyak dari mereka tewas pada 16 Juli. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X