Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.999 views

Iran Bantah Tuduhan AS Anggota Senior Al-Qaidah Berbasis di Negara Itu

TEHERAN, IRAN (voa-islam.com) - Iran pada Selasa (26/7/2016) membantah klaim oleh Washington bahwa tiga tokoh senior Al-Qaidah berbasis di negara itu, kata kantor berita resmi IRNA mengatakan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Ghasemi sebagaimana dikutip mengatakan bahwa Iran tidak memiliki "informasi tentang kehadiran mereka di wilayahnya". Dia juga menegaskan komitmen Iran untuk memerangi mujahidin.

Pemerintahan Obama pekan lalu menjatuhkan sanksi pada tiga orang, mengatakan mereka yang berbasis di Iran, yang dituduh membantu pengiriman uang dan pejuang dari Asia Selatan ke Timur Tengah. Langkah ini membeku aset yang mungkin mereka miliki di yurisdiksi AS dan melarang warga Amerika dari melakukan bisnis dengan mereka.

Tiga orang itu - warga negara Saudi Faisal Jassim Mohammed al-Amri al-Khalidi, warga Mesir Yisra Muhammad Ibrahim Bayumi dan warga Aljazair Abu Bakar Muhammad Muhammad Ghumayn - diidentifikasi sebagai "teroris global yang ditunjuk khusus".

Menurut Departemen Keuangan AS, al-Khalidi adalah kepala komisi militer Al-Qaidah dan mantan komandan batalyon yang memiliki hubungan dengan Taliban Pakistan. Bayumi adalah penghubung kelompok itu dengan pemerintah Iran dan Ghumayn bertanggung jawab atas anggota Al-Qaidah yang tinggal di Iran, kata Departemen Keuangan.

Pernyataan itu tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang keberadaan mereka di Iran.

Ghasemi, juru bicara Iran, mendesak Amerika Serikat untuk berbagi "informasi yang tepat" tentang tiga orang itu untuk "perang terorisme yang lebih baik".

Iran, sekutu utama Presiden Suriah Bashar Assad dan juga pemerintah Syi'ah yang dipimpin Irak, memerangi kelompok-kelompok mujahidin Sunni di Suriah dan Irak.

Mereka juga berjuang beberapa kelompok mujahidin Sunni di dalam negeri, menggambarkan mereka sebagai organisasi "ekstremis Wahhabi".

Pada bulan Juni, Iran mengklaim telah menghancurkan salah satu "plot teroris terbesar" yang pernah ada di wilayahnya oleh mujahidin Sunni yang merencankan pemboman di Teheran dan di tempat lain di negara ini. Sejak Revolusi Islam 1979, ibukota Iran tidak pernah melihat serangan utama dari para militan. (st/tna)

Malian forces arrested a regional leader of Islamist group Ansar Dine in central Mali on Tuesday, after it claimed an attack in the region that killed 17 soldiers, the army spokesman said.

Ansar Dine laid claim to the attack last week by gunmen who fired on troop positions, burned buildings and pillaged shops, killing 17 Malian soldiers and wounded 35 on an army base in the central town of Nampala last week.

Army spokesman Modibo Naman Traore said the state security services arrested the commander, Mahmoud Barry - nicknamed "Abou Yehiya" - as he was traveling on a road between Nampala and the town of Dogofri.

"He is close to Lyad Ag Ghali, the chief of Ansar Dine," Traore said, adding that Barry had also planned an attack on the town of Nara that killed 12 people.

French forces intervened in 2013 to push back Islamist fighters who had hijacked a Tuareg uprising to take over northern Mali. But despite 11,000 United Nations peacekeepers deployed in the country since, insecurity has worsened and militants still launch frequent attacks across the vast desert country and its neighbors.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X