Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.076 views

Sekitar 5 Juta Orang Hadiri Puncak Rapat Akbar Menentang Kudeta di Istanbul Turki

ISNTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Diperkirakan lima juta orang menghadiri Rapat Umum Demokrasi dan Martyrs di Istanbul pada hari Ahad (7/8/2016) menurut Departemen Kepolisian Istanbul.

Pertemuan besar orang tersebut diyakini menjadi yang terbesar dari sejenisnya untuk rapat umum politik di mana pun di dunia.

Jumlah yang hadir begitu besar dimana orang-orang penuh sesak di dekat panggung rapat umum Yenikapi, Kennedy Street, distrik Eminonu dan Zeytinburnu.

Jutaan orang telah berbondong-bondong ke Yenikapi dari semua distrik Istanbul. angkutan umum, termasuk sistem transportasi metro, bus dan layanan feri digratiskan untuk semua orang di kota. Juga, pemerintah kota Istanbul memberikn lima juta botol air dan satu juta paket makanan gratis untuk para peserta. Pemerintah kota telah menyediakan jasa 7.000 bus, 203 kapal dan 10 kapal feri yang juga tersedia untuk para peserta.

Ada langkah-langkah pengamanan yang ketat di berlakukan selama rapat umum tersebut; sekitar 25.000 personil polisi telah dikerahkan, sementara 728 tenaga kesehatan juga bersiaga di alun-alun. Helikopter juga memantau di atas pawai sementara perahu-perahu keamanan tetap waspada; 22 mesin X-Ray dan 165 gerbang dengan detektor logam ditempatkan untuk pemeriksaan keamanan.

Selain pasukan keamanan 2.500 penjaga kota dan 900 pembersih serta 500 asisten bertugas selama reli.

Lebih dari 100 ambulans tetap di lapangan; satu ambulans laut dan 20 truk pemadam kebakaran juga telah disediakan. Sementara itu, 50 bus digunakan untuk mengangkut orang-orang cacat.

Erdogan adalah pembicara terakhir yang berpidato kepada kerumunan besar. Ini adalah pertama kalinya para pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AK), Partai Republik Rakyat Partai (CHP) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP) telah berbagi panggung.

Kepala Staf Umum Jenderal Hulusi Akar dan ulama top Turki Mehmet Gormez juga hadir dalam acara tersebut.

Acara Yenikapi adalah puncak berminggu-minggu unjuk rasa demokrasi yang diadakan di kota-kota di seluruh negara itu sejak kudeta dikalahkan, yang menyebabkan 240 orang tewas dan melukai hampir 2.200 orang.

Pemerintah Turki mengatakan kudeta itu diselenggarakan oleh pengikut Fetullah Gulen, yang telah tinggal di pengasingan di AS sejak tahun 1999. (st/aa)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X