Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.212 views

Pasukan Libya yang Didukung PBB Klaim Rebut Markas Kunci Islamic State (IS) di Sirte

SIRTE, LIBYA (voa-islam.com) - Pasukan Libya yang berjuang untuk menggulingkan Islamic State (IS) dari Sirte pada hari Rabu (10/8/2016) mengklaim merebut sebuah pusat konvensi di pusat kota, yang sebelumnya digunakan sebagai markas oleh IS, serta universitas kota dan rumah sakit.

"Pasukan kami mengontrol penuh seluruh kompleks Ouagadougou, mereka bahkan maju agak jauh di luar kompleks," klaim Rida Issa, seorang juru bicara di kantor media pasukan pemerintah GNA.

Jika kemajuan itu terkonfirmasi, itu akan menandai kemajuan terbesar yang pasukan tersebut telah buat selama beberapa pekan. Hal itu terjadi 10 hari setelah Amerika Serikat memulai serangan udara atas Sirte, yang para pejuang mengatakan telah mempermudah gerak maju mereka pada pejuang IS yang mengelilingi pusat kota tersebut.

Penangkapan kompleks Ouagadougou juga akan menjadi kemenangan simbolis penting. Bangunan berkubah besar itu terletak di tengara Sirte, kota kelahiran mendiang diktator Muammar Khadafi, dan digunakan untuk pertemuan dan pelajaran agama oleh Islamic State setelah mereka mengambil alih kota tersebut tahun lalu.

Pasukan yang bersekutu dengan pemerintah Libya yang didukung PBB meluncurkan kampanye mereka untuk merebut Sirte pada bulan Mei. Kemajuan mereka melambat saat mendekati pusat Sirte, dan pasukan tersebut, yang dipimpin oleh brigade dari kota Misrata, telah menderita banyak korban akibat ranjau darat dan penembak jitu IS.

Bentrokan telah terjadi secara sporadis, dengan pertempuran berat diselingi dengan ketenangan yang berlangsung selama beberapa hari.

Sejak 1 Agustus, drone dan jet tempur AS telah melakukan total 29 serangan, menargetkan beberapa posisi IS pada hari Senin dan sebuah truk pick-up dengan senapan mesin pada hari Selasa, menurut klaim Komando Afrika AS.

Dalam bentrokan Rabu, pasukan yang didukung pemerintah mengatakan mereka juga maju ke cluster blok yang belum selesai di barat pusat Sirte yang dikenal sebagai "bangunan tulang, yang telah digunakan oleh penembak jitu Islamic State.

Setidaknya tiga petempur dari pasukan yang didukung pemerintah tewas dan 11 luka-luka, Issa mengatakan, menambahkan bahwa ia memperikarakn jumlah tersebut meningkat.

Sebelumnya pada hari itu, pasukan Libya mengatakan mereka telah kehilangan sebuah jet tempur di atas Sirte. Issa mengatakan penyebab kecelakaan dan nasib kru tidak bisa dikonfirmasi, namun Islamic State mengatakan telah menembak jatuh jet tersebut, membunuh sang pilot, menurut pernyataan pada situs yang terkait dengan IS. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X