Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.928 views

Turki Panggil Pulang 300 Diplomat Atas Dugaan Terkait 'Dalang' Kudeta Gagal Fetullah Gulen

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Kementerian Luar Negeri Turki telah menarik 300 diplomat sebagai bagian dari investigasi yang sedang berlangsung ke dalam kemungkinan afiliasi mereka ke jaringan pemimpin oposisi yang berbasis di AS, Fethullah Gulen, yang disalahkan oleh Ankara karena telah mendalangi upaya kudeta gagal baru-baru ini.

Sumber-sumber diplomatik, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan pada hari Ahad (21/8/2016) bahwa para diplomat yang ditemukan memiliki hubungan dengan Gulen, 75 tahun, akan diberhentikan dari jabatan mereka, sementara mereka yang tidak bersalah akan kembali bekerja.

Laporan itu muncul saat otoritas Turki menangkap Gurcan Balik, yang menjabat sebagai kepala penasihat mantan Perdana Menteri Ahmet Davutoglu selama dirinya menjabat sebagai menteri luar negeri, pada 18 Agustus untuk dugaan keterkaitan ke gerakan Gulen.

Davutoglu sendiri mengundurkan diri pada bulan Mei dalam pertentangan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang telah berusaha untuk memperluas kekuasaannya. Davutoglu, bagaimanapun, mengaku setia kepada Erdogan bahkan saat ia berhenti.

Pada hari yang sama, Tuncay Babalı, mantan duta besar untuk Kanada, dan Ali Findik, mantan duta besar untuk Kosta Rika, ditahan di ibu kota Turki, Ankara atas tuduhan terkait dengan Gulen.

Sementara itu, para pejabat Turki telah mengembalikan ke penjara 40 perwira militer dari Akademi Militer Turki yang berbasis Ankara sehubungan dengan kudeta yang gagal.

Sebanyak 44 perwira militer, termasuk tiga kolonel, seorang letnan kolonel, lima mayor, 34 kapten dan satu sersan bintara ditahan pada 18 Juli, dan dirujuk ke Gedung Pengadilan Caglayan untuk diinterogasi.

Menyusul kesaksian sebelum penuntutan umum, pihak berwenang kehakiman memerintahkan membebaskan empat tersangka pada hari Sabtu, sementara sisanya diserahkan.

Sebuah faksi militer Turki menyatakan dirinya mengambil alih negara pada malam 15 Juli. Para personil militer pemberontak memanfaatkan tank dan helikopter tempur untuk melawan loyalis pemerintah yang berkuasa di Ankara dan Istanbul.

Upaya kudeta digagalkan ketika orang-orang ternyata turun ke jalan-jalan untuk mendukung Erdogan dan partai berkuasa, Partai Keadilan dan Pembangunan.

Setidaknya 246 orang tewas dan lebih dari 2.100 lainnya menderita luka-luka dalam upaya kudeta gagal itu.

Gulen sendiri tidak mau mengaku telah terlibat dalam kekerasan tersebut. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X