Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.327 views

Afghanistan Tangkap Pejabat Iran Perekrut Warga Syi'ah Afghan untuk Bertempur di Suriah

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Afghanistan telah menangkap seorang pejabat Syi'ah Iran karena merekrut para penganut Syi'ah di negara itu untuk bertempur atas nama rezim teroris Bashar Al-Assad di Suriah, menurut laporan media.

Sebuah outlet Iran yang berafiliasi dengan gerakan reformis negara melaporkan hari Ahad (28/8/2016) bahwa Qurban Ghalambor-wakil dari kantor Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei di Kabul-ditahan karena "merekrut petempur Syi'ah Afghanistan dan mengirim mereka ke Suriah."

Otoritas keamanan Afghanistan memindahkan Ghalambor dari Herat ke ibukota Kabul, di mana penyelidikan lebih lanjut ke dalam aktivitasnya diluncurkan, menurut terjemahan berbahasa Arab dari laporan Saham News yang disiapkan oleh Bas News Kurdi.

Saham News yang terkait dengan reformis politik Iran Mehdi Karroubi-menambahkan bahwa tokoh Syi'ah Afghanistan Issa Hosseini Mazari-kepala Afghan Voice Agency meminta pihak berwenang untuk melepaskan Ghalambor.

Al-Jazeera juga membahas insiden itu, melaporkan hari Ahad bahwa Ghalambor adalah orang yang bertanggung jawab untuk pengiriman pejuang Syi'ah Afghanistan ke Suriah.

Jaringan berita itu mengutip sumber pemerintah Afghanistan yang mengatakan bahwa pejabat Syi'ah Iran tersebut ditahan di luar rumahnya di Herat, yang terletak di Afghanistan barat dekat Iran.

Teheran telah merekrut ribuan pengungsi Syi'ah Hazara Afghanistan yang berbahasa Persia yang tinggal di Iran untuk berperang di Suriah dan tergabung dalam Brigade Fatemiyoun, yang dibentuk pada 2014-an dan diawasi oleh para perwira di Korps Revolusi Syi'ah Iran (IRGC).

"Iran telah mendesak warga Afghanistan untuk membela kuil-kuil suci Syi'ah dan menawarkan insentif keuangan dan penduduk resmi di Iran untuk mendorong mereka untuk bergabung milisi pro-pemerintah Suriah," kata Human Rights Watch dalam laporan Januari 2016, mengutuk Teheran karena merekrut suku Syi'ah miskin Hazara Afghanistan.

Warga Syi'ah Afghanistan telah dilemparkan oleh pemerintah Syi'ah Iran ke dalam pertempuran di sisi pasukan rezim di Suriah untuk melawan mujahidin Sunni di negara itu, dengan sejumlah besar dari mereka mati di provinsi Aleppo dan Daraa. (st/NOW)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X