Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.024 views

Turki: Relawan Inggris yang Bergabung dengan Pasukan Kurdi Suriah adalah Teroris

ISTANBUL, TURKI (voa-islam.com) - Para pejabat Senior Turki mengatakan angkatan bersenjata mereka akan menganggap dan menghadapi relawan asal Inggris dan negara asing lainnya yang berjuang dengan milisi YPG Kurdi di Suriah sebagai "teroris", dan bahwa setiap korban akan menjadi tanggung jawab dari pemerintah mereka sendiri.

Dalam komentar untuk Middle East Eye, juru bicara perdana menteri Turki, Binali Yildirim, mengatakan warga Inggris, Prancis, Amerika dan warga lainnya yang berjuang bersama YPG akan diperlakukan sebagai "teroris ... terlepas dari apakah mereka adalah anggota dari negara-negara sekutu".

Pernyataan itu muncul setelah pemerintah Turki menolak gencatan senjata yang ditengahi AS antara pasukan Turki dan milisi Komunis Kurdi di Suriah utara, sepekan setelah Turki menyerbu kota perbatasan Suriah Jarabulus untuk mendorong keluar Islamic State (IS).

Sejak itu, pasukan Turki telah bentrok dengan pejuang dari YPG, yang meskipun merupakan sekutu AS dianggap oleh Turki sebagai organisasi "teroris" eksternal dengan berhubungan dekat dengan musuh internal Ankara, Komunis PKK.

Sejumlah pejuang asing, termasuk warga Inggris, telah bergabung dengan YPG di bawah organisasi payung, Tentara Demokratik Suriah (SDF), dan telah berjuang untuk mengusir IS dari beberapa kota termasuk Kobane, Manbij dan Tal Abayad.

"Brigade Gagak Bob", sebuah kontingen warga Inggris, dikabarkan saat ini berjuang 30 mil dari kubu IS, Raqqa.

Namun situasi yang berubah dengan cepat sejak serbuan Turki menjadikan warga negara Inggris ini sekarang bisa diburu oleh tentara sekutu NATO tersebut.

"Turki tidak membedakan atas dasar kebangsaan ketika masuk ke dalam keanggotaan organisasi teroris," kata Yunus Akbaba, penasihat Yildirim kepada MEE Senin (1/9/2016). "Dalam panasnya pertempuran kita tidak akan berhenti dan bertanya kepada sang teroris apa kebangsaan mereka.

"Turki tidak akan ragu untuk menghadapi organisasi teroris dalam lingkup operasinya. Ini adalah kelompok teroris dan siapa pun yang berjuang di bawah panji mereka akan dianggap teroris, "katanya.

"Ini adalah tanggung jawab negara-negara dari mana mereka datang untuk mencegah mereka dari bergabung dengan kelompok-kelompok ini. Pasukan Turki akan menghadapi mereka jika mereka berjuang di bawah bendera kelompok teroris, terlepas dari apakah mereka adalah anggota dari negara-negara sekutu," katanya.

Akbaba mengatakan Turki sampai saat ini, telah mendeportasi sekitar 5.000 pejuang asing yang mencoba masuk Suriah dari Turki dan bahwa itu adalah tanggung jawab dari negara asal mereka untuk berurusan dengan mereka. Dia mengatakan sebagian besar pejuang yang dideportasi menuju untuk bergabung IS, tetapi beberapa mencoba untuk bergabung dengan YPG.

Yasin Aktay, juru bicara putusan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP), mengatakan kepada Middle East Eye ia merasa sulit untuk memahami motif warga Barat yang bergabung dengan berbagai kelompok bersenjata di Suriah. Dia mengatakan ketika terjadi orang Eropa atau Amerika bergabung dengan YPG, mereka hanya bisa dianggap "tentara salib" atau agen intelijen.

"Sulit untuk melihat apa lagi yang bisa memotivasi mereka. Mereka berada di bawah ilusi bahwa mereka akan membantu menciptakan negara kecil sekuler pro-Barat Kurdi ini di jantung wilayah Islam," kata Aktay. "Orang-orang ini dimotivasi oleh mentalitas tentara salib atau agen intelijen Barat yang bertujuan untuk memajukan proyek PYD / YPG. Semua pembicaraan dari mereka yang berada di sana untuk menghadapi ancama Daesh [IS] adalah omong kosong."

Aktay mengatakan Turki menolak setiap kehadiran warga asing di Suriah terlepas dari apakah mereka adalah bagian dari IS, YPG atau kelompok lain. Jika pejuang asing ini tewas atau terluka dalam konfrontasi di mana Turki aktif di Suriah, dia mengatakan tanggung jawab akan berada semata-mata pada negara asal mereka.

"Negara-negara di mana mereka berasal bertanggung jawab atas apa pun yang terjadi pada mereka," katanya. (st/MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X