Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.299 views

Mantan Tahanan Guantanamo Nyatakan Mogok Makan di Uruguay

MONTEVIDEO, URUGUAY (voa-islam.com) - Seorang mantan narapidana Guantanamo yang dimukimkan kembali di Uruguay pada tahun 2014 telah menyatakan mogok makan setelah dideportasi dari Venezuela menyusul upaya yang gagal untuk bertemu kembali dengan Keluarganya di Turki.

Jihad Diyab, warga Suriah 45 tahun, telah berulang kali berselisih dengan pihak berwenang di Uruguay sejak dimukimkan kembali di sini sebagai pengungsi hampir dua tahun lalu bersama lima mantan tahanan Guantanamo lainnya.

Enam orang tersebut telah terlibat perselisihan yang masih berlangsung dengan pemerintah Uruguay atas perumahan dan tunjangan hidup, dan Diyab mengatakan Uruguay tidak melakukan cukup untuk menyatukan dia kembali dengan keluarganya.

Dia menyebabkan alarm pada bulan Juni ketika ia hilang dari radar, tampaknya menghindari pengawasan perbatasan dan menyelinap ke Venezuela.

Dia muncul di konsulat Uruguay di Caracas pada bulan Juli meminta untuk dibawa ke keluarganya di Turki. Dia ditangkap dan ditahan dalam apa pengacaranya mengutuk kondisi yang tidak dapat diterima sebelum dideportasi kembali ke Uruguay pada 30 Agustus.

Diyab mengatakan kepada AFP ia telah mogok makan selama sekitar 20 hari - dimulai ketika ia dipenjara di Venezuela - dan tidak minum cairan selama tiga hari.

"Cukup sudah," katanya. "Saya sudah di sini (di Uruguay) selama satu tahun dan sembilan bulan, dan mereka belum menemukan solusi untuk situasi saya."

Para pejabat Uruguay mengatakan Turki telah menolak untuk mengizinkan Diyab masuk dan bahwa mereka mencoba untuk mengatur keluarganya untuk pindah ke Uruguay.

Diyab mengatakan ia tidak akan mampu menghidupi mereka di Uruguay dan ingin dimukimkan kembali di tempat lain.

Dia adalah veteran mogok makan, setelah menggelar aksi mogok makan yang berkepanjangan selama 12 tahun di Guantanamo untuk memprotes penahanannya.

Dia menjadi berita utama internasional ketika ia meluncurkan sebuah kasus pengadilan yang akhirnya gagal di Amerika Serikat dalam upaya untuk menghentikan petugas penjara dari memaksa dia makan.

Diyab dan lima mantan tahanan Guantanamo lainnya dimukimkan kembali di Uruguay sebagai bagian dari upaya Presiden AS Barack Obama untuk memenuhi janji lama nya tertunda untuk menutup penjara yang didirikan setelah serangan 9/11.

Dituduh terkait teroris, orang-orang tersebut- empat warga Suriah, satu Palestina dan satu Tunisia - tidak pernah didakwa atau diadili. Mereka telah dibersihkan untuk dibebaskan tetapi tidak dapat dikirim ke negara asal mereka karena kerusuhan di sana. (st/F24)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 14/05/2024 09:10

Runtuhkan Zionis, Rebut Baitul Maqdis!