Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.171 views

Rezim Teroris Assad dan Rusia Kembali Hancurkan 2 Rumah Sakit di Timur Aleppo yang Dikuasai Oposisi

ALEPPO, SURIAH (voa-islam.com) - Serangan udara dan tembakan artileri menghantam dua rumah sakit terbesar di bagian Aleppo yang dikuasai pejuang oposisi Suriah pada hari Rabu (28/9/2016), dalam apa yang kelompok hak asasi katakan adalah strategi yang disengaja untuk menargetkan infrastruktur sipil.

Pasukan Presiden Bashar al-Assad dan sekutunya Rusia telah melakukan rentetan serangan udara atas daerah yang dikuasai oposisi di Aleppo timur sejak rezim Suriah pekan lalu mengumumkan upaya untuk merebut kembali semua kota Aleppo yang terbagi antara pasukan pemerintah dan oposisi.

Ratusan warga sipil telah tewas dan ribuan lainnya telah terluka, sementara bangunan tempat tinggal telah menjadi puing-puing dan penduduk daerah timur Aleppo - yang sudah menderita di bawah pengepungan pemerintah - menghadapi kekurangan parah makanan dan obat-obatan.

Pemboman terbaru terhadap kota itu telah menjadi yang terburuk dalam lima tahun perang sipil Suriah, dan datang setelah kegagalan gencatan senjata singkat yang ditengahi oleh Rusia dan Amerika Serikat awal bulan ini.

Dua rumah sakit terkena serangan sebelum fajar, dengan fasilitas M10 terhantam dalam serangan udara dan fasilitas M2 terhantam dengan tembakan artileri, kata Adham Sahloul dari American Medical Society Suriah (SAMS), yang mendukung kedua rumah sakit.

Serangan itu menyebabkan kedua fasilitas tidak berfungsi dan hanya tersisa enam rumah sakit yang beroperasi di bagian timur kota, Sahloul mengatakan, menyebut serangan itu "sengaja".

Tidak jelas siapa yang telah melakukan pemboman, namun rezim teroris Assad dan teroris Rusia banyak memiliki riwayat menargetkan infrastruktur sipil serta fasilitas umum termasuk rumah sakit.

"Saya di rumah sakit M2 sekarang. Aku berada di dalam ketika masuk ke ruang gawat darurat yang terkena serangan. Tiga dari rekan-rekan saya terluka," kata Aref al-Aref, asisten medis yang terperangkap di dalam.

"Semua orang khawatir dan takut hari ini. Kami takut bahwa kita akan menjadi korban hari ini," katanya kepada AFP.

'Ratusan surat perintah Kematian'

Sahloul memperingatkan konsekuensi yang menghancurkan jika rumah sakit tetap ditutup dan kekerasan meningkat sebagaimana halnya yang terjadi dengan serangan berat selama akhir pekan.

"Dengan dua rumah sakit tersebut hilang, jika hari ini ada ofensif lain seperti Sabtu atau Ahad, ini seperti menandatangani surat kematian bagi ratusan orang," katanya kepada AFP.

Organisasi Kesehatan Dunia pada Selasa memperingatkan bahwa fasilitas medis di timur kota berada di ambang "kehancuran total".

Badan PBB menyerukan "pembentukan rute kemanusiaan segera untuk mengevakuasi sakit dan terluka dari bagian timur kota."

Lebih dari 170 orang tewas di Aleppo timur sejak militer Suriah mengumumkan operasi untuk merebut kembali kota, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah kelompok pemantau.

Pernah menjadi pusat komersial Suriah, Aleppo telah dirusak oleh perang sejak 2012 dan terbagi antara pasukan pemerintah di barat dan oposisi di timur.

Diperkirakan 250.000 orang masih tinggal di distrik-distrik timur, yang telah dikepung dan dihancurkan pasukan pemerintah sejak awal September.

Kelompok-kelompok HAM dan oposisi mengatakan pemerintah Suriah dan sekutunya menggunakan pengepungan dan sengaja menargetkan infrastruktur sipil untuk menekan warga sipil agar melarikan diri.

"Tidak ada tujuan untuk menyerang rumah sakit ini selain menambah penderitaan warga sipil, menghancurkan infrastruktur sehingga warga sipil yang tersisa dengan tidak ada rumah sakit dan kemudian dipaksa untuk pergi," kata Diana Semaan, kampanye Suriah di Amnesty International.

Dalam mengumumkan operasinya, pasukan Suriah mendesak warga sipil mengungsi ke wilayah yang dikuasai pemerintah, namun warga dari timur takut melewati distrik yang dikuasai rezim.

Kepala relawan pasukan penyelamat White Helmet, yang beroperasi di wilayah yang dikuasai oposisi di Suriah utara, mengatakan kepada AFP bahwa dalam kondisi saat ini fasilitas sipil di Aleppo Timur tidak lagi mampu menyediakan layanan dalam waktu satu bulan.

"Para warga sipil di sana tidak akan melewatkan setiap kesempatan untuk melarikan diri, untuk pergi ke mana pun mereka bisa pergi," kata Raed Saleh.

"Tapi tidak ada yang tersedia untuk memberikan keamanan dan perlindungan bagi mereka warga sipil. Kami khawatir bahwa mereka menghadapi pembantaian atau penculikan atau penangkapan banyak dari mereka (oleh rezim Assad)." (st/AFP)

Foto: Ilustrasi

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X