Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.112 views

Pasukan Syi'ah Irak Siksa dan Bunuhi Para Warga Sipil Penduduk Desa-desa di Mosul

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Pasukan pemerintah Syi'ah Irak membunuhi dan menyiksa para warga sipil selatan Mosul, kelompok hak asasi mengatakan pada hari Kamis (10/11/2016), laporan sejenis pertama atas dugaan penyiksaan dalam kampanye yang didukung AS untuk merebut kembali kota itu dari pejuang Islamic State (IS).

Amnesty International mengatakan "sampai enam" orang ditemukan tewas bulan lalu di sub distrik Syura dan Qayyara - ke enamnya  dituduh oleh pasukan keamanan memiliki hubungan dengan IS yang menyita sepertiga dari wilayah Irak pada tahun 2014.

"Pria berseragam polisi federal telah melakukan beberapa pembunuhan di luar hukum, menangkap dan kemudian dengan sengaja membunuh di warga dengan darah dingin di desa-desa selatan Mosul," kata Lynn Maalouf, wakil direktur untuk penelitian di kantor Amnesty Beirut.

Human Rights Watch (HRW) mengatakan, sedikitnya 37 orang yang dituduh berafiliasi dengan IS telah ditahan oleh pasukan Syi'ah Irak dan Kurdi dari pos-pos pemeriksaan, desa-desa, pusat-pusat skrining dan kamp-kamp untuk pengungsi di sekitar Mosul dan Hawija, lebih jauh ke selatan.

Para kerabat mengatakan mereka tidak tahu di mana sebagian besar orang-orang itu ditahan dan tidak bisa menghubungi salah satu dari mereka dalam tahanan, menurut laporan tersebut.

HRW memperingatkan bahwa tindakan tersebut "secara signifikan meningkatkan risiko pelanggaran lainnya", termasuk penyiksaan.

Bagaimanapun, pemerintah Syi'ah Irak dan Kurdi tidak mau mengakui hal tersebut.

Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri membantah telah terjadi pelanggaran dan mengklaim pasukan Irak menghormati hak asasi manusia dan hukum internasional. Seorang juru bicara polisi federal Irak tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar.

Seorang juru bicara pemerintah daerah Kurdi membantah laporan HRW, mengklaim setiap keterlambatan dalam menginformasikan keluarga adalah terbatas dan karena sumber daya yang terbatas.

"Tidak ada yang telah ditahan di dalam fasilitas yang tidak diketahui. Mereka disimpan di fasilitas yang teridentifikasi," klaim Dindar Zebari.

Operasi Mosul, yang melibatkan aliansi berkekuatan 100.000-pasukan, pasukan keamanan, Peshmerga Kurdi dan milisi Syi'ah dan didukung oleh serangan udara yang dipimpin AS, telah memasuki pekan keempat, tetapi sejauh ini memperoleh hanya pijakan kecil di kota.

Laporan Amnesty menjelaskan beberapa insiden pada atau sekitar 21 Oktober di mana kelompok-kelompok terpisah dari laki-laki dipukuli dengan kabel dan popor senapan sebelum ditembak mati. Dalam satu kasus, kepala seorang pria telah dipotong dari tubuhnya, katanya.

Meskipun melambaikan kain putih dan mengangkat baju mereka untuk menunjukkan bahwa mereka tidak mengenakan sabuk peledak dan tidak menimbulkan ancaman, sekitar 10 pria dan anak laki-laki berusia 16 tahun, terutama dari desa Na'na'a dan al- Raseef, disiksa oleh sekelompok laki-laki mengenakan seragam polisi federal, Amnesty International melaporkan.

Amnesty mengatakan bahwa, tanpa pertanggung jawaban, dugaan pelanggaran bersiko terjadi berulang kali di kota-kota dan desa-desa lainnya ketika ofensif Mosul ofensif masih terus berlanjut. (st/MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X