Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.528 views

Rusia-Turki Umumkan Gencatan Senjata di Suriah Berlaku Mulai Besok, Kesampingkan JFS dan IS

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Kesepakatan tentang gencatan senjata di Suriah telah tercapai dan pembicaraan damai akan mulai, Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim pada hari Kamis (29/12/2016).

"Perjanjian yang kita telah capai ini sangat rapuh, seperti yang kita semua mengerti. [Hal ini membutuhkan] perhatian khusus dan kesabaran, sikap profesional, dan kontak yang konstan dengan mitra kami, "kantor penyiaran milik negara Russia Today (RT) mengutip Putin mengatakan pada pertemuan dengan menteri luar negeri dan pertahanan Rusia.

Perjanjian, yang diumumkan pertama kali oleh Turki, diperinci dalam tiga dokumen, kata Putin.

"Yang pertama ditandatangani oleh 'pemerintah Suriah dan oposisi Suriah untuk menghentikan permusuhan di wilayah Republik Arab Suriah. Yang kedua adalah serangkaian langkah-langkah untuk mengendalikan gencatan senjata. Dokumen ketiga adalah deklarasi niat untuk penyelesaian Suriah, "kata presiden Rusia.

Untuk bagiannya, Kementerian Luar Negeri Turki mengumumkan bahwa gencatan senjata secara nasional telah tercapai dan dijadwalkan mulai Jumat 30 Desember pada 12 tengah malam, menurut kantor Anadolu.

Kementerian itu mengklaim rezim Assad dan oposisi keduanya sepakat bahwa organisasi jihad yang diakui oleh Dewan Keamanan PBB sebagai kelompok teroris, Jabhat Fateh Al-Sham dan Islamic State (IS) dikecualikan dari kesepakatan.

Turki dan Rusia akan bertindak sebagai negara penjamin mendukung kesepakatan gencatan senjata, tambah kementerian itu.

Kesepakatan gencatan senjata dikatakan disetujui oleh tujuh kelompok utama pejuang oposisi 'yang mengklaim memiliki lebih dari 60.000 pejuang dalam barisan mereka, Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu mengatakan, menambahkan bahwa jika kesepakatan berjalan, itu akan memungkinkan Rusia untuk menurunkan kehadiran militernya di Suriah.

Sebelumnya, seorang pejabat kelompok pejuang Ahrar Al-Sham mengatakan bahwa rintangan masih ada untuk setiap kesepakatan damai.

Labib Nahhas, kepala hubungan luar negeri untuk kelompok kuat Ahrar al-Sham kuat, menegaskan kepada AFP bahwa faksi itu "menyadari diskusi yang sedang berlangsung antara Rusia dan Turki tentang gencatan senjata nasional".

Tapi dia menegaskan bahwa faksi oposisi belum disajikan dengan usulan resmi dan mengatakan masih ada hambatan untuk kesepakatan.

"Rusia ingin mengecualikan Timur Ghouta dari gencatan senjata, itu tidak dapat diterima," katanya, merujuk ke daerah yang dikuasai oposisi di luar Damaskus.

Tentara Suriah dan sekutunya telah berusaha keras untuk maju di Timur Ghouta dalam beberapa bulan terakhir untuk mengamankan daerah sekitar ibukota. Mereka berusaha mati-matian untuk merebut kota yang tengah dikepung ketat rezim Assad itu menyusul keuntungan terbaru pemerintah setelah merebut kembali Aleppo dari pejuang opososo.

Kesepakatan ini untuk kesekian kalinya pula, mengecualikan Jabhat Fateh Al-Sham (sebelumnya merupakan afiliasi Al-Qaidah di Suriah bernama Jabhat Al-Nusrah) dan Islamic State (IS) dalam perjanjian damai.

Bagaimanapun, meski kesepakatan tersebut hanya mengecualikan para "teroris" namun dilapangan tidak ada perbedaan saat pasukan teroris Assad dan sekutnya termasuk Rusia melakukan serangan dimana mereka tetap menargetkan seluruh kelompok pejuang oposisi yang memerangi pemerintah sebagaimana yang terjadi dalam gencatan-gencatan senjata sebelumnya. (st/Orient)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X