Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.994 views

Malaysia Ancam Keluarkan Surat Penangkapan Diplomat Korut yang Diduga Terkait Pembunuhan Jong Nam

KUALA LUMPUR, MALAYSIA (voa-islam.com) - Pemerintah Malaysia, pada hari Sabtu (25/2/2017) mengatakan mereka akan mngeluarkan surat perintah penangkapan bagi seorang diplomat Korea Utara untuk diperiksa atas pembunuhan Kim Jong-nam.

Surat penangkapan itu akan dikeluarkan jika diplomat Korut tersebut tidak secara sukerala bekerja sama dengan polisi.

Awal pekan ini, Malaysia mengatakan Hyon Kwang Song, 44 tahun, seorang sekretaris kedua di kedutaan Korea Utara di Kuala Lumpur, dicari untuk ditanyai atas kematian saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

"Waktu yang layak akan diberikan untuk diplomat itu untuk datang sebelum polisi mengambil tindakan lebih lanjut," kata Abdul Samah Mat, kepala polisi untuk negara bagian Selangor.

Samah mengatakan jika orang yang bersangkutan tidak bekerja sama, polisi akan mengeluarkan pemberitahuan berdasarkan hukum Malaysia, "memaksa" mereka untuk hadir di hadapan tim investigasi.

"Dan jika ia gagal muncul setelah diberikan pemberitahuan ini, maka kita akan pergi ke langkah berikutnya dengan mendapatkan surat perintah penangkapan dari pengadilan," katanya kepada wartawan.

Tidak jelas apakah pejabat kedutaan tersebut dapat ditahan sejak polisi mengumumkan hal itu mengingat ia memiliki kekebalan diplomatik.

Delapan warga Korea Utara dicari sehubungan dengan kasus tewasnya Kim Jong Nam, termasuk seorang diplomat. Satu orang telah ditahan oleh polisi Malaysia, empat diyakini telah melarikan diri ke Korea Utara, sementara dua masih di Malaysia.

""Polisi mencoba untuk menemukan delapan tersangka, selain tersangka warga Korut lainnya Ri Ji-u, yang keberadaanya tidak diketahui", Samah mengatakan pada hari Sabtu.

Kim Jong Nam dibunuh pada 13 Februari di bandara internasional Kuala Lumpur dengan agen saraf VX, bahan kimia yang diklasifikasikan oleh PBB sebagai senjata pemusnah massal, kata polisi Malaysia, Jumat.

Dua wanita - satu Indonesia dan satu Vietnam - juga telah ditahan. Polisi mengatakan pada hari Jum'at bahwa salah satu dari mereka telah menderita dari efek VX dan telah muntah-muntah.

Para pejabat kedutaan Indonesia bertemu dengan tersangka Siti Aisyah pada hari Sabtu dan mengatakan bahwa ia telah dibayar 400 ringgit Malaysia ($ 90,15) untuk berpartisipasi dalam apa yang ia percaya adalah sebuah aksi lelucon.

"Dia hanya mengatakan secara umum bahwa seseorang memintanya untuk melakukan kegiatan ini ... Dia bilang dia diberi sejenis minyak, seperti minyak bayi," kata Wakil Duta Besar Indonesia Andreano Erwin kepada wartawan setelah menemui Aishah, menambahkan bahwa belum ada dakwaan yang telah dibawa terhadap dirinya.

pejabat Vietnam juga bertemu dengan negara mereka yang menjadi tersangka tetapi menolak berkomentar.

Rekaman yang dirilis awal pekan ini oleh kantor penyiaran Jepang Fuji TV menunjukkan dua perempuan menyergap korban saat ia siap akan check-in pesawat ke wilayah China Makau.

Mereka terlihat meraih wajahnya dan kemudian dengan cepat berjalan pergi ke arah yang berbeda. Klip selanjutnya menunjukkan korban meminta bantuan medis ke petugas bandara.

Polisi Malaysia mengatakan kedua wanita tersebut telah berlatih penyergapan sebelum melaksanakannya dan telah diperintahkan untuk mencuci tangan mereka setelah itu.

Samah juga menegaskan bahwa pihak berwenang menggerebek sebuah apartemen di pinggiran kelas atas Kuala Lumpur awal pekan ini sehubungan dengan pembunuhan itu.

Para penyelidik masih mencari jejak bahan kimia di apartemen, ia menambahkan.

Pihak berwenang juga menyisir lokasi yang tersangka mungkin telah kunjungi untuk bahan kimia, kata Samah. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X