Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.975 views

Madagaskar Serahkan Sekolah-sekolah Terkait Feto ke Turki

MADAGASKAR (voa-islma.com) - Yayasan pendidikan luar negeri Turki telah menandatangani sebuah nota kesepahaman (MoU) mengenai pengambilalihan tiga sekolah yang berafiliasi dengan Organisasi Teroris Fetullah (Feto) di Madagaskar, seorang pejabat mengatakan kepada Anadolu Agency pada hari Rabu (8/3/2017).

Hasan Yavuz, wakil presiden Maarif (Pendidikan) Foundation Turki, mengatakan nota kesepahaman itu ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Madagaskar Paul Andrianaina Rabary dan Duta Besar Turki untuk Madagaskar Volkan Turk Vural untuk mentransfer semua sekolah terkait Feto di pulau Afrika tenggara itu, untuk organisasi non-pemerintah.

Kegiatan pendidikan di tiga sekolah akan dijalankan oleh Maarif Foundation mulai September, menurut Yavuz.

Dia mengatakan proses menangani sekolah Feto dimulai dengan kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ke negara kepulauan itu awal tahun ini dan sekolah lain juga dijadwalkan untuk membuka di kota pantai barat Mahajanga oleh yayasan.

Turki dan Madagaskar menandatangani empat kesepakatan diplomasi, ekonomi dan bantuan sebagai bagian dari kunjungan Erdogan pada bulan Januari, menandai pertama kalinya Presiden Turki yang pernah mengunjungi pulau tenggara tersebut.

The Maarif Foundation didirikan setelah upaya kudeta  Juli 2016 untuk mengambil alih administrasi dari sekolah-sekolah di luar negeri yang terkait dengan Feto, yang berada di balik kudeta gagal yang menyebabkan 249 orang tewas dan 2.193 terluka.

Lembaga itu juga menetapkan sekolah-sekolah dan pusat-pusat pendidikan di luar negeri.

Banyak negara Afrika termasuk Senegal, Mauritania, Chad, Gabon, Burkina Faso, Sao Tome, Guinea, Niger dan Somalia telah menandatangani perjanjian mengenai penyerahan sekolah terkait Feto, menurut Maarif Foundation. Sejauh ini, 18 sekolah, 12 bangunan dan 10 asrama di Afrika diserahkan ke Turki.

Somalia adalah negara pertama yang menangguhkan sekolah terkait Feto di Afrika pada 16 Juli, hanya satu hari setelah kudeta berdarah kelompok teroris dikalahkan di Turki.

Sebagaimana Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu nyatakan pada bulan Januari, lebih dari 80 organisasi Feto beroperasi di luar negeri, termasuk sekolah dan pusat-pusat pelatihan, telah ditutup atau dialihkan ke pemerintah Turki.

Feto dan pemimpinnya Fetullah Gulen dituduh oleh pemerintah Turki berada di balik upaya kudeta dan kampanye berjalan lama untuk menggulingkan negara melalui infiltrasi lembaga-lembaga Turki, khususnya militer, polisi, dan pengadilan, membentuk apa yang dikenal sebagai "negara saingan." (st/aa)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X