Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.672 views

Pemberontak Syi'ah Houtsi Tutup Koran Pro-Ali Abdullah Saleh

SANA'A, YAMAN (voa-islam.com) - Pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman telah melarang sebuah surat kabar yang dimiliki oleh partai politik mantan Presiden Ali Abdullah Saleh di Sana'a yang merupakan sekutu mereka namun saat ini tengah bersitegang, kata laporan lokal pada hari Selasa (16/5/2017).

Pemberontak kaki tangan Syi'ah Iran menutup koran al-Mithaq, sebuah penerbitan yang dijalankan oleh Kongres Rakyat Umum (GPC) di ibukota, kata pemimpin redaksi Mohammed Anam.

Anam meminta wartawan Yaman dan Arab, serta Federasi Jurnalis Arab dan Federasi Wartawan Internasional untuk mendukung penerbitan tersebut dimana para wartawannya diduga menjadi subjek intimidasi dan penuntutan.

Koran tersebut dilarang setelah mencapai "pengadilan," katanya, yang "bertujuan untuk menggagalkan kebebasan berbicara dengan alasan palsu dan membungkam suara Kongres Rakyat Umum."

Presiden yang digulingkan tersebut telah menjadi sekutu utama kelompok pemberontak Syi'ah sejak mereka merebut ibukota Sana'a pada bulan September 2014, dan telah dikutip mengatakan bahwa dia "berperang dalam satu parit di samping Huthi."

Namun, ketegangan antara keduanya meningkat dalam beberapa pekan terakhir ketika konflik di Yaman melampaui lebih dari dua tahun dan menyebabkan lebih dari 10.000 orang tewas.

Pekan lalu, Saleh tampaknya berbalik melawan sekutunya Syi'ah Houtsi, memberi medianya lampu hijau untuk "mengekspos" pemberontak dan mengatakan bahwa dia bersedia untuk bernegosiasi dengan saingannya Arab Saudi.

Saleh, yang selamat dari percobaan pembunuhan pada 2011, mundur sebagai presiden pada Februari 2012 menyusul tekanan publik yang besar, namun dia tetap merupakan tokoh yang sangat berpengaruh di Yaman.

"Kami tidak punya pilihan selain dialog," kata Saleh pada sebuah pertemuan partai Kongres Rakyat Rakyat di ibukota Yaman, Sana'a, pekan lalu.

"Kami siap untuk pergi ke Riyadh, Khamis Mushit, Muscat atau tempat lain untuk memulai dialog dan untuk mencapai kesepakatan," kata Saleh, merujuk pada kota-kota di Arab Saudi dan Oman.

Pemberontak Syi'ah Houtsi, yang telah lama melakukan pelanggaran hak asasi manusia, saat ini mengendalikan ibukota Yaman, wilayah utara yang berbatasan dengan Arab Saudi, dan serangkaian pelabuhan utama di sepanjang pantai Laut Merah.

"Saleh, dalam sebuah pertemuan dengan sejumlah anggota Kongres Rakyat Umum, mengancam akan menjual Houtsi ke koalisi [Arab] jika mereka tidak tunduk pada tuntutannya," kantor berita resmi Arab Saudi mengatakan pada hari Rabu (17/5/2017).

Sejak pengambilalihan ibukota oleh Houtsi, kelompok pemberontak Syi'ah itu, yang didukung oleh pasukan Saleh, telah menutup semua saluran satelit, surat kabar dan situs web yang dianggap tidak sejalan mereka, mendorong beberapa orang untuk mulai menyiarkan ke luar negeri.

Selain itu mereka juga telah menculik, membunuh atau memenjarakan puluhan wartawan  saat meliput konflik mematikan tersebut. (st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X