Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.373 views

Ketegangan yang Meningkat Buat 5 Negara Arab ini Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Qatar

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Yaman pada Senin (5/6/2017) memutuskan hubungan dengan Qatar, dalam keretekan terburuk dalam bertahun-tahun di antara beberapa negara besar di dunia Arab tersebut.

Arab Saudi dan Bahrain adalah negara pertama yang memutuskan semua hubungan diplomatik dengan Qatar, dengan alasan keamanan nasional.

Dalam sebuah pernyataan Kementerian Luar Negeri, Arab Saudi menuduh Doha melindungi dan mendukung kelompok teroris, mempromosikan kelompok teroris di media, dan mendukung milisi Syi'ah Houtsi di Yaman.

Pihak berwenang Saudi pada hari Senin menutup kantor berita regional jarigan televisi satelit Al-Jazeera yang bermarkas di Doha di tengah perselisihan diplomatik antara Qatar dan beberapa negara Arab lainnya.

"Kementerian Kebudayaan dan Informasi telah menutup kantor berita Al Jazeera di Kerajaan Arab Saudi dan menarik lisensi [penyiaran] -nya," lapor kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA).

SPA mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil setelah jaringan tersebut diduga "mempromosikan kelompok teroris, mendukung milisi Syi'ah Houtsi di Yaman dan mencoba untuk mematahkan barisan internal Saudi dengan menghasut mereka untuk meninggalkan negara tersebut dan membahayakan kedaulatan Kerajaan Arab Saudi" .

Sementara itu Mesir juga menyalahkan pemerintah Qatar atas "sikap bermusuhan," melindungi Ikhwanul Muslimin di tanahnya, dan mendukung kelompok-kelompok teror yang mengancam keamanan nasional negara tersebut.

Kementerian Luar Negeri Bahrain menuduh pemerintah Qatar mengacaukan keamanan dan stabilitas negara tersebut dan mencampuri urusannya.

Qatar telah "menyebarkan kekacauan di Bahrain dalam pelanggaran mencolok terhadap semua kesepakatan dan perjanjian dan prinsip-prinsip hukum internasional tanpa memperhatikan nilai-nilai, hukum, atau moral atau pertimbangan prinsip-prinsip kedekatan atau komitmen baik terhadap konstanta hubungan di Teluk, dan dalam penyangkalan Dari semua komitmen sebelumnya," katanya.

Bahrain memanggil para diplomatnya dari Qatar dan memberi waktu kepada semua warga Qatar selama 14 hari untuk meninggalkan wilayah Bahrain.

UEA juga memberi tenggat 48 jam kepada Diplomat Qatar untuk meninggalkan negara tersebut, menuduh Doha "mendukung, mendanai, dan merangkul terorisme, ekstremisme dan organisasi sektarian".

Pemerintah Yaman juga memutuskan hubungan dengan Qatar, menuduhnya berurusan dengan pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman.

Klaim dan tuduhan tanpa dasar

Sebagai tanggapan, Qatar menyesalkan keputusan untuk memutuskan hubungan dengan Doha, mengatakan bahwa tindakan tersebut "tidak dapat dibenarkan" dan didasarkan pada "klaim dan tuduhan tanpa dasar".

"Qatar telah menjadi sasaran kampanye hasutan sistematis yang mempromosikan kebohongan langsung, yang mengindikasikan bahwa sebelumnya ada niat untuk menyakiti negara (ini)," kata sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kementerian luar negeri Qatar.

Doha menegaskan kembali pengabdiannya kepada Dewan Kerjasama Teluk dan mengatakan bahwa pihaknya menghormati kedaulatan semua negara anggota lainnya dan tidak mencampuri urusan dalam negeri mereka, sabagaimana yang telah diduga.

"Qatar juga mendedikasikan kewajibannya dalam perang melawan terorisme dan ekstremisme. Jelas bahwa kampanye media melawan Qatar telah gagal, terutama di negara-negara Teluk, yang menjelaskan eskalasi ini," katanya, menambahkan, "pembuatan" sebuah Krisis media yang digunakan untuk meningkatkan tekanan terhadap mereka adalah bukti bahwa tidak ada "penyebab yang sah untuk mengambil keputusan untuk memutuskan hubungan".

"Tujuannya jelas, memaksakan perwalian atas negara kita yang merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap kedaulatan kita, yang sama sekali tidak dapat diterima. Pernyataan yang dikeluarkan oleh tiga negara GCC memperjelas bahwa kampanye media yang tidak ada habisnya melawan Qatar telah direncanakan sebelumnya."

Situs resmi Qatar "diretas"

Krisis terbaru antara Negara-negara Teluk Arab (GCC) tersebut dimulai pada 23 Mei ketika situs resmi Qatar News Agency (QNA) dilaporkan diretas oleh kelompok yang tidak dikenal yang diduga mengirimkan ucapan salah - yang dikaitkan dengan Emir Qatar Tamim bin Hamad al-Thani - tentang kebijakan luar negeri AS dan Iran.

Pada hari yang sama, akun Twitter menteri luar negeri Qatar menampilkan sebuah pernyataan yang mendesak para duta besar Arab Saudi, Mesir, Kuwait, Bahrain dan Uni Emirat Arab (UAE) untuk meninggalkan Qatar dalam waktu 24 jam.

Meskipun sang menteri dengan cepat mengatakan bahwa tweet ofensif tersebut - sebagaimana laporan yang diposting di situs web QNA - merupakan pekerjaan para hacker, ketegangan segera meningkat antara Riyadh dan Doha, dengan media Saudi mempertanyakan kisah "hacker" Qatar.

Dengan cepat menjadi perceksokan diplomatik penuh, krisis tersebut akhirnya mengarah ke situs QNA, Qatar State Television dan kantor berita Qatar Al Jazeera untuk dilarang di Arab Saudi dan UEA.

Mesir dan Bahrain juga memblokir akses ke Al Jazeera, bersama dengan media Qatar lainnya.

Al Jazeera sejauh ini menahan diri untuk berkomentar, hanya mengatakan: "Kami meninjau berita tentang saluran dan platform digital kami yang diblokir di beberapa negara di kawasan ini."

Eskalasi ini cenderung memiliki konsekuensi yang luas, tidak hanya untuk Qatar dan warganya namun juga di sekitar Timur Tengah dan untuk kepentingan Barat. (st/AA, TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X