Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.014 views

Raja Salman Pecat Putra Mahkota Bin Nayef, Tunjuk Anaknya Mohammed Sebagai Pewaris Tahta Kerajaan

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Raja Arab Saudi Salman telah menunjuk anak laki-lakinya yang berusia 31 tahun, Mohammed bin Salman sebagai putra mahkota, memecat calon penerus sebelumnya yang merupakan pemimpin kontraterorisme negara itu dan seorang tokoh yang terkenal di Washington dari garis pewaris tahta kerajaan.

Raja Salman dari Arab Saudi telah mencopot Pangeran Mohammed bin Nayef dari gelar sebagai Putra Mahkota dan pewaris takhta dan menggantikannya dengan anak laki-laki Salman yang berusia 31 tahun, Mohammed bin Salman.

Mohammed bin Nayef juga telah digulingkan dari perannya sebagai Menteri Dalam Negeri, dan digantikan oleh Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Nayef yang berusia 34 tahun.

Mohamed Bin Salman akan mempertahankan jabatannya sebagai menteri pertahanan, sementara juga menjadi wakil perdana menteri, dalam sebuah langkah yang dipandang sebagai kekuatan konsolidasi di kerajaan tersebut menyusul sejumlah perluasan tanggung jawab termasuk mengambil alih reformasi ekonomi Saudi.

Mohammed Bin Salman juga mengawasi langkah-langkah penghematan ekonomi yang akan mencakup aksi jual besar saham di Saudi Aramco, produsen minyak terbesar di dunia.

Dia juga bekerja untuk memposisikan reputasinya sebagai seorang pembaharu, mendirikan jaringan hiburan di negara itu. Namun, penuntutannya terhadap sebuah perang di Yaman, sebagai menteri pertahanan termuda di dunia dengan sedikit pengalaman militer, telah menyebabkan ribuan kematian dan ribuan lainnya mengungsi - dan dikatakan untuk selanjutnya memperkuat perpecahan di dalam pengadilan kerajaan Saudi atas pilihan penerus Raja Salman, yang sekarang berusia 81.

Mantan saingan Mohammed Bin Salman, Mohammed Bin Nayef, yang ditunjuk sebagai putra mahkota pada tahun 2015 setelah Raja Salman memecat saudara tirinya dari garis suksesi, dilaporkan telah secara resmi berjanji setia kepada ahli waris baru raja.

Media Saudi mengatakan bahwa Raja Salman telah menyerukan publik untuk menyatakan sumpah setia kepada putra mahkota Saudi yang baru di ibukota Makkah pada Rabu (21/6/2017) malam.

Penunjukkan Mohammed Bin Salman sebagai putra mahkota dilaporkan juga telah disetujui oleh 31 dari 34 anggota komite suksesi kerajaan Arab saudi.

Pangeran Mohammed Bin Salman sedikit dikenal baik di dalam maupun di luar negeri sebelum Salman menjadi raja pada Januari 2015.

Namun, Raja Salman telah meningkatkan kekuatan Mohammed secara signifikan, dengan pengamat menggambarkan sang pangeran sebagai kekuatan sebenarnya di balik takhta ayahnya.

Perebutan kekuasaan di Istana Al-Saud

Sudah lama ada spekulasi bahwa kekuatan Mohammed Bin Salman untuk berkuasa di bawah pemerintahan ayahnya mungkin juga mempercepat kenaikannya ke takhta.

Bagaimanapun, saat penunjukannya, yang terjadi di tengah krisis diplomatik Teluk terbesar dalam beberapa tahun, pastinya akan menimbulkan tanda tanya.

Pada hari Rabu, seorang aktivis online Saudi yang terkenal, yang dikenal di Twitter sebagai @mujtahidd, meramalkan bahwa Raja Salman akan meninggalkan kekuasaan demi anaknya.

Perebutan kekuasaan di dalam Istana Al-Saud terungkap awal tahun ini ketika sang raja Saudi mulai merombak pemerintah dan menawarkan posisi berpengaruh kepada sejumlah anggota keluarga.

Dalam dua dekrit kerajaan pada bulan April, raja Saudi menunjuk dua anak laki-lakinya yang lain, Pangeran Abdulaziz bin Salman dan Pangeran Khaled bin Salman, sebagai menteri negara urusan energi dan duta besar untuk Amerika Serikat.

Mohammed bin Salman, menurut para analis, tampaknya telah mengatur krisis diplomatik Teluk Persia, yang telah melihat blok negara-negara yang dipimpin oleh Saudi memutus hubungan dengan Qatar dan melakukan pengepungan ekonomi atas negara tersebut.

Ledakan diplomatik tersebut terjadi beberapa hari setelah pertemuan puncak di Riyadh yang dihadiri oleh Presiden AS Donald Trump, pendukung setia penguasa Saudi dan, khususnya, Mohammed bin Salman. (st/TNA,ptv)

Foto: dari kiri ke kanan--mantan putera mahkota Mohammed Bin Nayef, Raja Salman dan putera mahkota Mohammed Bin Salman.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X