Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.685 views

Dahulu Musuh, Kini Militer Filipina dan MILF Saling Bahu Membahu Untuk Perangi Afiliasi IS

DATU SALIBO, FILIPINA (voa-islam.com) - Militer Filipina mengatakan telah bekerja sama Front Pembebasan Islam Moro (MILF), mantan musuh lama mereka yang berada di balik pemberontakan Muslim yang telah berlangsung puluhan tahun, saat keduanya berusaha mengusir kelompok pejuang bekas anggota MILF yang memisahkan diri dan berjanji setia kepada Islamic State (IS).

Ketika peluru artileri dan roket menghujani sasaran di dekatnya, tentara pemerintah terlihat berbaur dengan bebas dengan beberapa ratus pejuang Front Pembebasan Islam Moro yang telah bergabung dalam serangan terhadap orang-orang bersenjata di pulau selatan Mindanao yang bergolak.

Operasi gabungan tersebut merupakan taktik terbaru oleh pemerintah Filipina untuk mencoba memberantas pejuang pro-IS, setelah berbulan-bulan berjuang melawan faksi pejuang IS lain yang telah mengepung kota Marawi, sekitar 100 kilometer ke utara.

Mayor Jenderal Arnel dela Vega mengatakan bahwa kelompok afiliasi IS telah mengambil kesempatan untuk "membangun kekuatan mereka" saat tentara pemerintah terlibat dalam konflik Marawi.

Aliansi dengan MILF termasuk "memberi mereka dukungan tembakan tidak langsung dan bahkan dukungan udara dan keahlian lainnya," katanya kepada AFP, menambahkan bahwa kecanggungan pertempuran di samping mantan musuh lama telah menghilang.

Sebuah perjuangan pemisahan diri oleh MILF yang berkekuatan 12.000 prajurit telah menewaskan lebih dari 100.000 orang, menurut perkiraan pemerintah.

Kelompok tersebut menandatangani sebuah perjanjian damai pada tahun 2014 namun tidak akan melucuti senjata sebelum pemerintah mengeluarkan sebuah undang-undang yang mengatur pemberian otonomi ke wilayah-wilayah Muslim di negara yang mayoritas beragama Katolik.

Tapi faksi-faksi kecil terus berjuang, karena frustrasi yang meningkat atas undang-undang tersebut, yang telah terhenti di Kongres.

Militer memberi data intelijen kepada MILF dalam perang melawan sekitar 60 pejuang IS yang dipimpin oleh Esmael Abdulmalik alias Abu Turaifi, seorang mantan pemimpin MILF, menurut dela Vega.

Namun dia mengatakan bahwa unit pasukan pemerintah tidak akan bergabung dengan kelompok tempur MILF karena mereka memiliki "taktik operasional dan prosedur yang berbeda" dalam konflik tersebut, yang dimulai pada awal Agustus di atas lahan rawa liar sekitar 800 kilometer selatan Manila.

"Pada umumnya hasilnya sangat menguntungkan kita," kata dela Vega. Seorang wartawan televisi yang bekerja untuk AFP melihat dua helikopter militer menembaki posisi para pejuang IS, sementara sebuah van polisi mengumpulkan anggota MILF tewas dan terluka di dekat kota pertanian Datu Salibo pada hari Selasa (5/5).

Dela Vega mengatakan bahwa kesepakatan tersebut adalah situasi yang menguntungkan kedua belah pihak yang baik untuk pemerintah maupun MILF.

Mohagher Iqbal, seorang pemimpin senior MILF, mengatakan para pejuang yang dipimpin oleh Abu Turaifi ingin mencuri senjata gerilyawan MILF dan memiliki tujuan yang sama dengan faksi pejuang pro-IS yang berusaha mengukir wilayah di Marawi.

Pertarungan Marawi telah menyebabkan hampir seribu orang tewas, namun beberapa belasan orang bersenjata terus bertahan dari serangan darat dan udara selama beberapa bulan dan masih menahan para sandera. (st/nst) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X