Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.448 views

Menhan Filipina Klaim Pertempuran Merebut Marawi dari Afiliasi Islamic State Hampir Berakhir

MANILA, FILIPINA (voa-islam.com) - Pertempuran untuk merebut kembali kota Marawi semakin dekat untuk berakhir setelah berbulan-bulan pertempuran sengit antara pasukan pemerintah dan kelompok Maute yang diilhami Islamic State (IS), klaim kepala pertahanan Filipina.

Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana mengklaim militer mendekati pejuang Maute dan hampir membasmi mereka dari satu-satunya kota Islam di negara tersebut.

Para pejuang tersebut sekarang terkepung dalam wilayah geografis kecil, klaimnya.

"Itulah mengapa saya diberitahu oleh komandan lapangan kita bahwa (pertempuran untuk merebut kembali) Marawi sudah hampir berakhir," kata Lorenzana.

Militer Filipina tidak menetapkan tenggat waktu untuk mengakhiri pertarungan, namun demikian yakin bahwa pasukan pemerintah "melakukan yang terbaik" dan "hanya sedikit kesabaran" diperlukan.

Presiden Rodrigo Duterte sebelumnya mengatakan bahwa konflik Marawi telah berlarut karena dia menentang sebuah rencana untuk membom masjid yang ditempati oleh musuh.

Duterte mengulangi hal ini pada hari Jum'at.  "Dengar, jika Anda seorang presiden, Anda punya banyak hal untuk dipertimbangkan. Salah satunya adalah bahwa peperangan Marawi adalah perang melawan sekelompok orang, teroris; ini adalah (Daesh) dan Mautes. Ini tidak pernah menjadi isu agama," tegas Duterte.

"Jika bom anda sengaja untuk membunuh, untuk memaksa penyerahan diri, Anda pasti telah menyakiti semua Muslim. Sekarang ingat, ada lebih dari 2 juta orang Filipina yang bekerja di Timur Tengah, kebanyakan dari mereka (di) negara-negara Muslim. Anda mengerti maksud saya? "Tambahnya.

"(Jika kita mengebom dan menghancurkan masjid) kita tidak akan memulihkan ini, cinta (dari orang-orang Muslim) ... Jadi saya mengatakan mencari opsi lain," lanjut Duterte, menambahkan bahwa dia menyuruh pasukan untuk merangkak ke depan.

Presiden meminta pasukan untuk tetap tenang dan tidak tersinggung, menambahkan: "Siapa yang tidak ingin konflik ini berakhir? Tapi ada gambaran yang lebih besar dipertaruhkan di sini. "

Ketika ditanya apakah pemerintah membutuhkan bantuan dari luar - terutama badan intelijen Malaysia dan Indonesia dan peralatan dari AS, Australia, dan Jepang - presiden mengatakan "ini dapat membantu."

Dengan konflik Marawi hampir berakhir, Lorenzana mengatakan pembangunan kawasan hunian sementara telah dimulai pada 8 September.

Satuan tugas rehabilitasi Marawi juga bertemu pada 13 September untuk membahas penyediaan air di tempat penampungan.

Lorenzana mengatakan bahwa lebih dari $ 1 miliar diharuskan membangun kembali Kota Islam yang dilanda perang tersebut.

Tim penilai pasca konflik pergi ke Marawi minggu lalu, mengunjungi daerah yang sudah dibersihkan oleh militer.

Bantuan asing untuk upaya bantuan dan rehabilitasi di Marawi terus berlanjut, termasuk dana dari Australia, Amerika Serikat, Jepang, Thailand, China dan Uni Eropa.

Krisis Marawi pecah pada 23 Mei setelah usaha yang gagal untuk menangkap Isnilon Hapilon, pemimpin kelompok Abu Sayyaf yang berafiliasi dengan Islamic State (IS).

Menurut klaim militer konflik bersenjata di Mawarwi sejauh ini mengakibatkan kematian 670 pejuang Maute, sementara dari pihak pemerintah mereka mengaku hanya kehilangan 147 personil sementara dari warga sipil 47. (st/AN) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X