Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.722 views

MSF: Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh di Ambang 'Bencana Kesehatan'

COX'S BAZAAR, BANGLADESH (voa-islam.com) - Kamp pengungsi Bangladesh berada di ambang "bencana kesehatan masyarakat," Dokter Tanpa Perbatasan (MSF) telah memperingatkan, mengatakan air kotor dan tinja mengalir melalui gubuk-gubuk yang penuh sesak dengan Muslim Rohingya yang telah melarikan diri dari kekerasan di Myanmar.

Hampir 430.000 Rohingya telah memenuhi Cox's Bazar di Bangladesh dalam waktu kurang dari sebulan, mencari perlindungan dari tindakan keras yang dipimpin tentara di seberang perbatasan di negara bagian Rakhine, Myanmar, yang oleh PBB digambarkan sebagai "pembersihan etnis".

Wajah letih dan terluka telah mengejutkan dunia dengan cerita tentang tentara Myanmar dan massa Budha yang mengusir mereka dari rumah-rumah mereka dengan tembakan senjata dan serangan pembakaran yang telah menghancurkan seluruh desa menjadi abu.

Sementara Bangladesh telah menawarkan perlindungan dari teror militer dan eksteimis Budha Myanmar, ada kekurangan mengerikan dari hampir semua bentuk bantuan di tempat yang telah menjadi salah satu pemukiman pengungsi terbesar di dunia dalam hitungan minggu.

PBB pada hari Jum'at (22/9/2017) mengatakan akan membutuhkan dana sebesar $ 200 juta selama enam bulan ke depan untuk menghadapi masuknya "bencana" tersebut.

MSF pada hari Kamis memperingatkan bahwa "bantuan kemanusiaan skala besar dibutuhkan di Bangladesh untuk menghindari bencana kesehatan masyarakat".

"Kami menerima orang dewasa setiap hari di puncak kematian akibat dehidrasi," kata Kate White, koordinator medis darurat kelompok tersebut.

"Itu sangat langka di kalangan orang dewasa, dan memberi sinyal bahwa keadaan darurat kesehatan masyarakat bisa terjadi di sekitar sini."

Tidak ada jalan resmi ke permukiman kumuh yang bermunculan di luar kamp-kamp resmi, yang mempersulit pengiriman bantuan ke daerah perbukitan yang licin dan berlumpur.

"Tidak ada jamban lengkap," tambah White. "Saat Anda melewati tempat permukiman, Anda harus mengarungi air kotor dan kotoran manusia."

Dengan distribusi makanan yang kacau dan tidak merata, banyak orang Rohingya hanya makan nasi putih satu kali per hari, tambahnya.

Pasukan Bangladesh dikerahkan minggu ini untuk membangun lebih banyak toilet dan tempat penampungan bagi ribuan orang yang masih tidur di tempat terbuka meski hujan turun secara reguler di musin penghujan.

Pada hari Jum'at Badan Pengungsi PBB mengatakan bahwa pihaknya mempercepat penyebaran lembaran plastik untuk memberikan perlindungan dasar dari elemen-elemen tersebut saat pihak berwenang bekerja untuk mendirikan tempat penampungan baru seluas 2.000 hektar.

Kamp-kamp tersebut "meledak dalam jahitannya dan tentu saja, ada risiko penyakit, oleh karena itu perpanjangannya sangat penting," kata juru bicara UNHCR Andrej Mahecic.

Potensi wabah penyakit menular adalah "sangat tinggi", menurut MSF, dengan alasan peningkatan populasi yang cepat dan cakupan vaksinasi yang rendah di antara orang Rohingya, yang tinggal dalam kondisi kekurangan di Myanmar.

"Satu peristiwa kecil dapat menyebabkan wabah yang mungkin merupakan titik kritis antara krisis dan malapetaka," kata koordinator darurat MSF Robert Onus.

Keadaan darurat kemanusiaan telah menekan tekanan global terhadap pemerintah Myanmar untuk menghentikan operasi militer di negara bagian Rakhine, yang dulunya merupakan rumah bagi 1,1 juta penduduk Rohingya.

Kaum minoritas tanpa kewarganegaraan itu telah mendekam di bawah diskriminasi bertahun-tahun di negara mayoritas Budha tersebut, di mana mereka ditolak kewarganegaraan dan berjuang untuk mengakses layanan kesehatan dan layanan dasar lainnya.

Tentara Myanmar telah mempertahankan operasinya militernya tanpa pandang bulu, mengklaim itu sebagai respon terhadap pejuang Rohingya yang menyerang pos-pos polisi dan perbatasan pada 25 Agustus.

Namun, kesaksian dari para pengungsi menceritakan sebuah cerita yang berbeda, dengan sejumlah laporan yang menggambarkan serangan yang dipimpin tentara di rumah mereka menurut kesimpulan kelompok hak asasi manusia sebagai pembersihan minoritas secara sistematis. (st/TNA) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 30/04/2024 17:07

Ruh Islam