Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.473 views

Israel Puji Rencana Sekutu Sejati Mereka Guatemala untuk Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Para pejabat Israel pada hari Senin (25/12/2017) memuji presiden Guatemala Jimmy Morales karena memutuskan untuk memindahkan kedutaan negara Amerika Tengah miskin itu ke Yerusalem, sebuah langkah yang sejalan dengan kebijakan “tuannya” AS dalam sebuah perselisihan mengenai status kota tersebut.

Dalam sebuah postingan singkat di akun Facebook resminya pada hari Ahad, Morales mengatakan bahwa dia telah memutuskan untuk memindahkan kedutaan besar negara itu dari Tel Aviv setelah berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada 6 Desember, membalikkan beberapa dekade kebijakan AS dan membuat kemarahan dunia Arab dan sekutu-sekutu Barat.

Pada hari Kamis, 128 negara menentang Trump dengan mendukung resolusi Majelis Umum PBB yang tidak mengikat yang meminta Amerika Serikat untuk membatalkan pengakuannya atas Yerusalem.

"Saya mengucapkan selamat kepada teman saya (Morales) atas keputusannya yang berani untuk memindahkan kedutaan negaranya untuk Israel ke Yerusalem," Pembicara Parlemen Israel Yuli Edelstein menulis di Twitter. "Keputusan Anda membuktikan bahwa Anda dan negara Anda adalah teman sejati Israel."

Guatemala dan negara tetangga Honduras adalah dua dari hanya segelintir negara yang bergabung dengan Israel dan Amerika Serikat, yang telah berjanji untuk memindahkan kedutaannya ke Yerusalem, dalam memberikan suara menentang resolusi PBB.

Duta Besar Israel untuk Guatemala, Matty Cohen, mengatakan di Radio Angkatan Darat Israel bahwa tidak ada tanggal yang ditetapkan untuk tindakan kedutaan tersebut, "tapi itu akan terjadi setelah" Amerika Serikat memindahkan kedutaannya sendiri ke Yerusalem. Pejabat AS mengatakan bahwa langkah tersebut dapat memakan waktu setidaknya dua tahun.

Amerika Serikat merupakan sumber bantuan penting bagi Guatemala dan Honduras, dua negara miskin di Amerika Tengah, dan Trump telah mengancam akan memotong bantuan keuangan ke negara-negara yang mendukung resolusi PBB.

Menteri Kehakiman Israel Ayelet Shaked, menulis di Twitter, mengucapkan terima kasih kepada Morales atas apa yang dia gambarkan sebagai "keputusan beraninya". Dia mengatakan bahwa dia yakin negara lain akan mengikuti jejaknya.

Status Yerusalem adalah salah satu hambatan paling kuat dalam kesepakatan damai Israel-Palestina. Warga Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibukota sebuah negara yang ingin mereka bangun di Tepi Barat yang diduduki dan di Jalur Gaza.

Masyarakat internasional tidak mengakui kedaulatan Israel atas seluruh kota, yang merupakan tempat bagi suci umat Islam, Yahudi dan Kristen.

Sebelum tahun 1980, Guatemala - bersama Bolivia, Cile, Kolombia, Kosta Rika, Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Haiti, Belanda, Panama, Venezuela dan Uruguay - menempatkan kedutaan di Yerusalem.

Pada bulan Juni 1980 Israel mengeluarkan sebuah undang-undang yang menyatakan bahwa Yerusalem "ibukota tak terpisahkan dan abadi" menyebabkan sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB menyerukan kepada negara-negara tersebut untuk memindahkan kedutaan mereka ke Tel Aviv, yang mengakibatkan pemindahan mereka. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X