Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.911 views

Muslim Rohingya di Myanmar Terus Melarikan Diri ke Bangladesh Meski Ada Kesepakatan Repatriasi

DHAKA, BANGLADESH (voa-islam.com) - Pengungsi Rohingya terus melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh, bahkan setelah kedua negara mengatakan bahwa mereka akan mulai memulangkan kembali anggota kelompok etnis minoritas paling teraniaya di dunia itu pekan depan, seorang pejabat Bangladesh mengatakan pada hari Jum'at (19/1/2018).

Lebih dari 650.000 Muslim Rohingya tumpah ke Bangladesh setelah militer Myanmar melancarkan tindakan brutal terhadap mereka pada bulan Agustus.

Lebih dari 100 Rohingya telah memasuki Bangladesh dalam dua hari terakhir, menurut Mohammed Mikaruzzaman, seorang pejabat tinggi di sub-distrik Ukhiya di Bangladesh, tempat para pengungsi tinggal di kamp-kamp yang luas.

Mikaruzzaman tidak bisa mengatakan mengapa pengungsi terakhir melarikan diri, namun media Bangladesh mengatakan beberapa orang Rohingya dilaporkan dipaksa oleh militer Myanmar untuk bekerja tanpa bayaran dan makanan.

Associated Press tidak dapat memverifikasi sendiri tuduhan tersebut secara independen.

Myanmar dan Bangladesh menandatangani sebuah kesepakatan pada bulan November untuk memulangkan pengungsi Rohingya, dan para pejabat mengatakan awal pekan ini bahwa beberapa akan kembali ke Myanmar mulai Selasa depan. Prosesnya diperkirakan memakan waktu sekitar dua tahun.

Namun, tidak jelas apakah akan ada lebih dari sedikit repatriasi simbolis. Mikaruzzaman mengatakan bahwa sangat sedikit persiapan yang telah dilakukan.

"Saya telah mengunjungi beberapa titik perbatasan untuk melihat rute yang mungkin dilakukan pemulangan selama beberapa hari terakhir, namun kami belum menyelesaikan apapun," katanya, menyebutnya sebagai "tugas besar" untuk berkoordinasi di antara departemen pemerintah, badan internasional dan Muslim Rohingya.

Banyak Rohingya telah menyatakan kekhawatirannya untuk kembali ke Myanmar.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Kamis oleh hampir dua lusin organisasi Rohingya di seluruh dunia menuntut jaminan keamanan bagi para pengungsi dan harta benda mereka sebelum mereka kembali.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa "tidak ada perubahan sikap pemerintah Myanmar dan militernya terhadap Rohingya."

Berdasarkan kesepakatan November, Rohingya perlu memberikan bukti bahwa mereka tinggal di Myanmar untuk bisa kembali - sesuatu yang tidak dimiliki banyak orang.

Muslim Rohingya ditolak kewarganegaraannya di Myanmar, bersama dengan banyak hak dasar, meskipun banyak yang pernah tinggal di negara berpenduduk mayoritas Budha itu selama beberapa generasi. Mereka banyak dilihat sebagai imigran ilegal asal Bangladesh.

Di Myanmar, seorang pejabat tinggi berkeras bahwa pemulangan akan dimulai sesuai rencana, dengan dokumen untuk 1.100 pengungsi pertama sudah selesai di kedua negara.

"Pengungsi ini dapat dikirim pada 23 Januari karena mereka sudah diverifikasi untuk kembali," kata Win Myat Aye, menteri kesejahteraan sosial, bantuan dan pemukiman kembali.

Muslim Rohingya mulai melarikan diri ke Bangladesh ketika militer Myanmar melancarkan tindakan keras akhir Agustus lalu.

Tentara Myanmar menggambarkan tindakannya sebagai "operasi pembersihan" terhadap "teroris," namun Perserikatan Bangsa-Bangsa dan dunia menyebutnya sebagai "pembersihan etnis." (st/AP) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X