Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.863 views

Pejabat HRW: Otoritas Kurdi Tahan 15 Wanita Indonesia Terkait Islamic State Bersama Anak Mereka

PETALING JAYA, MALAYSIA (voa-islam.com) - Seorang pejabat dari sebuah LSM hak asasi manusia telah mengungkapkan bahwa sekelompok perempuan Indonesia dan Malaysia yang terkait dengan Islam State (IS) ditahan oleh pasukan Kurdi di Suriah, situs berita freemalaysiatoday melaporkan hari Senin (26/2/2018).

Dipercaya bahwa kelompok tersebut mencakup setidaknya 15 orang Indonesia dan satu wanita Malaysia. Menurut pejabat tersebut, banyak dari mereka ditahan bersama anak-anak mereka.

Surat kabar Jerman Die Welt melaporkan awal bulan ini bahwa sekitar 800 wanita asing yang bergabung dengan kelompok IS dengan anak-anak mereka telah ditahan oleh pasukan Kurdi yang didukung AS di Suriah utara.

Harian Jerman mewawancarai direktur program terorisme dan kontraterorisme Human Rights Watch, Nadim Houry, yang berbicara dengan banyak wanita saat melakukan kunjungan ke beberapa kamp penahanan di daerah yang dikuasai Kurdi bulan lalu.

"Saya tahu bahwa ada orang Indonesia, setidaknya 15 keluarga," kata Houry kepada FMT melalui email. "Saya tidak melihat orang Malaysia, tapi saya diberitahu ada satu keluarga.

"Kebanyakan keluarga itu punya anak, jadi sementara saya tidak spesifik dengan keluarga ini, kecurigaan saya adalah ya, mereka punya anak."

Houry mengatakan bahwa Indonesia adalah satu dari sedikit negara yang membawa  pulang beberapa keluarga warga negara mereka pada tahun 2017.

"Negara lain yang telah mengambil beberapa warga negaranya kembali adalah Rusia. Tapi masih ada beberapa (sisanya), "katanya, seraya menambahkan bahwa dia belum sempat berbicara kepada mereka sebanyak ini.

"Tapi saya bertemu dengan beberapa keluarga Indonesia dalam perjalanan sebelumnya pada bulan Juli 2017, meskipun saya diberitahu bahwa Indonesia membawa kelompok perempuan tersebut kembali."

Houry tidak mengatakan apakah ada wanita dari negara-negara Asia Tenggara lainnya di kamp-kamp, ​​atau apa yang telah terjadi pada keluarga Malaysia tersebut.

Surat kabar Jerman mengutipnya mengatakan bahwa 800 wanita dan anak-anak mereka berada di empat kamp. "Mereka berasal dari sekitar 40 negara.

Ada wanita dari Kanada, Prancis, Inggris, Tunisia, Yaman, Turki dan Australia, "katanya, menambahkan bahwa ada juga 15 dari Jerman.

Houry mengatakan bahwa wanita itu diberi kebebasan dalam batasan tertentu namun tidak diizinkan meninggalkan kamp.

Mereka juga ditahan terpisah dari pejuang IS yang tertangkap, katanya.

Beberapa wanita yang dia wawancarai mengatakan bahwa mereka "dipukuli dan dilecehkan" selama interogasi dan dipaksa tinggal dalam kondisi tidak higienis dengan bayi mereka.

"Wanita-wanita ini berada dalam situasi yang sangat sulit. Bagi anak-anak kecil, terutama, keadaannya sama sekali tidak baik, "kata Houry sebagaimana dikutip.

Pakar terorisme tersebut mengatakan bahwa wanita tersebut ingin kembali ke rumah dan bersedia menghadapi tuntutan pidana di negara asal mereka.

"Beberapa wanita ingin setidaknya mengirim anak-anak mereka ke rumah," katanya, menambahkan bahwa pemerintah Eropa harus mengizinkan anak-anak kembali.

"Anak-anak tidak melakukan kejahatan apapun. Mereka adalah korban perang, dan seringkali orang tua mereka yang radikal," katanya.

Kemungkinan repatriasi

Pawel Wójcik, seorang analis terorisme Asia Tenggara untuk situs informasi terkini Polandia mPolska24, mengatakan ada puluhan keluarga dari wilayah tersebut yang masih berada dalam tahanan Pasukan Demokratik Suriah dan YPG (Unit Perlindungan Rakyat milisi Kurdi).

"Kurdi terbuka untuk negosiasi dengan pemerintah untuk pemulangan warganya," katanya kepada FMT.

"Keluarga yang tinggal di tahanan Irak memiliki lebih sedikit pilihan karena orang Irak lebih cenderung untuk mengadili atau mengeksekusinya."

Wójcik mengatakan bahwa terserah kepada Malaysia untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan warganya.

"Tidak diragukan lagi, ada kebutuhan untuk menyelidiki peran apa yang dimiliki warga negara Malaysia di organisasi teror Islamic State sebelum mereka ditangkap oleh orang Kurdi.

"Ini penting karena dalam beberapa kasus, ada kemungkinan untuk melakukan radikalisasi dan memfasilitasi reintegrasi wanita Malaysia ke dalam masyarakat.

"Namun, dalam kasus lain, seperti wanita Malaysia yang merupakan anggota polisi Hisbah yang terkenal atau bertugas di militer atau pemerintahan IS, akan lebih sulit bagi pemerintah Malaysia untuk melakukan radikalisasi atau mengintegrasikannya kembali. (st/FMT) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X