Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.920 views

Militer Syi'ah Irak Klaim Tewaskan Tangan Kanan Al-Bagdadi dalam Penyergapan di Kirkuk

KIRKUK, IRAK (voa-islam.com) - Seorang pemimpin Islamic State (IS) terkemuka yang diduga Abu Walid al-Shishani (Chechnya) gugur dalam operasi militer Syi'ah Irak yang didukung oleh angkatan udara AS di Kirkuk pada Senin (9/4/2018) dini hari, hanya beberapa hari setelah dua serangan IS menewaskan tujuh orang di negara itu.

Sumber militer Syi'ah Irak dari provinsi Irak barat, yang terletak 250km utara Baghdad, mengungkapkan ke situs al-Araby al-Jadeed bahwa seorang pemimpin IS yang dikenal "warga asing" telah tewas dalam serangan militer di selatan Wadi Hamreen di Senin dini hari.

Laporan terbaru yang dikeluarkan oleh militer Syi'ah Irak mengklaim bahwa dua pertiga dari pemimpin IS dari apa yang disebut pejuang generasi pertama telah terbunuh selama tiga tahun terakhir oleh serangan udara koalisi dan pertempuran di darat yang dilakukan oleh pasukan Irak

Pejabat militer Irak di Baghdad mengatakan kepada al-Araby al-Jadeed bahwa pasukan Irak melakukan serangan penyergapan yang menargetkan beberapa bangunan di pinggiran desa Sabeel, di selatan lembah Horan saat fajar pada Senin, di manaanggota  IS berpangkat tinggi bersama dengan tiga sahabat, tewas. Pejabat itu menambahkan bahwa jihadis yang dibunuh berasal dari non-Arab.

Serangan itu menyusul bentrokan dengan kekerasan yang pecah ketika para pejuang IS menolak menyerah dan melepaskan tembakan ke arah pasukan Irak. Kelompok itu kemudian ditangani "sesuai dengan aturan keterlibatan yang sesuai", kata sumber itu.

Pasukan Irak melacak pemimpin IS itu dengan memantau panggilan telepon genggamnya, sumber itu menambahkan.

Dia menambahkan rincian identitas para jihadis akan diumumkan segera, menekankan pasukan Amerika memberikan dukungan udara selama operasi tetapi tidak campur tangan dalam  penyergapan di darat.

Pada saat yang sama, TV lokal Irak melaporkan seorang pejabat keamanan Irak mengatakan seorang pemimpin Islamic State bernama Abu Walid al-Shishani gugur dalam operasi khusus tersebut, di mana catatan yang berisi informasi penting juga disita. Abu Walid Al-Shishani dikenal sebagai sekutu kunci pemimpin IS Abu Bakr al-Baghdadi.

"Pejuang ini bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan serangan di Kirkuk, yang oleh karena itu menandakan akhir dari sel-sel tidur IS di wilayah Kirkuk yang ia danai," kata pejabat keamanan itu seperti dikutip.

Diperkirakan bahwa operasi Senin dapat menyebabkan pelacakan Baghdadi.

Irak Utara telah melihat serentetan serangan IS dalam beberapa hari terakhir yang tampaknya menargetkan pemilu mendatang. Meskipun kehilangan sebagian besar wilayahnya sampai pada titik di mana mereka dinyatakan kalah, kelompok ini mulai menunjukkan kebangkitan di Irak.

Provinsi Anbar khususnya telah melihat kemerosotan tajam dari situasi keamanannya, dilanda oleh dua serangan IS dalam 72 jam.

Beberapa orang tewas dan terluka di desa Haditha ketika empat penyerang jibaku menyerbu salah satu lingkungan militer di sana.

Tiga dari penyerang ditembak mati di tempat kejadian oleh pasukan Irak. Namun penyerang keempat itu meledakkan rompi jibaku, menewaskan dua pasukan keamanan dan melukai tujuh lainnya, menurut al-Araby al-Jadeed.

Selain itu, lima orang tewas dan 16 luka-luka ketika dua pembom jibaku menargetkan pawai pemilu di kota Hit di provinsi Anbar pada Sabtu malam.

"Dua pembom jibaku menyamar ketika tentara memasuki markas Partai al-Hal", salah satu partai paling terkemuka di provinsi Anbar yang berpenduduk mayoritas Sunni, seorang pejabat keamanan setempat mengatakan kepada AFP tanpa menyebut nama.

Salah satu penyerang "meledakkan sabuk eksplosifnya sementara para pemimpin politik mengadakan pertemuan" di markas besar kampanye di Hit, sekitar 200 kilometer (125 mil) barat Baghdad, Jenderal Qassam al-Mohammadi, kepala operasi militer di daerah itu, mengatakan kepada AFP.

Meskipun ada kecurigaan awal bahwa militan Syi'ah berada di belakang serangan itu, kelompok Islamic State kemudian menyatakan bertanggung jawab. Pihak berwenang Syi'ah Irak kemudian memberlakukan tindakan keras terhadap keamanan di wilayah tersebut.(st/TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 14/05/2024 09:10

Runtuhkan Zionis, Rebut Baitul Maqdis!