Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.394 views

AS, Inggris dan Prancis Akhirnya Gempur Rezim Bashar Al-Assad

WASHINGTON (voa-islam.com) - Pasukan AS, Inggris dan Prancis akhirnya menggempur Suriah dengan serangan udara Sabtu (14/4/2018) pagi sebagai tanggapan atas serangan gas beracun yang menewaskan puluhan orang pekan lalu, dalam intervensi terbesar oleh kekuatan Barat terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan aksi militer dari Gedung Putih pada Jum'at malam. Saat dia berbicara, ledakan mengguncang Damaskus. Perdana Menteri Inggris Theresa May dan Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan Inggris dan Prancis telah bergabung dalam serangan tersebut.

Trump mengatakan dia siap untuk mempertahankan respon tersebut sampai pemerintah Assad menghentikan penggunaan senjata kimia.

Serangan tersebut merupakan intervensi terbesar oleh kekuatan Barat terhadap Assad dalam perang sipil tujuh tahun negara itu dan mengadu Amerika Serikat dan sekutunya melawan Rusia, yang dengan sendirinya ikut campur dalam perang pada tahun 2015 untuk mendukung Assad.

"Beberapa saat yang lalu, saya memerintahkan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat untuk meluncurkan serangan presisi pada target yang terkait dengan kemampuan senjata kimia dari diktator Suriah Bashar al-Assad," kata Trump dalam pidato yang disiarkan televisi dari Gedung Putih.

Berbicara tentang Assad dan perannya dalam serangan senjata kimia pekan lalu, Trump mengatakan, “Ini bukan tindakan seorang pria. Malah mereka adalah monster kejahatan. ”

Seorang pejabat AS mengatakan pada Reuters bahwa serangan itu ditujukan pada beberapa sasaran dan melibatkan rudal jelajah Tomahawk.

Setidaknya enam ledakan keras terdengar di Damaskus pada dini hari Sabtu dan asap terlihat membumbung di atas ibukota Suriah, kata seorang saksi Reuters. Saksi kedua mengatakan distrik Barzah Damaskus telah terkena serangan. Barzah adalah lokasi pusat penelitian senjata kimia utama Suriah.

Pada briefing Pentagon, Ketua Kepala Staf Gabungan General Joseph Dunford mengatakan target termasuk fasilitas penelitian Suriah dan fasilitas penyimpanan senjata kimia.

Pejabat kedua AS mengatakan target sedang dipilih secara hati-hati dengan tujuan merusak kemampuan Assad untuk melakukan serangan gas lebih lanjut, sambil menghindari risiko penyebaran kejatuhan beracun di wilayah sipil.

"Tujuan dari tindakan kami malam ini adalah untuk membangun pencegah yang kuat terhadap produksi, penyebaran dan penggunaan senjata kimia," kata Trump.

Presiden AS, yang telah berusaha membangun hubungan baik dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, memiliki kata-kata kritis yang tajam bagi Rusia dan Iran, yang telah mendukung pemerintahan Assad.

"Untuk Iran dan ke Rusia, saya bertanya, negara macam apa yang ingin dikaitkan dengan pembunuhan massal terhadap laki-laki, perempuan dan anak-anak yang tidak bersalah?" Kata Trump.

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan dia telah mengizinkan pasukan bersenjata Inggris “melakukan serangan terkoordinasi dan ditargetkan untuk menurunkan kemampuan senjata kimia rezim Suriah.” Dia menggambarkannya sebagai “serangan terbatas dan terarah” yang bertujuan untuk meminimalkan korban sipil.

Tindakan militer bukan tentang campur tangan dalam perang sipil Suriah atau mengubah pemerintahannya, katanya.

Tidak segera jelas seberapa luas serangan itu. Para pejabat AS sebelumnya mengatakan bahwa Trump telah menekan untuk serangan AS yang lebih agresif terhadap Suriah daripada yang direkomendasikan oleh para pemimpin militernya.

Menteri Pertahanan AS Jim Matt dan para pemimpin militer lainnya telah memperingatkan bahwa semakin besar serangan, semakin besar risiko konfrontasi dengan Rusia, kata dua pejabat AS.

Trump menjelaskan dalam pidato televisi delapan menit bahwa dia waspada terhadap belitan yang lebih dalam di Suriah, di mana sekitar 2.000 pasukan AS telah dikerahkan untuk memerangi Islamic State (IS).

"Amerika tidak mencari kehadiran yang tidak terbatas di Suriah," katanya.

Serangan udara, bagaimanapun, berisiko menyeret Amerika Serikat lebih jauh ke dalam perang sipil Suriah, terutama jika Rusia, Iran dan Assad memilih untuk membalas. (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X