Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.452 views

Tentara Somalia Serbu Pangkalan Militer Pasukan yang Dilatih Uni Emirat Arab di Mogadishu

MOGADISHU, SOMALIA (voa-islam.com) - Baku tembak antara dua faksi tentara Somalia yang berseteru pecah pada hari Senin (23/4/2018), ketika tentara pemerintah menyerbu sebuah kamp yang ditinggai oleh pasukan yang dilatih oleh UEA.

Personil Somalia di kamp pelatihan UEA dilaporkan mundur secara massal ketika faksi militer saingan mengambil alih kamp di ibukota, Mogadishu.

Banyak pasukan yang dilatih oleh Abu Dhabi melarikan diri dengan motor, meninggalkan senjata dan membuang seragam mereka, lapor Reuters.

Pasukan dari faksi terkait UEA menuduh bahwa saingan mereka telah mencoba mencuri senjata dan peralatan tetapi segera dibantah, menurut kantor berita.

"Beberapa pasukan militer Somalia menyerang kami di pangkalan, mereka ingin menjarahnya tetapi kami memukul mundur mereka," kata Ahmed Nur, seorang tentara dari program pelatihan militer UEA.

Sebuah baku tembak singkat terjadi sebelum pengawal istana presiden mengamankan kamp.

Jenderal Abdiweli Jama Gorod, komandan Tentara Nasional Somalia, mengatakan mereka menahan beberapa tentara yang tertangkap mencoba mencuri peralatan dari kamp.

"Pasukan nasional Somalia sekarang menahan beberapa tentara dan petugas yang berada di belakang insiden hari ini dan kami jamin kami akan membawa mereka ke hadapan keadilan," katanya kepada kantor berita nasional Somalia.

UAE mengumumkan dua pekan lalu bahwa mereka mengakhiri program pelatihan militernya di Somalia, beberapa hari setelah Mogadishu mengatakan akan mengambil alih skema tersebut.

Itu menyusul langkah Mogadishu menyita jutaan dolar dari para diplomat Emirat, yang diklaim UEA adalah untuk membayar gaji para pelatih pasukan Somalia.

Beberapa jam sebelum serangan di kamp, ​​pasukan Emirat difilmkan memuat lori dan meninggalkan pangkalan pada kendaraan off-road.

Al Jazeera melaporkan bahwa perangkat keras militer dari kamp tersebut telah dikirim ke pelabuhan terdekat.

Penyiar mengatakan tentara dari faksi yang menyerbu kamp bertindak atas perintah pemerintah Mogadishu untuk menutup program pelatihan Emirat.

Rekaman dari Al Jazeera menunjukkan petugas keamanan Somali yang memeriksa kamp, ​​setelah seminggu ketegangan antara pemerintah dan UEA.

"Kami telah mengambil alih segalanya di pangkalan ini. Mulai sekarang pemerintah akan mendanai pelatihan, membayar dan melengkapi tentara yang dilatih di sini," Abdullah Ali Anod, wakil komandan tentara mengatakan kepada wartawan.

Beberapa hari sebelumnya, sebuah rumah sakit yang didanai oleh UEA di Mogadishu ditutup oleh Abu Dhabi.

Ketegangan antara Somalia dan UEA telah tinggi sejak Abu Dhabi memulai pembangunan di pelabuhan utama dan pangkalan militer di wilayah Somaliland yang memisahkan diri tahun lalu.

Bulan lalu, duta besar Somalia untuk PBB, Abukar Osman, mengeluh kepada Dewan Keamanan tentang perkembangan di Berbera yang mengatakan itu adalah "pelanggaran yang jelas terhadap hukum internasional".

Selain melatih pasukan Mogadishu, UEA juga membantu pasukan keamanan Somaliland.

Hubungan antara kedua negara pertama kali memburuk Juni lalu, ketika pemerintah Somalia menolak untuk mendukung blokade Arab Saudi dan UAE yang dipimpin di Qatar.

Sekutu Qatar Turki juga baru-baru ini membuka pangkalan militer di Mogadishu untuk melatih pasukan Somalia.

Somalia telah berada dalam kekacauan sejak perang saudara pecah pada tahun 1991, dengan kelompok pejuang Al-Shabaab mengambil keuntungan dari kekosongan kekuasaan.

Al-Shabaab telah berjuang kembali, tetapi terus melancarkan serangan yang menghancurkan terhadap pasukan Somalia dan pemboman di ibukota. (st/TNA) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X