Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.107 views

Inggris Minta Maaf dan Beri Kompensasi kepada Veteran Afghan Asal Libya Abdel Hakim Belhaj

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Pemerintah Inggris telah mengeluarkan permintaan maaf "tanpa pamrih" dan memberikan uang sebesar £ 500.000 ($ 676.000) kepada pembangkang Libia Abdel Hakim Belhaj dan istrinya, sebagai kompensasi atas keterlibatan dinas keamanan Inggris dalam penyerahan luar biasa mereka kepada rezim diktator Libya Muammar Khadafi.

Veteran jihad Afghanistan dan Libya, Abdel Hakim Belhaj, dikenal sebagai mantan ketua Kelompok Pejuang Islam Libya (LIFG). Dinas Intelijen Dalam Negeri Inggris MI5 meyakini organisasi Belhaj dekat dengan Al-Qaidah yang tugasnya adalah merekrut warga Muslim Inggris untuk berperang di Irak.

Belhaj dan istrinya, Fatima Boudchar, telah berjuang untuk mendapatkan kompensasi dari mantan menteri luar negeri Jack Straw, mantan kepala kontra-terorisme di MI6 Sir Mark Allen, serta badan intelijen dan Kementerian Luar Negeri sendiri, selama enam tahun terakhir. , setelah bukti muncul tentang keterlibatan perwira MI6, bersama CIA, dalam penculikan mereka tahun 2004 di Thailand.

Makalah yang muncul selama revolusi Libya pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa pejabat intelijen Inggris telah memberi tahu pemerintah Libya mengenai lokasi mereka, yang mengakibatkan mereka ditangkap, disiksa, dan enam tahun penjara Belhaj. Boudchar hamil empat setengah bulan ketika dia diculik dan dibebaskan sesaat sebelum melahirkan.

Sebuah pernyataan dari Perdana Menteri Inggris Theresa May yang dirilis hari ini berbunyi: "Jelas bahwa Anda berdua mengalami perlakuan yang mengerikan dan bahwa Anda sangat menderita, paling tidak penghinaan terhadap martabat Nyonya Boudchar yang sedang hamil pada saat itu."

“Kemudian, selama penahanan Anda di Libya, kami mencari informasi tentang dan dari Anda. Kami kehilangan peluang untuk meringankan penderitaan Anda. Ini seharusnya tidak terjadi. ”

Boudchar yang berada di parlemen bersama putranya untuk mendengar permintaan maaf, menyambut putusan tersebut: “Saya berterima kasih kepada pemerintah Inggris atas permintaan maafnya dan mengundang saya dan putra saya ke Inggris untuk mendengarnya. Saya menerima permintaan maaf pemerintah. "

Suaminya juga berterima kasih kepada perdana menteri dan jaksa agung dalam surat yang dibacakan di parlemen.

“Selama lebih dari enam tahun saya telah menjelaskan bahwa saya memiliki satu tujuan dalam mengajukan kasus ini: keadilan. Sekarang, akhirnya, keadilan telah dilakukan, ”tutupnya.

Sementara Boudchar dianugerahi setengah juta pound sebagai kompensasi, Belhaj tidak pernah meminta, atau menerima penyelesaian keuangan. Pasangan itu sebelumnya mengatakan mereka akan puas walau hanya dengan £ 3 ($ 4), satu pound dari masing-masing terdakwa, bersama permintaan maaf resmi.

Martha Spurier, direktur kelompok hak asasi Liberty, memuji penyelesaian itu, tetapi menyoroti bahwa banyak kasus rendisi lainnya diabaikan.

“David Cameron menjanjikan penyelidikan penuh yang dipimpin hakim terhadap keterlibatan negara kita dalam penyiksaan dan penyiksaan pada tahun 2010 - tetapi masih belum terwujud. Sampai korban penyiksaan dan masyarakat Inggris mengetahui sepenuhnya kegagalan Inggris, menteri tidak dapat mengklaim telah mempelajari pelajaran untuk mencegah hal ini terjadi lagi. ”

Jack Straw juga menyambut baik penarikan gugatan terhadapnya, menegaskan kembali bahwa sementara dia memiliki ingatan "terbatas" dari peristiwa itu, dia selalu menganggap tindakan yang dia setujui sebagai menteri luar negeri adalah sah.

Setelah pengumuman putusan di parlemen, anggota parlemen Inggris menyebut keterlibatan pemerintah dalam penculikan pasangan itu sebagai "memalukan" dan "pelanggaran berat terhadap hukum kemanusiaan internasional".

Anggota parlemen juga meminta jaminan bahwa kasus seperti itu tidak akan terjadi lagi dari jaksa agung Jeremy Wright, yang berpendapat bahwa sulit untuk menyeimbangkan masalah keamanan nasional dan kerja samanya dengan lembaga asing yang mungkin menggunakan penyiksaan. Namun, ia meyakinkan anggota parlemen bahwa reformasi telah ditegakkan, sehingga proses akan berusaha untuk selalu mematuhi hukum hak asasi manusia internasional.

“Yang terbaik yang saya pikir pemerintah dapat lakukan adalah menempatkan proses dan praktik yang berarti nilai yang benar diterapkan pada penilaian yang harus kita ambil, termasuk dalam kasus-kasus yang sangat sulit. Saya pikir saya sudah jelas, saya harap saya sudah jelas bahwa dalam kasus ini kami tidak mendapatkan penilaian itu dengan benar dan kami harus melakukan yang lebih baik di masa depan. ”

Anggota parlemen Konservatif Andrew Mitchell juga mempertanyakan apakah Inggris akan mengirim rincian kasus tersebut kepada pemerintah AS, terutama mengingat fakta bahwa Gina Haspell, yang terlibat dalam pengelolaan situs (penjara) hitam di Thailand tempat Fatima Bouchdar ditahan dan dilecehkan, sekarang sedang dipertimbangkan untuk posisi direktur di CIA.

Jaksa Agung menegaskan bahwa informasi tersebut akan dibagikan kepada mitra internasional Inggris, tetapi tidak terkait dengan penunjukan Haspell. (st/MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X