Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.048 views

Arab Saudi Kerahkan Pasukan Ke Pulau Socotra Yaman

SOCOTRA, YAMAN (voa-islam.com) - Arab Saudi telah mengerahkan pasukan ke pulau Socotra Yaman di tengah kemarahan atas kehadiran militer UEA di pulau tersebut saat persaingan tumbuh antara kedua sekutu.

Turki al-Malki, juru bicara operasi Saudi di Yaman, mengatakan pada hari Ahad (14/5/2018) bahwa pasukan Saudi telah mendarat di Socotra dengan misi untuk melatih dan mendukung loyalis mantan presiden Abd Rabbu Mansour Hadi.

Dia mengatakan bahwa Saudi, UEA dan Yaman akan melakukan latihan bersama. Hal ini terjadi ketika kekuatan-kekuatan ini telah saling berhadapan di masa lalu dan bentrok di Aden.

Pengerahan Saudi dilakukan setelah UAE mengirim 300 tentara, bersama dengan tank dan artileri, ke Socotra awal bulan ini dalam sebuah langkah yang mengundang kemarahan orang-orang Yaman.

Arab Saudi dan UEA telah melakukan perang mematikan di Yaman sejak Maret 2015 dalam upaya untuk menopang Hadi melawan pemberontak Syi'ah Houtsi.

Perang telah menewaskan dan melukai lebih dari 600.000 warga sipil, menurut Kementerian Hak Asasi Manusia Yaman. Agresi yang dipimpin Saudi telah memicu apa yang disebut PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Pengerahan pasukan UAE datang di tengah perpecahan yang melebar antara pasukan yang setia kepada UEA dan mereka yang mendukung mantan presiden Yaman. Kedua kubu tersebut bermarkas di Yaman selatan dan sebagian besar di Aden saat ibu kota Sana'a masih berada di bawah kendali pemberontak Syi'ah Houtsi.

Kaum loyalis Hadi menuduh Uni Emirat Arab mengabaikan penyebab awal memerangi milisi Syi'ah Houtsi, mengatakan bahwa pasukan Emirat malah memberikan dukungan kepada mereka yang mencari pemisahan wilayah selatan Yaman dari utara.

Laporan telah menyarankan bahwa UAE telah aktif menyemenkan kehadirannya di Socotra sejak awal kampanye militer yang dipimpin Saudi pada Maret 2015.


UAE meningkatkan kehadiran militernya di Socotra di tengah divisi dengan pasukan yang didukung Saudi di Yaman.

Socotra, yang terletak di dekat Somalia di Teluk Aden, dilindungi oleh badan budaya PBB UNESCO sebagai situs warisan dunia, yang berarti bahwa bahkan pemerintah Yaman tidak diperbolehkan mengganggu habitat alam dan tempat-tempat keindahan alam di daerah tersebut.

Pendudukan Socotra datang dengan latar belakang laporan-laporan sebelumnya yang menunjukkan bahwa UEA sedang berusaha mengeksploitasi sumber daya alam pulau itu secara ilegal dan mengubah tempat itu menjadi sebuah resor militer permanen di luar pos terdepan.

Penyebaran UEA memicu reaksi marah di antara penduduk Socotra di mana penduduk turun ke jalan untuk memprotes kehadiran pasukan Emirat yang semakin meningkat.

Sebuah negara Teluk Persia yang kaya minyak, Uni Emirat Arab telah memulai proyek-proyek ekstrateritorial yang serupa di daerah lain termasuk di Eritrea, Djibouti, Somaliland dan pulau-pulau kecil Yaman di Perim. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X