Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.422 views

Pejabat Militer AS Klaim Bersihkan Pejuang IS dari Distrik Terpencil Nangarhar Afghanistan

NANGARHAR, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Pasukan khusus AS dan Afghanistan sedang menyelesaikan operasi untuk membersihkan pejuang Islamic State dari distrik terpencil di Nangarhar, provinsi timur di mana mereka memiliki basis utama mereka di Afghanistan, kata para pejabat Sabtu (7/7/2018).

Operasi di Deh Bala, di perbatasan dengan Pakistan, dimulai pada akhir April dan sebagian besar selesai pada awal Juni tetapi operasi pembersihan ranjau akhir masih berlangsung, kata Letnan Kolonel Josh Thiel, dari Kelompok Pertama Pasukan Khusus AS .

“Ini adalah salah satu zona hijau utama yang melakukan dua hal. Satu, itu menyediakan uang, pendanaan, logistik ke ISIS (Islamic State) dan kami telah mengambilnya dari mereka, ”klaimnya. "Selain itu, ISIS menggunakan ini sebagai situs untuk mempersiapkan dan memindahkan serangan profil tinggi di Kabul dan Jalalabad."

Operasi itu, yang melibatkan tiga kompi pasukan komando Afghanistan yang didukung oleh serangan udara AS dan pasukan Pasukan Khusus Amerika, dimulai dengan pasukan yang tiba dengan helikopter dan mendirikan pangkalan operasi di dekat desa Gargari, di mana para pejuang IS berusaha mendirikan sebuah ibu kota setempat. .

Laporan mengklaim beberapa hari pertempuran sengit berakhir pada awal Juni dengan 167 pejuang Islamic State tewas dan sejumlah besar peralatan ditangkap.

Perang melawan Islamic State dan kelompok jihadis lainnya termasuk Al-Qaidah adalah jantung dari misi kontraterorisme AS yang dilakukan bersamaan dengan operasi Dukungan Tegas pimpinan-NATO yang melatih dan memberi saran kepada pasukan keamanan Afghanistan.

Dimaksudkan untuk mencegah Afghanistan digunakan sebagai pangkalan bagi serangan-serangan masa depan terhadap Amerika Serikat, sebagian besar pertempuran melawan pasukan-pasukan tidak teratur di lembah-lembah terpencil di ujung timur jauh negara itu, sebuah wilayah yang diselingi dengan rute penyelundupan ke daerah-daerah kesukuan Pakistan.

Para pejuang yang setia kepada Islamic State Wilayat Khorasan (ISKP), afiliasi lokal gerakan tersebut, pertama kali muncul di Nangarhar sekitar empat tahun lalu. Sejak itu, gerakan ini mendapatkan reputasi kebrutalan yang ekstrim bahkan oleh standar konflik Afghanistan, membuat brand terkenal eksekusi dengan pemenggalan atau ledakan.

Para pejuang di Deh Bala, di sebelah distrik Achin tempat militer AS menjatuhkan bom non-nuklir terbesarnya tahun lalu, mendanai diri mereka sendiri dengan penebangan liar dan penambangan talk, serta mengeksploitasi penduduk desa setempat.

Namun hubungan yang jelas antara pejuang di tempat-tempat seperti Gargari, sebuah desa berlumpur di jalan dari ibukota distrik Deh Bala, dan para jihadis di belakang serangkaian serangan jibaku canggih di Kabul atau Jalalabad sulit dipahami.

"Jaringan ini sangat sepadan ...," kata Brigadir Jenderal John Brennan, komandan Dukungan Tegas di Afghanistan timur.

"Saya tidak akan mengatakan pembom jibaku yang sebenarnya berasal dari Deh Bala, tetapi fasilitasi dijalankan sepanjang perbatasan dan sebagian dari itu biasa datang ke sini." (st/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X