Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.157 views

Laporan: Saudi Kirim Ahli Fisika dan Toksikologi ke Turki untuk Hilangkan Bukti Pembunuhan Khashoggi

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Otoritas Saudi mengirim ahli kimia dan toksikologi ke Istanbul sembilan hari setelah pembunuhan mengerikan terhadap jurnalis Jamal Khashoggi untuk menyingkirkan mayatnya dan menyembunyikan bukti, surat kabar Turki Sabah melaporkan Senin (5/11/2018).

Laporan itu mengatakan ahli kimia Ahmed Abdulaziz Aljanobi dan ahli toksikologi Khaled Yahya Al Zahrani adalah bagian dari 11 anggota tim Saudi yang tiba di Istanbul pada 11 Oktober, menurut "sumber terpercaya." Surat kabar itu mengatakan bahwa sementara pihak Saudi menyatakan niatnya untuk menyelidiki pembunuhan itu, itu sebenarnya dimaksudkan untuk menutup-nutupi fakta.

Aljanobi dan Zahrani, yang tinggal di sebuah hotel mewah di distrik Beşiktaş, pergi ke konsulat Saudi di Istanbul - tempat Khashoggi terbunuh pada 2 Oktober setelah dia masuk untuk mengumpulkan dokumen yang dia butuhkan untuk menikahi tunangan Turkinya Hatice Cengiz - setiap hari selama sepekan penuh.

Kedua "pembersih" itu pergi ke konsulat setiap hari dari 12 Oktober hingga 17 Oktober, meninggalkan Turki pada 20 Oktober, kata surat kabar tersebut.

Unit polisi Turki diberi izin oleh otoritas Saudi untuk memeriksa konsulat pada 15 dan 16 Oktober, dan memeriksa kediaman Konsul Jenderal Mohammad al-Otaibi pada 17 Oktober.

Seorang pejabat yang dikutip oleh Sabah mengatakan fakta bahwa tim pembersihan dikerahkan menunjukkan bahwa pembunuhan Khashoggi "berada dalam pengetahuan para pejabat atas Saudi." Pejabat itu berbicara dengan syarat anonimitas, sesuai dengan peraturan pemerintah.

Laporan itu juga mengutip para ahli Turki yang menyarankan klaim bahwa asam digunakan untuk menghilangkan mayat Khashoggi atau membuatnya tidak dapat diidentifikasikan.

Wakil Presiden Fuat Oktay mengatakan pada hari Senin bahwa laporan tentang asam yang digunakan untuk menyingkirkan tubuh Khashoggi perlu diselidiki.

"Turki mendekati pembunuhan Khashoggi dengan transparansi dan dengan cara yang serius," kata Oktay, menambahkan bahwa pemerintah Turki sekarang mencari orang yang memerintahkan pembunuhan di tanah Turki.

Kepala Jaksa Penuntut Umum Istanbul Irfan Fidan, yang memimpin penyelidikan, mengumumkan pekan lalu bahwa Khashoggi, yang tinggal di pengasingan di Amerika Serikat, dicekik segera setelah dia memasuki konsulat sebagai bagian dari pembunuhan berencana dan bahwa tubuhnya dipotong-potong sebelum dihilangkan.

Presiden Recep Tayyip Erdoğan mengatakan dalam sebuah opini di Washington Post pekan lalu bahwa perintah untuk membunuh Khashoggi berasal dari tingkat tertinggi pemerintah Saudi dan menambahkan bahwa masyarakat internasional memiliki tanggung jawab untuk "mengungkapkan para penguasa boneka" di belakang pembunuhan itu. .

Turki meminta ekstradisi 18 tersangka yang ditahan di Arab Saudi sehingga mereka dapat diadili di Turki. Mereka termasuk 15 anggota "pasukan pembunuh" yang diduga Saudi dikirim ke Istanbul untuk membunuh kolumnis Washington Post yang telah menulis secara kritis tentang putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Seorang diplomat Saudi mengatakan kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada hari Senin bahwa jaksa kerajaan sedang menyelidiki kematian Khashoggi dan akan mengadili para pelaku.

"Kepemimpinan di kerajaan mengungkapkan rasa duka mereka atas pembunuhan warga Jamal Khashoggi," klaim Bandar al-Aiban, kepala Komisi Hak Asasi Arab Saudi, di Jenewa.

Sesuai instruksi oleh Raja Salman, Saudi "jaksa memulai penyelidikan dalam kasus itu untuk mencapai semua kebenaran dan menghadirkan semua terdakwa ke pengadilan dan menghukum mereka yang terbukti bersalah atas kejahatan ini," al-Aiban menambahkan.

Sementara itu, dua putra Khashoggi pada hari Senin mengajukan upaya agar jenazahnya dikembalikan supaya dia dapat dimakamkan secara layak di Madinah, Arab Saudi. (st/ds)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X