Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.329 views

Pengadilan Ulang Mesir Jatuhkan Vonis Penjara Seumur Hidup pada Pemimpin Ikhwanul Muslimin

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Pengadilan di Mesir telah menjatuhi hukuman seumur hidup di penjara pemimpin Ikhwanul Muslimin (IM) Mohamed Badie, wakilnya Khairat al-Shater, dan empat lainnya atas dugaan peran mereka dalam kekerasan pada saat penggulingan presiden pertama yang terpilih secara demokratis Muhammad Mursi pada 2013 oleh militer.

Sumber-sumber peradilan mengatakan pengadilan mengeluarkan putusan pada hari Rabu (5/12/2018) sebagai bagian dari pengadilan ulang atas kekerasan antara pendukung Ikhwan dan lawan-lawan di dekat markas Ikhwanul Muslimin di ibukota Kairo pada 2013.

Keputusan tersebut merupakan yang terbaru di antara beberapa pengadilan dan pengadilan ulang Badie dan para pemimpin senior Ikhwanul Muslimin yang memerintah negara Afrika tersebut sebelum militer, yang dipimpin oleh Presiden Abdel Fattah el-Sisi, menggulingkan Mursi setelah protes pada 2013 yang digerakkan oleh kelompok liberal dan sekuler.

Pengadilan pada hari Rabu menghukum Badie, Shater dan empat lainnya untuk hidup di penjara atas kekerasan antara pendukung Ikhwan dan lawan di dekat markas besar, tetapi membebaskan mantan Ketua Parlemen Saad al-Katatny bersama dengan mantan menteri, dua tokoh Ikhwan dan dua lainnya.

Semua terdakwa memiliki hak untuk mengajukan banding satu kali terakhir di hadapan Pengadilan Kasasi, pengadilan sipil tertinggi di Mesir.

Penuntut umum juga dapat mengajukan banding atas putusan bebas atau hukuman penjara seumur hidup yang dua terdakwa dapatkan sebagai ganti hukuman mati.

Para terdakwa menghadapi tuduhan menghasut kekerasan terhadap para pengunjuk rasa di depan markas Ikhwanul, merusak baterai dan kepemilikan senjata api.

Pihak berwenang telah merujuk 18 terdakwa, termasuk lima yang tetap bebas, ke pengadilan dalam kasus ini dan keputusan dikeluarkan pada tahun 2015.

Pada bulan Januari 2016, Pengadilan Kasasi memerintahkan pengadilan ulang terbaru setelah menerima 13 banding terdakwa. Mohamed Mahdi Akef, mantan ketua Ikhwan, termasuk di antara terdakwa dan meninggal sebelum menerima hukuman.

Juga pada hari Rabu, dua sumber keamanan dan satu sumber peradilan mengatakan pemerintah Mesir menahan Ahmed Suleiman, seorang menteri kehakiman di bawah Mursi, di rumahnya di Minya pada hari Selasa. Suleiman kemudian dipindahkan ke Kairo dan sedang diselidiki karena termasuk dalam kelompok terlarang, menurut sumber keamanan. Mantan menteri itu telah mencela penangkapan dan pengadilan para pemimpin Ikhwanul Muslimin setelah Mursi digulingkan.

Kelompok-kelompok HAM di Mesir dan di seluruh dunia telah mencatat kasus-kasus ketidakberesan dalam pengadilan tahanan politik di negara tersebut. Mereka mengatakan tindakan keras tentara terhadap para pendukung Mursi telah menyebabkan kematian sekitar 1.500 orang dan penangkapan 22.000 orang lainnya, termasuk 200 orang yang telah dijatuhi hukuman mati dalam pengadilan massal.

Pemerintahan Sisi telah melarang Ikhwanul Muslimin, yang merupakan gerakan oposisi tertua di Mesir. Kelompok ini beroperasi di bawah tindakan ketat selama pemerintahan diktator lama Hosni Mubarak, yang dirinya dijungkalkan dari kekuasaan setelah pemberontakan pada tahun 2011.

Mursi telah dijatuhi hukuman mati atas tuduhan korupsi, melarikan diri dari penjara dan menghasut kekerasan sebelum Pengadilan Kasasi membatalkan putusan itu pada November tahun lalu dan memerintahkan pengadilan ulang. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X