Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.277 views

SIPRI: AS Kuasai 57 Persen Penjualan Senjata Dunia Tahun Lalu, Rusia No 2

STOCKHOLM, SWEDIA (voa-islam.com) - Para pembuat senjata Amerika terus mendominasi perdagangan senjata global, yang mencakup lebih dari setengah dari semua senjata yang dijual di dunia tahun lalu, sementara Rusia terus memperluas pasarnya, sebuah penelitian baru menunjukkan.

Data industri senjata internasional baru yang dirilis oleh Lembaga Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI) pada hari Senin (10/12/2018) menunjukkan bahwa penjualan senjata global mencapai $ 398,2 miliar tahun lalu.

Mengumpulkan laba tertinggi adalah 42 perusahaan Amerika dengan penjualan keseluruhan $ 226,6 miliar, menyapu 57 persen dari semua kesepakatan senjata yang ditandatangani oleh 100 pembuat senjata Top dunia. Itu adalah peningkatan penjualan dua persen dibandingkan dengan tahun 2016.

Perusahaan Lockheed Martin yang berbasis di AS tetap di atas 100 perusahaan militer terbesar, dengan penjualan sebesar $ 44 miliar - tidak ada perusahaan lain dalam industri ini yang bisa mendekat.

Sebagai perbandingan, kelompok pertahanan terbesar Jerman, Rheinmetall AG yang berbasis di Düsseldorf, bahkan tidak menjual sepersepuluh dari jumlah itu. Dengan total penjualan senilai $ 3,4 miliar, Rheinmetall hanya menempati peringkat 25 dalam daftar.

Menurut SIPRI, keberhasilan Lockheed Martin sebagian besar karena kebutuhan militer AS untuk sistem persenjataan yang lebih baru dan lebih canggih, termasuk pesawat tempur siluman F-35 Lightning dan pesawat angkut C-130 Hercules.

Perusahaan ini juga bekerja sama dengan Pentagon untuk menghasilkan tanggapan terhadap rencana Cina dan Rusia untuk mengembangkan "rudal hipersonik" yang mahal yang dapat dengan mudah melewati sistem pertahanan rudal konvensional.

"Perusahaan-perusahaan AS secara langsung mendapat manfaat dari permintaan senjata yang terus menerus dari Departemen Pertahanan AS," tulis Aude Fleurant, direktur SIPRI's Arms and Military Expenditure Program.

Boeing adalah produsen senjata terbesar kedua di dunia selama periode yang sama, setelah menikmati peningkatan penjualan setelah Presiden AS Donald Trump menugaskan perusahaan tersebut untuk membangun dua jet Air Force One untuk perjalanannya dengan nilai kontrak $ 3,9 miliar.

Kepala negara Amerika itu telah berulang kali menyerukan peningkatan belanja militer dan merenovasi senjata Amerika.

Rusia berada di urutan kedua

Mengikuti di belakang AS di posisi kedua yang jauh adalah Rusia, yang memiliki 10 perusahaan dalam daftar Top 100 dan berhasil menjatuhkan Inggris ke posisi ketiga.

Bersama-sama, perusahaan-perusahaan Rusia menyumbang 9,5 persen dari penjualan senjata global tahun lalu, yang diterjemahkan menjadi $ 37,7 miliar, kata SIPRI.

Almaz-Antey, perusahaan milik negara Rusia yang terutama memproduksi sistem anti-pesawat, menjadi perusahaan Rusia pertama yang masuk 10 besar. Perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya sebesar 17 persen pada 2017 menjadi $ 8,6 miliar.

Menurut SIPRI, minat Moskow dalam memodernisasi persenjataannya adalah alasan utama lompatan itu.

"Perusahaan-perusahaan Rusia telah mengalami pertumbuhan signifikan dalam penjualan senjata mereka sejak 2011," kata peneliti senior SIPRI, Siemon Wezeman dalam sebuah pernyataan.

"Ini sejalan dengan pembelanjaan yang meningkat Rusia pada pengadaan senjata untuk memodernisasi angkatan bersenjatanya."

Inggris tergelincir ke posisi ketiga

Meskipun kehilangan tempat kedua ke Rusia, Inggris tetap menjadi produsen senjata terbesar di Eropa Barat dengan penjualan $ 35,7 miliar, diikuti oleh Prancis.

Produsen senjata Inggris BAE Systems adalah satu-satunya pabrikan Eropa yang masuk ke 5 besar di dunia.

Selain terlibat dalam pembangunan pesawat tempur Eropa Eurofighter Typhoon, perusahaan yang berbasis di Inggris itu telah menikmati peningkatan penjualan melalui hubungan dengan Arab Saudi selama beberapa tahun terakhir. Riyadh telah menggunakan senjata tersebut untuk memerangi pemberontak Syi'ah Houtsi Yaman sejak Maret 2015.

Bank-bank Inggris sangat mengandalkan penjualan senjata sebagai sumber pendapatan setelah meninggalkan Uni Eropa.

Menghasilkan kemajuan dalam daftar mereka adalah perusahaan Turki, yang meningkatkan penjualan mereka hingga 24 persen.

Jumlah yang meningkat mengindikasikan "ambisi untuk mengembangkan industri persenjataan untuk memenuhi permintaannya yang semakin meningkat akan senjata dan menjadi kurang bergantung pada pemasok asing," kata Pieter Wazeman, peneliti SIPRI lainnya.

India, sementara itu, menyumbang 1,9 persen dari seluruh penjualan dengan total $ 7,5 miliar.

Laporan SIPRI mengecualikan perusahaan Cina karena kurangnya data yang tersedia. (st/ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 18/03/2024 16:00

Doa Saat Berbuka Puasa